Sarang #tawon


Pagi tadi memenuhi Undangan dari Asia Nusa lewat Bro Joe Trisilo…. Dari awal berangkat tidak membayangkan, kaya apa seh sarang mobil nasional ini… Dan ternyata gak kaget sama sekali, inilah wajah Ibu kandung kata bro Joe, bukan Ibu Tiri yang makmur sentausa

Thruly Indonesia

Masuk gerbang langsung disambut Lapangan rumput becek berlumpur menyambut, tampak beberapa mobil lagi di test drive berisi penumpang, kaget sekali karena cara menyetir yang sengaja dibikin ugal-ugalan, berputar sampai ngedrift di rerumputan berlobang berlumpur, tidak roll apalagi sampai nyungsep, mengenai review lengkapnya tunggu dari para Obiwan yang lebih paham mengenai mobil, dari saya akan simple saja nantinya, maklum jarang banget bermobil, hadir obiwan : Alonrider, Mitra, Arif BJL Jomblo, Bonoaksa, Bennythegreat. Silahkan pelototin blognya. Wassalamu’alaikum

Pulsar dan Bebek, Mengalahkan Dominasi atau Merendahkan Diri ?


Dominasi sepeda motor bebek di tanah air sepertinya memang membuat Bajaj gerah dan berusaha mengubah demand masyarakat pengguna motor untuk berpindah ke motor batangan melalui iklan yang sering melibatkan motor bebek. Maklum Bajaj Auto Indonesia tidak memproduksi motor bebek.

masih perlu bebek ?

Jika seperti gambar di atas aku pikir masih masuk akal, karena bebek disandingkan dengan Pulsar bercc dan seharga bebek, yaitu Pulsar 135 LS yang dibanderol 14,5 juta. Jika dengan harga bebek tapi dapet motor sport/batangan kenapa mesti beli bebek. Masuk akal kan. Tapi mengapa mesti bebek yang diincar lagi dalam TVC yang baru? (baca Iklan Pulsar 4l@y Banget, Malu-maluin aja…) mengapa juga pakai Honda SUpra X125 ?, mengapa bukan Suzuki Satria F150 ? Lanjutkan membaca Pulsar dan Bebek, Mengalahkan Dominasi atau Merendahkan Diri ?

Iklan Pulsar 4l@y Banget, Malu-maluin aja…


Anda tahu kan iklan Pulsar 220 Dtsi-F dengan slogan “buat yang suka Kencang” yang seolah memprofokasi pembeli untuk ngebut . Sayang beberapa kritikan kurang mampu membuat BAI nyadar diri dan membuat iklan TV yang lebih parah lagi, cenderung alay alias @l4y, Lebay. Cekibrot videonya

Dari video tersebut ada pesan dan kesan yang sepertinya ingin disampaikan oleh Bajaj seperti yang ditulis Kang Bennythegreat dalam Iklan Baru Bajaj Pulsar “Cewek Duluan Deh” Tidak Mendidik . video menggambarkan 2 ekor Pulsar, yaitu P220 dan P135 berhenti Lanjutkan membaca Iklan Pulsar 4l@y Banget, Malu-maluin aja…

Pilh V-Ixion.V2 atau FZ16 ? Imho


Membaca postingan Kang IWB (cek di engine Yamaha R15 India….), Menurut petinggi YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, YMKI dah ga ada) memastikan bahwa engine motor Yamah R15.v2 yang dipasarkan di India merupakan Import dari Indonesia, alias YIMM mengeksport mesin Vixion 6 speed. Kok ngganjel di hati, aneh tenan rek. silahkan pikir ndiri, bukan kecewa karena R15.v2 tidak dipasarkan di mari, tapi kalo YIMM mampu memproduksi mesin dan teknologi lebih bagus dari V-Ixion (6 speed katanya) mengapa untuk mesin Fz16 YIMM mesti import dari India, secara teknologi dan engine/mesin jelas canggihan v-ixion.v2 itu. mengapa ga dibalik aja ya ? Kalo mampu eksport mesin canggih mosok ga mampu bikin mesin jyadul (teknologi karburator). Kamsude kenapa si Byson ga produk sendiri aja dari awal ? Lanjutkan membaca Pilh V-Ixion.V2 atau FZ16 ? Imho

Servis Jalitheng (PUlsar 220) @Fontana… SIIPPPP


Fontana Gn Sahari

Waktu yang makin padet dengan kewajiban gawe ga ada habisnya, mau servis motor sampai telat dech, dah lewat 5000 km, alhasil ane kena tegor lagi sama juragan spare part di Fontana (trims Om dah diingetin). Servis berkala tidak boleh telat, kalo telat lagi (servis pertama telat Gan) bisa hilang jatah garansinya. (hmmmm… gitu ya… perasaan pengalaman dengan motor sebelumnya… ups jangan dibahas, takut ada yang merasa dipojokan). Ya karena keenakan nyemplak si Jalitheng Pulsar 220 DTSi-F ku jadi terlena, meski kilometer menunjuk angka waktunya serpis, memang kendala Pulsar bagiku hanya bobotnya yang ga ketulungan, juga tinggi yang cocok buat si Jangkung. Selebihnya nyaman (subyektif)  Lanjutkan membaca Servis Jalitheng (PUlsar 220) @Fontana… SIIPPPP

Suzuki Nex… Kok ngeBEAT banget kayaknya..


suzuki Nex

Bener sekilas dari samping si Nex, Gacoan matic baru Suzuki Indomobile Sales memang mirip Honda Beat, apalagi dipandang mufler knalpot dengan cover mufler yang bertampang 11-12 sama si Beat, mungkin Suzuki mencoba peruntungannya setelah si Spin kurang laku. berikut petikan Press Releasnya : Lanjutkan membaca Suzuki Nex… Kok ngeBEAT banget kayaknya..

Semua Produk Injeksi, Its Oks, tapi Bengkel Kecil Mati…


Kabar AHM yang akan secara bertahap menginjeksi semua produknya sudah tersebar, tidak pandang bulu semua produk AHM, tidak terkecuali entry level semacam mini skutik dan bebek aka moped, hal ini mengiringi akan diberlakukannya motor wajib lulus Euro 3 pada masa yang akan datang (disinyalir pada tahun 2014), nah untuk mempersiapkan dengan dini menghadapi hal tersebut maka AHM mulai memainkan jurusnya, berawal dari Supra X 125 PGM-Fi.

Ya… bebek merupakan kendaraan yang identik dengan rakyat kecil (meski banyak bos yang pakai bebek juga), dan selepas atawa  servis gratisannya habis, biasanya mereka (rakyat kecil pemilik motor bebk) memilih bengkel biasa yang bukan bengkel resmi, alasan lebih murah. Nah..jika semua bebek pakai mesin injeksi apakah bengkel nonberes Lanjutkan membaca Semua Produk Injeksi, Its Oks, tapi Bengkel Kecil Mati…

Indonesia, “One Billion Motorcycle of Country”


Judulnya agak maksa dikit,… Yah karena Semakin banyak ATPM roda dua berdatangan ke Indonesia, Vespa yang lama tak terdengar (kecuali klub yang kebanyakan memakai Vespa jadul 2 tak) kembali menjajaki pasar Indonesia, mengadu nasib bersama Piagio.. ada juga beberapa merk yang bagiku asing macam SYM dari KOrea (cmiiw) juga Sport batangan nan ganteng si Hyosung yang dah di drop di Semarang.

Dan Ducati yang makin melebarkan sayapnya, membuka  dealer diberbagai kota besar Lanjutkan membaca Indonesia, “One Billion Motorcycle of Country”

Modifikasi, Pertahankan Market Share


Melanjutkan kisah eh.. pelajaran lalu tentang Strategi Pemasaran  dimana persaingan pasar makin ketat, maka perusahaan harus kreatif dalam mengemas dan memodifikasi produk demi menarik hati konsumen, ya Kelebihan produk, persaingan sangat ketat, maka mereka perlu membuat niche pasar, dan penurunan harga. Yang mendominasi adalah perusahaan kuat. Konsentrasi sumber daya mereka ada pada produk yang lebih menguntungkan dan pada produk baru.

Terdapat tiga cara bermanfaat yang mengubah jumlah pemakaian terhadap suatu merek (brand), yaitu:

  1. Modifikasi pasar (market modification): dengan konsep menarik perhatian orang yang bukan pemakai, memasuki segmen pasar baru, dan merebut pelanggan pesaing. Mengapa ada kegiatan tanam pohon di Sumatera Barat, Baksos yang dana sumbangannya lebih kecil dari ongkos makan dan tetk bengeknya… inilah marketing, demi meraup konsumen dari segala penjuru. Ada suka-suka, ada Puteri Indonesia naik motor, silahkan terjemahkan sendiri Lanjutkan membaca Modifikasi, Pertahankan Market Share

Rangkul Pemerintah, Tancapkan Cakar Marketing


Dunia dagang memang berkaitan erat dengan budaya dan adat istiadat, serta tidak lepas dari govermen alias pemerintahan yang ada tempat si pedagang berdomisili atau menggelar dagangannya….. Nah dalam dunia dagang ini, misal yang jual sutiker nggelar lapak di emperan toko atau pinggiran jalan, maka biar lancar dan tidak diganggu petugas macam Pol PP atau sekedar preman penguasa wilayah, si pemilik lapak wajib setoran sesuai ketentuan, ini versi kecilnya, bagaiman versi raksasanya macam dagangan otomotif di negeri ini ?

Tentu berbagai hal berkaitan, salah satunya adalah sarana dan prasarana, konsumen dan sarana bagi konsumen, mendekat ke konsumen kelas kakap untuk menangkap dan caper pada konsumen kelas teri yang merupakan potensial customer sebenar-benarnya, pegang pala, maka buntutpun ngikut, mungkin seperti itu gambarannya, fasilitas jualan otomotif, tentu saja jalanan yang utama, ngapain jualan barang beroda kalo gak ada jalnnya, macam roda 2 atau lebih apalagi mobil pribadi yang notabene makin diperlukan, makai semaunya, ga kehujanan, macet ada ac dan full musik, jalan dibangun adlah alasan menghindari kemacetan. Lanjutkan membaca Rangkul Pemerintah, Tancapkan Cakar Marketing