Mengenal Kabel Mic dan Cara Menyolder Ke Pin Jack Plug/Akay


Salah satu kabel mic

Salah satu kabel mic

Sebelumnya silahkan baca link Mengenal Jack Plug/Akay Mono dan Stereo Serta menjadikan Jack Stereo menjadi Mono, selanjutnya perhatikan gambar di atas. Kabel mic standar memiliki/berisi 3 kabel yang diislasi dengan ciri yang berbeda. Kalo tidak salah, gambar kabel di atas merk Canary

  1. Ground, umumnya mengelilingi kabel yang ada di dalamnya. Ada yang dianam ada juga yang biasa. Kabel mic yang bagus, ada semacam aluminum foil yang menempel di alur ground ini
  2. Kabel warna terang, jadi tidak selalu putih. Sebagai hot atau Pass
  3. Kabel warna lebih gelap sebagai Could pada kebutuhan jack stereo. Mengenal jack silahkan klik link di atas

Selanjutnya bagaimana menyolder kabel mic? Pertama kita bahas konek ke jack Plug Mono. Jack ini umum dipakai pada input mic power amplie aktif yang umum digunakan sebagai Announcement atau panggilan dan masjid/mushola.

Konek kabel mic yang salah

Konek kabel mic yang salah

Gambar di atas menyajikan gambar koneksi/sambungan antara kabel mic dan pin jack akay mono yang salah. Tidak mutlak salah. Akan tetap berfungsi dengan penyesuaian pada ujung jack yang lain, apapun jacknya. Tapi standar sambungan yang saya pahami, sebagai berikut

  1. Pin 1 sebagai ground seharusnya mendapat kabel ground dan kabel warna gelap (dalam hal ini warna biru), kenapa? silahkan buka mengenai Elektron, Neutron dan Proton, kalo saya yang menjelaskan takut salah. Jika pada jack stereo maka kabel gelap (biru) dikonek ke pin 3 sebagai could.
  2. Pin 2, sebagai Hot atau pas disambung dengan kabel paling terang, di sini berwarna putih.

Patikan tidak terjadi interaksi antar pin, apalagi jika menyolder pada jack stereo, untuk memastikan, tambahkan isolasi, lilit solderan dengan isolasi. Sekian kupasan pengetahuan dasar kabel mic dan jack plug/akay. Semoga bermanfaat.(tri)

********************************************
Artikel lain yang layak baca :
Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di belajar Audio dan tag , , . Tandai permalink.

34 Balasan ke Mengenal Kabel Mic dan Cara Menyolder Ke Pin Jack Plug/Akay

  1. Aa Ikhwan berkata:

    sip ajib..bermanfaat 😀

  2. touringrider berkata:

    Kalau nyolder jack biasanya ada kesulitan timah/tenol susah nempel. Caranya bisa dengan digosok biar agak kasar dulu. Dan jangan twrlalu panas. Takut isolatornya leleh trus nge-short/konrsleting.

  3. Ping balik: Mengupas/Mengurai Kabel MIC Canare dan Coneckting Ke Jack XLR | Triyanto Banyumasan Blog's

  4. Kang_Har berkata:

    Hmm info bermanfaat,jadi kemarin saya salah nih nyoldernya,

  5. heru berkata:

    Gan mau naya,saya punya home teater philips htd5340 tp tidak ada lubang mic besar,adanya cuma lubang mic kecil seperti untuk headseat hp,gimana caranya bisa karokean mengunakan mic.maklum gan wong deso

  6. Kang_Har berkata:

    Saya sedikit masalah dengan mic toa di masjid,mic dan kabel masih ori toa. Masalahnya ketika dicolokan ke ampli jadi timbul suara teeerrrr,padahal pake mic yg lain tidak seperti ini.ampli sudah di sambung kabel ke ground tapi masih belum hilang gangguannya.kira 2 apakah kabel yg rusak ato ada yg lainnya ya?

    • Coba ganti kabel mic nya. Kabel mic bawaan toa kurang bagus. Saya sering jumpai pada mic TOA ZM-520, kabel mic dan jack plug mudah rusak, bikin saja pakai kabel mic canare dan jack neutrick, lebih bagus dan awet

  7. awank berkata:

    Gan kalo jack mic mau dijadiin 2 kabel warna merah dan kuning gimana.?

    • Saya agak bingung nih sama pertanyaannya.
      Yang saya tangkap adalah menjadikan jack mic menjadi input CD/DVD audio. Kalo benar demikian maka, 3 pin jack Canon ada pin 1, 2 dan 3. Pin 1 merupakan ground atau 0, pin 2 sbg hot dan 3 cold. Jika dijadikan 2 maka pin 1 dapat 2 kabel 0 dari masing masing merah dan kuning, sedang pin 2 & 3 sbg pas di merah dan kuning. Maaf jika jawaban kurang tepat

  8. Ahmad berkata:

    Bro, mau tanya. Jack akay tuh bisa dipake buat headphone juga ga sih atau buat mic doang? Ane pake converter stereo 3.5mm ke akay di mixer ane tapi suara stereo kiri-kanan ga ada. Bisanya di mono doang sama kalo di mode quadraphonic, suara cuma ada dari belakang kanan & kiri saja, tetep gaada kiri kanan stereo biasa.

  9. haikal berkata:

    gan tolong dong buat tutorial, membuat kabel audio xlr ke jack 3.5 mm buat nyambubung mic eksternal ke android, lagi butuh banget soalnya, tkanks

    • Belum sempat mas.
      Ada perbedaan antara 3,5 mm sbg suport HP atau sekedar buat earphone spt di mp3 player. Pd HP ada 4 pin, 2 speaker, 1 mic dan 1pin sbg masa (-). Nah di jack mp3 player cuma 3 pin, tdk ada pin buat mic.

      Jika ingin menjadikan mic external, tinggal urai jack HP, ambil pin mic dan masa, sambung ke mic external, tp harus mini mic ya mas, jng microphone standar.

      Smoga membantu

  10. deddy m fediaz berkata:

    mas Tri, nyuwun pencerahan, cara menyolder jack canon 4 pin male ke akai, tolong gambar skemanya mas.
    matur kesuwun

  11. Gendon Banyumas berkata:

    Kulanuwun.. lik, inyong tes tuku kabel karo jack anu nggo spul/pickup gitar . Barang tek kletek ana kabel serabut akeh(kayane ground) karo kabel cilik2 abang lan putih. Lah inyong lh bingung kabel endi sing mlebu jack. Kesuwun

  12. soni berkata:

    klo stereo yg L-G-R, untuk input mono, kabel apa yg dijadikan satu bos? mohon bantuannya.

  13. muzhi berkata:

    Gan untuk instal 5 pin perlu kabel brp ya klo mw disambung ke jek mic

  14. muzhi berkata:

    Gan untuk instal 5 pin perlu kabel brp ya klo mw disambung ke jek mic
    Mhon pencerahanny

  15. Arifin berkata:

    cara menyambung 3 speaker,
    a. Dua speaker 12 in 350 watt
    b. Satu speaker 15 in 750 watt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s