Teras Cihampelas Bandung, Skywalk Rapi


Jalan raya di Kolong skywalk teras cihampelas

Cihampelas Bandung, suatu wilayah yang menjadi salah satu tujuan wisata para turis dari luar daerah, misal Jakarta. Wilayah Cihampelas merupakan pusat perbelanjaan di kota Bandung. Aneka barang dagangan, mulai busana, makanan, jajanan dan tempat nongkrong tersedia.

Lalin di bawah skywalk, cenderung rame lancar

Saya juga baru menyambangi lagi beberapa hari lalu, setelah sekian tahun lamanya. Banyak perubahan terjadi. Lebih rapi dan bersih. Saya juga baru tahu ada pedestarian udara atau skywalk yang disebut Teras Cihampelas. Tenar juga dengan sebutan Ciwalk.

Skywalk teras cihampelas, rapi dan nyaman

Dari berita yang saya baca, Skywalk ini mulai diperkenalkan ke publik sejak 4 Februari 2017, jembatan pedestarian Teras Cihampelas ini memiliki panjang 450 meter dan lebar sekitar 9 meter. Ketinggian jembatan mencapai 4,6 meter dari permukaan jalan. Proyek itu menelan biaya Rp 48 miliar dan hanya menempuh proses pengerjaan selama tiga bulan. Menampung hampir 200 pedagang kaki lima yang semula berdagang atau ngelapak di pinggiran jalan Cihampelas.

Tanaman (standing garden) yang menempel di tiang skywalk

Teras Cihampelas ini diharapkan mampu memanjakan pelancong, mengakomodir touris lokal dan luar daerah yang ingin menikmati pusat perdagangan Jean dan jajanan di Cihampelas, atau sekedar nongkrong dan menikmati kuliner khas Bandung dengan udara sejuk dan pohon yang rindang.

Beberapa hal yang jadi perhatian saya dari Teras Cihampelas Ciwalk adalah, pot tanaman atau standing garden yang menempel di tiang-tiang skywalk, nampak tanaman kurang terawat. Sebagaian mati dan kering seolah kurang air. Atau memang tidak disiram.

Keep calm and gajahlah kebersihan

Di atas skywalk nampak himbauan untuk menjaga kebersihan dengan gambar gajah, bertuliskan, “KEEP CALM AND GAJAHLAH KEBERSIHAN”. Sederhana tapi menarik.

Tempat sampah di atas skywalk teras cihampelas

Sayang, tempat sampah yang ada, nampak rusak, jadi sampah yang dimasukan, tetap tercecer, karena dasar tong sampah sudah copot, berlubang dimakan karat.
Secara keseluruhan, skywalk Teras Cihampelas cukup rapi dan nyaman bagi pengunjung. Saya tidak sempat untuk kongkow menikmati kuliner yang dijajakan di skywalk. Cukup banyak. Saya lupa untuk mengabadikan atas teras.

Masih ada sisi lain dari Cihampelas yang cukup kontras dengan kemegahan Teras Cihampelas ini. Lain kali disambung. (tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di adventure, Sekitar Kita dan tag , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Teras Cihampelas Bandung, Skywalk Rapi

  1. Petugas taman kotanya ga niat deh tuh mas Tri bikin tanaman gantungnya, cuma pot-potnya yang terlihat. Coba dibikin petunia gantung, geranium gantung bakalan cantik bunganya menjuntai :mrgreen: .

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s