BEGOL, Begal On Line dan Cara Mengantisipasinya (edisi Facebook)


Contoh pengklonningan akun penjual on line di Facebook, akun palsu nampaknya sudah tutup

Contoh pengklonningan akun penjual on line di Facebook, akun palsu nampaknya sudah tutup

BEGOL atau singkatan dari Begal Online adalah istilah baru karena makin maraknya penipuan di dumay (dunia maya). Mulai dari jual beli bohong, mengklon akun orang lain untuk minta bantuan uang, akun polisi gadungan yang menipu para TKW, SMS kirim pulsa, telpon mengaku saudara yang tertangkap polisi lalu minta duit dan masih banyak lagi penipu-penipu di dunia maya. Berikut beberapa postingan yang berkaitan dengan KUHP 378 tersebut

Nah saat ini saya coba menulis dari komentar masukan beberapa rekan di WSC (halaman grup Waspada Scammer Cinta di Facebook) dan juga dari hasil stalking ke beberapa akun Facebook yang diduga Scammer dan Begol.

  1. Cek keaslian foto profil si terduga atau seseorang yang kita curigai, bisa dengan cara seperti copas dan paste ke goggle image
  2. Cek time line (kronologi) si akun terduga, biasanya baru (tahun hanya 1 atau 2 yang tercantum), kalopun banyak tahun biasanya time line di tahun sebelumnya kosong sama sekali.
  3. Cek pertemanan si akun terduga, kalo Scammer Cinta pertemanannya sebagian besar dengan perempuan.
  4. Cek Teman dekat atau teman laki-laki si terduga (kalo scammer cinta), cek kronologi/time line. Biasanya ada beberapa teman yang juga sengaja dibuat oleh si akun terduga, akun klonningan untuk modus tertentu.
  5. Pertemanan si terduga BEGOL, misal terduga mengaku seorang pedagang berlaku sama seperti 4 poin di atas, kecuali jenis kelamin pertemanan.
  6. Terduga BEGOL pedagang online biasanya membuat akun ganda, bahkan banyak akun untuk mengomentari jualannya, berpura-pura sebagai konsumen dan pernah transaksi, menyatakan bahwa si terduga begol penjual adalah recomended seller
  7. Kewaspadaan perlu ketelitian, maka teliti sebelum approve pertemanan di Facebook, siap temannya, cek kelengkapan data diri, atau data diri pertemanan si terduga BEGOL.

Silahkan yang mau menambahkan. Semoga kita senantiasa terhindar dari segala tipu daya syetan, baik berupa Jin maupun manusia. Amin.(tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita dan tag , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke BEGOL, Begal On Line dan Cara Mengantisipasinya (edisi Facebook)

  1. lazione budy berkata:

    aya aya wae jenenge..
    hajar bleh

  2. Ping balik: BEGOL Penjual di Facebook ini Ternyata masih Aktif | Triyanto Banyumasan Blog's

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s