13 Ribu KM, Oli Vario 125 Menyusut Drastis


Kapan anda cek oli mesim kendaraan anda? Apakah pembaca membuat catatan yang terjadwal tentang perawatan kendaraan. Apakah ganti oli sendiri atau di bengkel? 

Gambar pemanis semata , pict : AHM


Saya sebenarnya membuat catatan untuk tiap penggantian oli mesin, termasuk buat Honda Vario 125. Catatan yang saya buat secara online, lebih tepatnya saya tulis di blog ini. Sayangnya tidak setiap saat saya cek, kapan terakhir saya ganti oli, berapa jarak tempuhnya. 

4 bulan, 6 ribu KM

Beberapa hari lalu, saya merasa sudah cukup lama tidak mengganti oli Vario 125, karenanya saya mengecek postingan ganti olo Vario 125 si Pasir Putih ini. Ternyata sudah 4 bulan yang lalu, tepatnya pada 9 Agustus 2017 (klik kisahnya ganti oli Vario setelah 10ribu km) . Segera saya hitung jarak tempuhnya sampai saat ini (08 Desember 2017). 

Odometer pada 08 Desember 2017 menunjuk angka 61.919,2 km, sedangkan penggantian oli sebelumnya pada 09 Agustus 2017, odometer menunjuk angka 49.321,4km. Sehingga dapat dihiting, 62.919,2 – 49.321,4 = 13.597.8km. Sungguh terlalu. 13.597,8km dan belum termasuk 3 hari tanpa putaran odometer karena kabel sensor speedometer putus (klik kisahnya memperbaiki kabel speedometer Vario 125). Lebih parah dari penggantian oli sebelumnya yang mencapai 10ribu km lebih. 

Sisa oli saat dikuras, tinggal sekira 200ml

Saat oli mesin ditap atau dikuras, ternyat tinggal sisa sedikit, kisaran 200ml. Beruntung tidak terjadi kerusakan pada mesin Vario saya. Setelah ganti oli, mesin Vario juga terasa normal saja, bari tadi pagi (25 Desember 2017) saya dengarkan suara mesin Vario secara seksama, terdengar lebih kasar dari biasanya. Entah sugesti pendengaran saya, atau memang suara mesin Vario 125 begitu adanya. Pemakaian harian juga normal saja, kerap full throthle, maklum top speed Vario 125 saya hanya 90kpj. Semakin drop aja, mungkin karena pemakaian roller kecil dan ringan, faktor lain karena kampas ganda yang sudah aus dan perangkat penunjang si kampas ganda juga perlu penggantian, tapi masih saya tahan. Menimbang, masih cukuplah buat harian. Mudah-mudahan tidak efex samping dari keterlambatan ganti oli Vario 125 ini. 

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke 13 Ribu KM, Oli Vario 125 Menyusut Drastis

  1. wasis_Mild berkata:

    Kog sampe parah gitu lek lupa nya?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s