Akun Facebook Suspend, Hal Kecil Memfilter Scammer


sogekBeberapa hari terakhir, banyak pengguna Facebook yang tidak bisa mengakses akun/accountnya. Dan hanya bisa setelah sign in dengan nama awal si pengguna daftar Facebook. Memang tidak semua yang mengganti nama kena suspend. Kalo saya perhatikan justeru orang-orang atau akun yang cukup aktif di Facebook yang kena suspend.

Nah dengan hal ini, saya berharap Facebook memang lebih sensitif dalam menerima akun baru. Karena banyak penipu atau scammer yang mengganti nama awal dengan nama orang yang akan diklonning dan dijadikan senjata untuk menipu para korban.

Info kontak adalah Dedi Raja, lihat kotak kuning pada gambar

Info kontak adalah Dedi Raja, lihat kotak kuning pada gambar

Salah satu contoh di atas, memakai nama dan foto Lettu Abu bastian, tapi info kontak dasar adalah Dedi Raja, cek di https://www.facebook.com/dedy.praja.92?ref=ts&fref=ts . Nah dengan pelarangan mengganti nama dari nama awal daftar log in di FB, semoga langkah scammer makin mudah dikenali. Kenapa? Karena scammer dipaksa membuat akun baru sesuai nama yang ada, dan akun baru akan mudah ditelisik keasliannya. Bagi pengguna yang jeli tentunya.

Kedua akun sudah niat dari awal pakai nama Lettu Abu bastian

Kedua akun sudah niat dari awal pakai nama Lettu Abu bastian

Ternyata begal online alias begol alias Scammer di facebook nampaknya selangkah lebih maju dari CEO FB si Mark Zuckerberg. imho. Buktinya, dua akun dia atas yang mulai log in dari 2014 sudah memakai nama sesuai foto yang dia pakai, yaitu Lettu Abu Bastian. Karena Lettu Abu tidak memiliki akun Facebook. Akun dia sudah ditutup karena banyak yang menklonning dijadikan ladang mencari cinta demi rupiah (klik 64 Akun Facebook Memakai Photo Profil Lettu Abu Bastian). Yang terdeteksi terakhir lebih dari 70 akun FB memakai nama dan foto Lettu Abu bastian atau sekedar fotonya saja. Jika diteliti lebih jauh mungkin ratusan. Nah disinyalir para scammer makin perhatian dengan ciri-ciri mereka yang mulai terungkap, maka meraka dari awal daftar sudah memakai nama dan foto orang yang diincarnya untuk di klonning atau dipalsu.

Oleh karenanya, waspada dan hati-hati dalam berteman atau menerima pertemanan di FB, karena satu scammer memiliki banyak akun, jika satu akun itu kita jadikan teman, maka akan jadi gerbang untuk membuka jati diri dari teman-teman kita. Dari sinilah si scammer mengenal dan bisa mengklonning teman kita, dengan pura pura kena suspend dan mendaftar baru. Atau bisa meng hack teman kita atau bahkan kita sendiri, dan akun tersebut dijadikan ladang mencari mangsa. Bisa kita atau teman kita yang dijadikan mangsa. imho cmiiw.(tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Akun Facebook Suspend, Hal Kecil Memfilter Scammer

  1. nbsusanto berkata:

    scammer.. spammer.. tapi kok sayange belum banyak yo om sik kena suspend akibat fake name.. iki ning berandaku sering njedul wong wong alay direport fake name beberapa hari lalu kok isih aktif wae.. ben ra share hal hal sik ra wangun dishare..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s