Trik dan Tips Menaikan Blog Viewer


Word ads hilangSebenarnya saya tidak berkompeten untuk membahas hal ini, selain sudah banyak yang membahas, hal yang membuat saya berpendapat bahwa saya kurang berkompeten dalam hal blog stat adalah blog viwer saya yang rendah, tapi karena Mas Bro Muhammad Rajendra admin Macantua.com yang penasaran ingin dibagi tips ngeblog versi saya, maka saya coba tulis sepengetahuan saya. Cek dulu berikut

Blog Lawas belum tentu memiliki viewer atau blogstat yang tinggi

Blog Lawas belum tentu memiliki viewer atau blogstat yang tinggi

Dari statistik blog di atas dapat dilihat bahwa viewer blog ini jarang mencapai angka 1000 dalam sehari, meski blog sudah masuk usia 5 tahun. Artikel atau tulisan yang paling sering dibaca oleh pengunjung blog adalah tulisan lama dan mengenai hal yang ever lasting. Sesuatu yang tidak basi dimakan zaman.

Kesimpulannya, menurut saya dan beberapa rekan blogger yang saya dapat,  untuk mudah meraih blog viewer yang tinggi adalah :

  1. Menulis hal yang ever lasting, pengetahuan yang selalu dicari oleh orang banyak. Misal tulisan saya mengenai Perbedaan Jeroan Honda Tiger Revo Dan Tiger Lama yang saya posting pada 15 April 2011, masih diminati pemabaca meski sudah 4 tahun. Juga hal lain yang berkaitan dengan Honda Tiger
  2. Menulis berdasar pengalaman sendiri. Hal ini agar penulisan kita lebih detil dan mudah dipahami, karena kita tahu persis apa yang kita tulis, info ini sangat diperlukan bagi pembaca yang memang memerlukannya. Contoh tulisan saya tentang Momok BB Torch Dan Tips Beli Spare Part HP, tulisan ini juga berdasar pengalaman pribadi. Termasuk tentang belajar audio. Sampai kapanpun kemungkinan diakses pembaca pasti ada, selama masih ada yang menggunakan BB Torch atau masih ada yang ingin memahami audio.
  3. blogger dicaci banyak rejeki, bonsai biker

    Pendapat seorang blogger, tapi tidak mengahakimi, cuma opini

    Menulis hal yang heboh dan menghebohkan, tapi jangan mencari sensasi yang berlebihan, misal dengan menulis artikel yang membuat banyak orang mencaci. Memang dengan makin banyak yang mencaci juga membuat tulisan makin banyak yang penasaran dan akhirnya membacanya, tapi jadi tidak sehat. Istilahnya mengkhalalkan segala cara.

  4. Menulis kritikan ke blogger yang tenar, selama benar dan tidak berlebihan, hal ini bisa membantu mendongkrak popularitas, meski akan terkesan tidak sehat juga. Lebih baik hindari, kecuali sudah akrab dan saling bercanda. Contoh : Ngising Jo Sanggon-Nggon Mbah Bon
  5. Menulis thema kekinian, misal spyshoot motor baru, lakalantas heboh, perang politik masa kini dan semacamnya, meski belakangan hal ini jadi mainstream dan kurang menarik, sehingga menarik pengunjungnya cuma sebentar, berbanding terbalik dengan tulisan ever lasting, pelan menarik pengunjung, tapi berkesinambungan. Bahkan tanpa update postingan, statistik tetap banyak itu kata Mas Azizy Wdohc dan Begawan “Gora” Martini, juragan CB. Juga menurut Emaknya Benjamin
  6. Menjalin hubungan dengan sesama blogger atau istilahnya blogwalking. Dengan berkunjung ke blog lain wawasan pengetahuan kita bertambah.Dari sini kita bisa menemukan bahan buat artikel.
  7. Meninggalkan komentar dan nitip link blog kita di artikel blog lain. Tentu kalo blog yang baru dikunjungi ya permisi dulu, ijin nitip jemuran 😀 kadang masuk spam soale. Kalo saya sudah mulai mengurangi blogwalking karena waktu yang kurang, mohon maaf ya teman 🙂 .
  8. Menulis dengan nge’link’ ke tulisan blogger lain, jadi tanpa komentar di tulisan blogger tersebut, kita sudah nitip link.(kalo tidak dispam lho ya). Dan hal ini merupakan symbiodid mutualisme, ga ada ruginya. Saling membantu.
  9. Konsisten menulis. Ini yang agak sulit bagi saya, karena konsisten menulis sebenarnya bukan berarti tiap hari harus ada artikel yang dipublish, tapi semakin sering menulis diharapkan, blog kita mudah di deteksi oleh mesin pencari seperti google search dan semacamnya. Hanya saja, saya akui, dengan mengejar tulisan publish setiap hari, kadang konten yang disajikan kurang bermutu, atau terlalu dipaksakan. Ini pendapat saya pada tulisan saya sendiri lho, kalo ada blogger lain yang merasa ya memang disengaja biar ngerasa 😀 .
  10. Menulis dengan penulisan yang baik, (jangan contoh blog saya ya karena kerap typo dan tidak sesuai ejaan yang disempurnakan) Tapi juga jangan terlalu kaku agar lebih akrab dibaca.

Sekian dulu rangkuman yang bisa saya tulis tentang cara atau trik dan tips menaikan statistik blog atau blog viewer, rangkuman ini berdasar informasi dari saya sendiri dan beberapa rekan blogger. Karena blog saya tidak cukup memenuhi syarat sebagai blog dengan pengunjung tinggi 😀 istilaeh kemaki nulis beginian, Jarkoni :mrgreen: . bagi yang ingin menambahkan silahkan di komentari, semoga bermanfaat.(tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di BLOGGER dan tag , , . Tandai permalink.

22 Balasan ke Trik dan Tips Menaikan Blog Viewer

  1. ardiantoyugo berkata:

    nggonku yo artikel lawas akeh… wkwkwkwk…

  2. ndesoedisi berkata:

    Sip, maturnuwun mas 🙂

  3. azizyhoree berkata:

    Wis esuk kiye … Ndang turu turu kana lik aja ngurisi mblog bae primen 😆

  4. mas huda berkata:

    Saya malah udah la banget g nulis

  5. agoey berkata:

    ya sama mas… blog udah lama tapi pengunjung stabil diangka 1500 walaupun gak ada artikel baru.. klo ada artikel baru langsung njengat viewernya..

    yang sering dibaca memang artikel-artikel lama dengan berdasarkan pengalaman pribadi…

  6. Konsisten menulis itu yang sulit saya lakukan mas Tri 😀 . Sejak ada anak, ditambah hobi berkebun lebih mengasyikan maka ngebelog jadi benar-benar tersingkir hehe 😀 .

  7. kasamago berkata:

    lg bingung fokus blog ke bid. mana, konon lebh niche lbh enak keurus..

  8. nbsusanto berkata:

    yap.. tulisan tips trik.. review sesuatu yang jarang.. itu yang laris kalo di warung saya om walau nggak seberapa.. soalnya tau diri kalo membahas hal yang sedang ngetrend dan mungkin nggak bertahan lama itu susah saingan sama yang sudah besar.. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s