Pacitan dan Jaburan


image

Pacitan , adalah sebuah kecamatan yang menjadi ibukota Kabupaten Pacitan , provinsi Jawa Timur , Indonesia . Kecamatan Pacitan adalah denyut nadi pemerintahan dan perekonomian kabupaten Pacitan secara keseluruhan. Lansekap kota Pacitan terletak di Lembah, di tepi Teluk Pacitan, hilir Sungai Grindulu. (wikipedia indonesia)
———–
Pacitan juga makin terkenal semenjak Pak SBY jadi presiden RI, karena Pacitan adalah tanah kelahiran presiden ke-6 RI ini. Lantas apa hubungan Pacitan dengan jaburan?

image

Aneka jaburan jajanan pasar

Jaburan sama dengan pacitan, adalah kata dalam bahasa Banyumas untuk menyebut suguhan makanan yang bukan makanan pokok, cenderung makanan tradisional, seperti gesrek, karag, inthil, gathot, krawu, oyek, balok, legendar, dan berbagai makanan tradisional lainnya yang sebagian besar olahan hasil kebun.
Jaburan, pacitan juga kadang disebut dengan nyamikan. Kata jabur, pacit dan nyamik tidak bisa berdiri sendiri, harus ada akhiran ‘i’ atau ‘an’ atau ‘ane’. Misal habis bertamu ke tetangga, ditanya oleh anggota keluarga,”Dijaburi/dipaciti/dinyamiki apa nang kana?” (disuguhi apa di sana?), dijawab,”Jaburane/pacitane/nyamikane, oyek karo krupuk gadung” (suguhannya oyek sama krupuk gadung).
Mungkin saat ini jaburan bergeser pada makanan atau jajanan yang mudah didapat seiring makin langkanya pengrajin makanan awet saji.
Makanan awet saji? Ya, nama-nama jaburan yang saya sebut di atas sebagian memang olahan dari makanan yang diawetkan tanpa bahan pengawet. Mungkin akan dibahas satu persatu lain kali.
Apakah pembaca masih menemukan krekel?(tri)

**************
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di banyumasan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Pacitan dan Jaburan

  1. adhyg13 berkata:

    yuh kang njabur burger,wkwkwk . . . wagu ya?

  2. ahmadfaisolat berkata:

    nang nggonku arane sajen 😀

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s