Kelebihan Knalpot Ori dibobok.


cara knalpot honda tiger dibobokMenyikapi peraturan tentang batasan kerasnya suara atau desibel yang tidak jelas batasan ukurannya, ada baiknya saya posting apa yang saya lakukan dengan knalpot Tigerku…

Berawal dari beberapa kali baud knalpot belakang (yang nempel di mufler) kendor dan lepas menjadikan knalpot retak dan berbunyi seperti ada kerikil di dalamnya, cukup nyaring dan tidak nyaman di kuping saat ridding, bahkan sebelumnya, saat dingin sempat di lepas dan digoyang-goyang tapi tidak ada bebunyian yang mencurigakan…. bebunyian itu muncul saat jalan, setelah jarak 100 meteran…

Karena hal tersebut aku pikir retak di dalam mufler karena karat disebabkan beberapa kali kerendam air laut yang pasang dan meluap, maka dibawa ke tukang knalpot untuk di las sekalian di bobok biar free flow, ternyata bebubunyian di dalam knalpot yang mirip krikil di dalem kaleng itu tidak hilang, maka knalpot dibawa kembali ke tukang las karbit yang lain (bukan tukang knalpot), setelah di cek dan dibolongin beberapa tempat, akhirnya sumber suara itu ditemukan berada di leher knalpot dekat dengan kepala knalpot. Dari hal ini aku jadi tahu ternyata knalpot ori terdiri dua lapisan yang cukup tebal, dan yang bikin bunyi adalah retaknya lapisan dalam yang susah dideteksi dari luar.

Setelah dilas bagian yang retak dan diperkuat, bebunyian aneh itupun hilang dan ridding lebih nyaman. Enaknya knalpot ori di bobok adalah bunyi tidak nyaring rata, alias bunyi kenceng hanya saat RPM tinggi, yaitu di atas 5.700 an, sedang tariakan mesin dibawah RPM 5700 suara knalpot layaknya knalpot standard. Jadi misal jalan di gangan, ga perlu takut di teriakin orang-orang.

Apakah hal ini berlaku untuk semua knalpot, aku tidak tahu, karena aku belum pernah nyoba di knalpot motor lain. Tapi temenku yang makai Scorpio Z 2010 awal, hasil bobokan lebih bagus lagi, saat RPM rendah tidak menganggu, tapi saat ditarik gas, knalpot mengaum ganas…

Dan juga apakah semua tukang bobok knalpot bisa bikin bobokan yang sama seperti pada knalpotku… aku ga njamin..

sedikit warna

Maaf, tidak ada gambar prosesi pem bobokan, saat itu belum jadi blogger.. *bukan hoax

Semoga bermanfaat, wassalam

***********************************************

Artikel terbaru yang layak baca :

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Mongtorku, motomania dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

51 Balasan ke Kelebihan Knalpot Ori dibobok.

  1. girifumi berkata:

    salam kenal…
    saya newbie disini…
    dapat info dari orang dalam AHM,knalpot New Mega Pro lebih mahal ketimbang Tiger Revo karena lebih ribet dalemannya….

  2. Maskur berkata:

    Ngesuk nek duwe tiger melu tek bobok lah

  3. aditninjamaniac berkata:

    premium ajah.. 😀

    wah aku mah sayang kalo di bobok mas bro..mahal euy kalo perlu yg orinya lagi 😀
    tapi kalo bikin yg bunyi cring cring ntar di prriiiitttt ma pak Pol 😀

    nitip kios mas
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/01/20/andai-atpm-motor-di-indonesia-seperti-honda-thailand/

  4. j4na berkata:

    sayang dibobok, ane beli aja yang variasi macam nob1….. cos orinya muaaahaaaaal….

  5. bobok knalpot untungan, kadang bisa bagus kadang bisa jelek hasilnya

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  6. ridertua berkata:

    podo NMP iku kalau RPM rendah merdu… kalau dah dibetot wah sangar suaranya…

  7. ridertua berkata:

    btw di bobok pakai parem kayaknya enak :mrgree:

  8. supergleweh berkata:

    opo ora eman2.tigerku biyen nganggo ahrs factory4,tapi saiki back to standart.ternyata nyaman dikuping walaupun tarikane gak seganas racing

  9. blognyamitra berkata:

    Ngebobok knalpot kena biaya brp ???

  10. @Giri : Tiger Revo : 550, kalo NMP ga tahu Gan ? … *senior detected hadir neh, makasih
    @Maskur : iya, GLPMe aja dibobok
    @ Adit : ini karena bunyi krompyang2 jd dibobok sekalian, tp bg yg mau tdk perlu mbelah knalpot, cukup dari moncong mufler doang, jd knalpot tetap utuh
    @j4na : ga jg bro, untuk ori Tiger 550, sdng variasi TDR 600, R9 900 apalagi Yoshimura
    @Extra : tul ga semua bisa
    @Cak Heru : NMp anyar eman dibobok, mending diparemi ben tambah ayu
    @Super : trpaksa Gan, knalpot dah jelek tampange
    @Pak Mit : saya kena 120rb, tp hasil lumayan dan ga ngrusak tampilan knalpot, krn di moncong mufler, kalo knalpot crome perlu crom lg, tp kalo knalpot dop black tnggal dicat lg pakai cat tahan panas misal merk RJ

  11. az147r berkata:

    jd ingat knalpot punya tigerku dulu yg ori bolong.

  12. snalpot99 berkata:

    manteb mas bro, kmrn pengen nyoba tp niat itu harus di urung kan 😀 knalpot cs1 sktr 1,3 lha pengen blik standar duike sopo :p

  13. @az147r : Bolong apa dibolongin
    @Snalpot : Ojo nek larang, mending golek knalpot supra diarah gulune, mufler handmade ke tukang ahli, tp sing bagus yo larang juga…*300-500anlah
    @Cak Pur : Yoi Cak… Suwun

  14. sobek-sobek berkata:

    hmmmm.. kenalpot bobok ya?
    bukan bobok-bobok siang ya mas?
    btw kenalpot yang mana ini?
    😆

  15. ekojuli berkata:

    ijin nge-junk

    sambil2 buka sini

    siapa tau nemu yang dicari

    cekibrot>>>

    http://idekonyol.wordpress.com/

  16. @sobek2 : knalpot yg disobek2
    @Ekojuli : ditengok coba

  17. touringrider berkata:

    podho nggonaku. muni kontang2 nek kalem. palingo dobel juga ya?

  18. @Pak Bons : wakak…kak…
    @cak Tarom : yowis belah sandamel ben ngacir lawan Paijo…*kompor

  19. agungsevi berkata:

    wah iki.. sembalap telah lahir!!!!
    🙂

    http://agungsevi.wordpress.com/

  20. kilaubiru berkata:

    mo iseng bobok tapi beli knalpot ori mahal bro… hehe :mrgreen:

  21. Ghost berkata:

    Ujung Knalpot vegaku bolong di ambong supra, carane mbobok kepiye?

  22. sobek2 berkata:

    gampang kisanak,..
    Cara mbobok tinggal di sobek saja heheheheuw
    kalo mbobok yg ++ tanyaken ke pak dnugros ahlinya

  23. Rudy Soul berkata:

    bar di bobok efeke opo mas bro???misal tarikan motor onok perubahane g??

  24. @kilau e fajar, e bener yo : nek larang ojo, we ku kan wis elik, dadi di sbek2 sxalian
    @ghost : dr moncong mufler, baiknya ke ahli knalpot yg brpengalaman
    @ sobek2 : 😆
    @Rudy : lumayan nendang bro,

  25. ippay berkata:

    waw saya ketinggalan haha.
    mas bro, mw tny, klo knlpot abs revo di bobok rpm rendah bnr2 ky knalpot standar suaranya, nd de ajak ngebut br keluar suaranya, kira2 60 kpj ke atas br keluar suaranya, bisa g ? nd kalo ia biayanya brp ? mhn bantuanya

    • bisa aja, tergantung tukang boboknya, kalo yg ahli gak perlu mbelah kok, cuma bobok dari buntut, sekali lagi tergantung tukang boboknya, waktu itu temen yg mbawain nih motor ke Bekasi. dana sekitar 140 kalo ga salah, coba aja search tukang bobok yg handal… Salam

  26. ippay berkata:

    okeh, maturnuwun mas, oya mu tny bnyk nih, kalo lobangin leher knalpot efek k msn ny apa ? tmn saya d blongin jd gede bgt suaranya

  27. mezzowonosoboi berkata:

    kira2 kalau knalpot bukan ori yg dibobok gmn gan??pengaruhnya bnyk gak

  28. athleter berkata:

    Habis berapa Bro bobok knalpotnya????

  29. tusimin berkata:

    bikin mesin cepet rusak ga bro. kalo pake kenalpot bobokan. w pengin bobok kenalpot vixion motor baru turun dati deler akut ngaruh ke mesin.

  30. kaloonk berkata:

    Tiger ku jg d bobok knalpot standar nya Bro, Suara bulat agak ngbass g trlalu besar bunyinya, klo plan keq standar. Klo kenceng baru kluar AumannyA :). Trus knalpot std keq nya lbih mnyatu dg body nya ygg lbar, tdk sprti knalpot racing kbnyakan langsing, g matching sm Body. Salam kenal Bro.

  31. Joel Mbox's berkata:

    wkakakaka….enak knalpot std d’bobok, jupiter Mx ku punya knalpot 3 biji [std, std bobok, knalpot new smash tp sudah d’bobok], sekarang yg dipake yg new smash + ganti leher knalpot yg lebih besar dri std karena bentuk knalpotnya lebih pendek dri std, soal suara…klo pelan ya suaranya pelan, tp klo kenceng baru blaaarrrr…!! aku bobokin di 37 exhaust – ngampilan Jogja.

  32. han berkata:

    kalo knalpoy 4 T sehat sayang dibobok: – mahal-kena priiittt-banyak yg ndo’ain jelek-ga ada dongkrakan tenaga kalo ga dibarengi setting mesin/hnya perasaan aja krn suara plong. Lain halnya knalpot 2t. 😉

  33. beny compo berkata:

    saringannya full mas bro…gaswollnya pake kawat pencuci wajan.

  34. ujank berkata:

    owh jd rpm bawah adem rpm atas gahar, mau nyoba buat vixion ane gan mudah mudahan hasilnya memuaskan tuh knalpot bobokan.

  35. sudarsono berkata:

    bobok di daerah mana brow???? punya w bobok na gagal trust euy

  36. sijidewe berkata:

    nah iki… knalpot ori old ku juga kropos e kang..

  37. imam khaerul berkata:

    Bobok knlpot tirev .. gmn… ganti filter ap gmn.. punya sy d bobok filterny d ganti pipa dr ujung silncer blkng mpe moncongny. Tp diameter lebih gede… klo d tarik enk tp klo pelan jelek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s