Modus Baru Penipuan Uang Dengan Ponsel


PenipuSiang ini temen saya Sebut saja M ( M ini pengendara motor tiger ) baru saja mendapat pengalaman yang takan terlupakan dan jadi peringatan bagi semua temannya sekorp. Apa itu?

Kurang lebih Begini cerita singkatnya :

Siang tadi mungkin sekitar jam 12.00 beliau ( M )di telpon orang asing ( Oras ) 

M : “Hallo:

Oras :  ” Hallo, benarkah ini nomor 92xxxxx?”

M : ” Ya benar”

Oras : ” Saya Inspektur Gunawan dari Polda, Tolong HP bapak matiin sementara selama sejam kedepan, karena kami sedang melacak gembong narkotika, dan tiap dihubungi selalu dialihkan ke nomor bapak.”

M : ” Siap pak, Siap!”

Maka sama M HP pun dimatikan, dan berpikir” Aku kan ga kenal Narkotika, apalagi gembongnya. wah ga beres ini.” Maka HP pun di hidupkan kembali.

Sekitar 5 menit kemudian, M mendapat telpon  dari Bapaknya:

Bapak : ” Ha-Hal-Halllo,  AA ga papa? ”

M : ” Enggak, knapa emang Pa?”

Bapak : ” Soalnya barusan, ada yang nelpon, katanya AA di rumah sakit karena kecelakaan lagi naek motor tiger ketabrak kontener, kaki dan tangannya patah, dan minta di transfer dana 15 juta untuk biaya ICU.”

M : ” Enggak benar,  itu penipuan”.

Kesimpulannya begini.

1. Kalo M mematikan HP dalam waktu sejam pasti pihak keluarga tidak bisa mengkonfirmasi keadaan M, alias tidak bisa menghubungi M yang dapat mengakibatkan kelurga M panik dan mungkin takan berpikir panjang.

2. Waktu sejam cukuplah untuk mentransfer uang bagi keluarga M dan juga si Oras pasti dah kabur jauh bersama 15 jutanya

3. Oras tahu persis nomor HP, telpon rumah, Kendaraan, dan Rumah si M

4. Oras juga tahu Class Ekonomi si M yg emang diatas rata-rata.  Untuk mendapat uang 15 juta bagi class ekonomi menengah kebawah pasti lama prosesnya. Tapi Oras tahu bahwa keluarga M cukup buka laci 20 juta juga ada.

Nah dari hal itu kemungkinan Oras tahu data si M, tapi dari mana ya? Akirnya tebakanpun berkembang dari mungkin tetangga, atau seseorang yang sudah survey tetek bengek mengenai si M…. dan siapa lagi..?

Nah bagi Mas Bro dan Mbak Sist tolong sebarkan berita ini kepadasiapa saja agar tetap waspada dan jangan panik menghadapi segala sesuatu…

Monggo di sher pendapat dan masukanny…

 

 

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di MOdus Operandi, Penipu, ponsel, Uang dan tag , , , . Tandai permalink.

32 Balasan ke Modus Baru Penipuan Uang Dengan Ponsel

  1. Maskur® berkata:

    wis tau entuk
    TAPI pengalaman dari orang yang tertipu (sedikit) cukup berguna
    IYA mbok

    • Iya Den kayaknya modus ni dah dapet korban juga, dan herannya tuh orang bisa mempertimbangkan class ekonomi, td siang ada yg cerita bahwa +-setahun sebelumnya isteri adeknya kena 5 juta dengan modus yang mirip..

  2. Sang Penjelajah Malam berkata:

    dulu sempet dpt sms bapak minta isiin pulsa, tapi si penjahat gak tau kalo ku manggilnya bukan bapak tapi papa

  3. yudibatang berkata:

    Nice ingpo gan..

  4. buaya kok di kadalin…. boro boro suruh transfer saldo di bank aja minim terus kasian ya gw.

  5. @ydi : Sip
    @ocho : ya itu salah satu nikmat jg kalo di syukuri, itu lebih aman dari target operasi… *CMIIW

  6. raiderobie berkata:

    di daerah saya sering tp sasarannya orang tua yang anaknya lg kuliah, keliatannya dah disurvei dulu..tahu no telp si anak, org tua, dll
    klo yang mama /bpk minta isiin pulsa dah gak keitung saya nerimanya. malah klo dapet sering saya bales saya ledek

  7. azizyhoree berkata:

    walah… berarti tuh orang yang ngisruh ada hubungan/ korelasi sama korban, jian jaman sekarang banyak pagar makan tanaman ya? … hmmm semoga para penipu kacangan cepat bertobat dan dapat rejeki yang halal 🙂

    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/11/11/gagal-datang-ke-jmcs/

  8. Tafridefreez berkata:

    15jta dpt jupiter z baru. No rekeningnya d lacak aja itu.

    Hem….kl bapakku yg di tlpn gt pasti gak langsung transfer, pasti tanya dmn TKP, gmn kondisi, sapa polisi yg menangani.
    :mrgreen:

  9. Darmawan berkata:

    hmm modus kejahatan makin update aja, tetap waspada pada orang asing yang mencurigakan

  10. Mercon C alias Mercon Mretelli berkata:

    wah, udah pernah dapet ini,,, bedanya kalo itu narkotika,,,
    ini ada perbaikan jaringan,,, jadi sinyal yang berhubungan dari 100 nomer gak bisa dinyalain dulu…
    tapi gak gue matiin, trus dia gak tau nomer ortu gue,,, :mrgreen:

  11. nimorate berkata:

    temen ane pernah kena udah lama juga, beberapa tahun lalu. yg nelpon mengaku kapolda jatim.
    tapi kenanya 2 juta, diminta segitu atau nego ane kurang tau.

    pernah baca juga modus yg lebih rapi nih… berat!

    utk jaga2 si korban mengabaikan permintaan penon-aktifan nomornya, si penipu menelepon nomor tsb TERUS-MENERUS (ga peduli diangkat atau tidak) supaya SIBUK terus hingga pihak keluarga tdk bs menghubunginya…

    sementara nomor pihak keluarga pun diperlakukan sama agar seandainya korban menghubungi dari nomor lain jg tdk bisa… ini pun jika korban curiga bahwa itu penipuan.
    waktu itu temen ane ga curiga sama sekali, percaya & menonaktifkan nomornya tanpa ada tindakan apa2 lagi. cuma mengeluh saja..

    klo sudah begini ya agak susah, keluarga yg tdk bs menghubungi jadi makin panik… kemungkinan juga percaya saja

    *komentar ini bisa menginspirasi penipu

  12. blognyamitra berkata:

    Ada jg yg kirim sms isinya minta dikirimin pulsa buat hp mama. Disini begitu mudahnya mendapatkan nomor perdana. Coba kalo diperketat, gak akan seperti ini.

  13. mamung berkata:

    wah postingan yang hampir sama kang.. 🙂

    kita memang wajib hati2 terhadap segala pesan atau tlp yang tak dikenal..

  14. achoey berkata:

    Ada juga penipuan dengan modus hipnotis lewat telepon
    Sudah mulai banyak korbannya
    Sang korban di suruh mengirim pulsa bahkan hingga total jutaan rupiah
    Sang korban sadar jikalau orang disekitarnya mulai ngeh dengan kejanggalan sang korban

  15. aditninjamaniac berkata:

    wah gawat nih.. orang sekarang rela lakukan apapun demi uang. padahal udah ada yg pasti ngasih rezeki yah..

  16. jahe berkata:

    wew…ortu ane gaptek soale…hehe insya allah aman, klo urusan sama polisi jg ga mungkin secara klrg banyak yg polisi atau TNI jadi bisa konfirm sana sini…

    Pernah dpt yg pulsa, ”bapak lagi dikantor polisi bla bla bla” ane tunjukin sms sama adik ane, kita cuma ngakak berdua, bwahhhaha

    moga2 tetep berhati2

  17. For All : Waspadalah-waspadalah…. * Bang Napi mode on

  18. nunoe berkata:

    selalu waspada..
    mungkin si pelaku bisa di trace lewat no rek yg dipake buat di transfer itu..

  19. asmarantaka berkata:

    penipunya namanya Gunawan tuh = Gundul Tapi Menawan :mrgreen:

  20. X berkata:

    numpang komentar dikit…
    saya pernah beberapa kali terima sms seperti berikut..:
    @@@@@@@@@@@@@@@@@@

    Ini bapak,lg pinjam hp teman belikan bpk pulsa 20 rb di no barunya bpk, 085213923893 bpk lg ada masalah di kantor polisi jgn tlpn/sms nanti bpk yg tlpn,Penting

    (copy paste dari inbox hp saya, nomor pengirimnya +6283139065993, biar deh dipublikasi sekalian)

    terimakasih buat agan empunya warung..

  21. Yuan berkata:

    Nice inpo gan, boleh di angkat di blog qu??
    Qu jga sering dpt email ma sms, ,

  22. hinata_ayu berkata:

    aq jg prnah ngalaminya. tp agak aneh.
    waktu itu ibu dpt telpon katanya bpk kecelakaan. kondisinya parah. tmnya meninggal. motornya rusak parah. dr sini sbenernya udah mencurigakan, cz bpk ga bw motor, tp bw mobil. Tujuanya jg slh. Mnrt penipu bpk kcelakaan d kota A, padahal tmpt kerjanya bpk d kota C. Tp ga tau knapa kok, qta msh bs prcaya ya??
    trz ibu d suruh nelpn dokternya. aq nyoba nelpon bpk ga bs. smua jd kwatir trz akhrnya nelpon dokternya. d suruh krm 16jt. hampir aja d transfer. tiba2 bpk nelpon. Akhrnya ga jd kena tipu

  23. Ping balik: Waspadai Penipu Online | Triyanto Banyumasan Blog's

  24. Ping balik: BEGOL, Begal On Line dan Cara Mengantisipasinya (edisi Facebook) | Triyanto Banyumasan Blog's

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s