Berapa Jumlah Rusuk Prisma


Berapa jumlah rusuk prisma?

Siang itu kami sedang berbincang asik selepas makan siang di sebuah kantin tempat kami nguli. kantin sederhana yang sama sekali tidak rapi, tapi itulah salah satu kebahagiaan kami sebagai orang kecil yang kerap dikecilkan dan karenanya, bahagia kami cukup sederhana, sekedar berbicang dan bersenda gurau sesama kuli di sini. Yah di kantin beratap beton di pinggiran laut utara Jakarta, kantin yang tidak akan di temukan di map google, jadi jangan memaksakan diri untuk searching dan mencari rute tercepat.

Obrolan ringan mulai seputar pelajaran masa SD, peserta obrolan ini memang memiliki umur yang jelas bukan ABG lagi. Ada seorang mantan guru bahasa lulusan tata bahasa Inggris. Mengapa British? Salah satu pertanyaan itu muncul. karena inggris Bristish bersifat tetap, tidak berubah, berbeda dengan inggris Amerika yang selalu berubah dan berkembang, perbedaan utamnya pada pengucapan. Contoh kata can’t atau can not dalam logat bristish dibaca cen’t ada penenkanan huruf n ketemu t, sedang logat Amerika cukup can. Dan masih banyak lagi contoh lain.

“Apa kepanjangan AH dalam nama AH Nasution?”

Pertanyaan yang hampir tidak terjawab tersebut melengkapi pertanyaan si guru bahasa yang membahas pahlawan revolusi korban G30S/PKI. Peserta lain ada si Penghobi otak-atik barang bekas menjadi barang baru yang indah dan cocok untuk dekorasi, baik ruangan maupun event tertentu, tinggal pesan saja. “Dulu saya juga pinter, tapi sudah lupa”, entah dia lupa bahwa dia dulu pernah pinter atau lupa dia dulu itu pinter di bidang apa. Entahlah, yang pasti dari peserta lain juga tidak bisa menjawab pertanyaan mengenai AH tersebut, ada scurity yang siap menjadi pramusaji maupun juru masak, ada accounting sederhana yang jarang pulang, ada si orang kaya yang kalo pengin makan mie tinggal manggil si embak atau si bibi di rumahnya.

Lantas berapa jumlah rusuk prisma? Pertanyaan ini muncul dari peserta baru yang mantan bintang kelasa waktu SD. “Gw sampai diminta mengantar wali kelas saat mau bayar listrik, mana gw suruh megangin payung pula”. Begitulah kisah indah masa kecil berpuluh-puluh tahun silam.

Saat dia mengajukan pertanyaan jumlah rusuk prisma, kami yang ada di lingkaran obrolan tersebut bengong sesaat, termasuk si guru bahasa, karena guru pun boleh lupa, jadi kami semua maklum jika dia yang mantan guru juga tidak bisa menjawab pertanyaan dari si mantan bintang kelas SD yang anjlok ke rangking 27 saat SMP.

Rusuk itu bukan hanya melengkapi sebuah bidang atau bangun tertentu, layaknya prisma segitiga yang memiliki 9 rusuk, maka semua wajib berada pada posisinya, jika hilang salah satu rusuk bahkan jika panjang rusuk tidak sesuai semestinya, maka bangun ruang itu mungkin akan sulit terbentuk menjadi sebuah prisma segitiga, mungkin seginya akan berubah tidak teratur. Jadi rusuk itu harus benar secara ukuran dan juga posisinya, tidak sekedar ada tapi mengabaikan syarat lain yang harus dipenuhi oleh sebuah rusuk yang merupakan salah satu pilar sebuah bidang bangun.

Bahkan seorang wanita yang konon tercipta dari tulang rusuk seorang laki-laki juga harus memenuhi syarat sebagai rusuk yang semestinya. Saat sudah menjadi isteri, maka seorang wanita harus siap menjadi rusuk keluarga yang dipimpin seorang suami, jika rusuk ini melenceng maka kewajiban suami untuk meluruskan agar bidang bangun sebuah keluarga terjaga dan tetap utuh. Tentu tidak hanya kewajiban isteri, suamipun merupakan rusuk utama dalam sebuah biduk rumah tangga.

Dalam sebuah perusahaan atau korporasi, masing masing karyawan merupakan rusuk bagi timnya, tim-tim tersebut merupakan rusuk bagi departemen dan seterusnya. Jika salah satu individu yang merupakan rusuk perusahaan melakukan kesalahan atau bertindak melenceng, maka organisasi bisa mengalami kemunduran atau kerugian bilamana organisasi tersebut bergerak dibidang bisnis mencari keuntungan. Jika ada individu yang berusaha mencari keuntungan pribadi semata, nama baik di mata atasan buat kepentingan pribadi, menaikan nama baik dan tindakan individualisme lain bahkan sampai menyudutkan individu lain, tim lain, bidang lain, ini berarti rusuk bengkok yang melenceng dari posisinya dan bisa menimbulkan keretakan sebuah bidang bangun. Karena bertindak keluar dari bidang yang semestinya, berusaha keluar dari manajemen yang ada dan struktur organisasi yang sudah ditentukan. Mengabaikan adab tata laku yang perlu ditaati. Berikut sedikit saya copas tentang manajemen dan struktur organisasi menurut para ahli

  1. Struktur organisasi dapat diartikan sebagai kerangka kerja formal organisasi yang dengan kerangka kerja itu tugas-tugas pekerjaan dibagi-bagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan (Robbins dan Coulter, 2007:284). 
  2. Struktur organisasi didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal dengan mana organisasi dikelolah (Handoko, 2003:169). 
  3. Struktur organisasi adalah pola formal mengelompokkan orang dan pekerjaan (Gibson dkk, 2002:9). 
  4. Struktur organisasi yaitu menggambarkan tipe organisasi, pendepartemenan organisasi, kedudukan dan jenis wewenang pejabat, bidang dan hubungan pekerjaan, garis perintah dan tanggungjawab, rentang kendali dan sistem pimpinan organisasi (Hasibuan, 2004:128). 

Apakah itu berjalan di lingkungan anda? Atau saya yang salah dalam memahami. Jadi di mana rusuk anda dan cukup mapankah rusuk tersebut?

Ini hanya tulisan sederhana, jika anda menganggap tulisan ini hebat mungkin ada benarnya, tapi jika anda menganggap penulisnya hebat, maka itu salah besar, karena penulis kadang hanya bisa menulis tanpa paham betul apa yang dia tulis, bahkan kadang sekedar copy paste dengan sedikit polesan agar nampak berbeda. Bahkan kehebatan itu kadang muncul karena kepercayaan, ‘hebat karena dipercaya’ tentu berbeda dengan ‘dipercaya karena hebat’ , termasuk dalam hal ini si penulis yang kadang merasa hebat padahal cuma jarkoni dalam istilah Banyumas alias ngajar tapi ora nglakoni atau memberi contoh, memberi nasehat tapi tidak menjalankan contoh dan abai dengan nasehat itu sendiri, ibarat guru yang semestinya digugu lan ditiru berubah arah menjadi wagu tur saru, bahasa anak milenial sekarang, menang bacot doang. (tri).

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Berapa Jumlah Rusuk Prisma

  1. ndesoedisi berkata:

    jan ora gelem kalah karo bocah sekolah sing lagi pada ujian 😆

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s