Binatang Muncul dari Layar HP


Ular muncul dari layar HP? Ajaib sekali.

yang share atau berbagi sampai ribuan.

Beberapa hari belakangan, banyak yang share status facebook dengan video yang menampilakan penampakan binatang, baik ular, laba-laba bahkan harimau, muncul di layar handphone saat screen HP menampilakan time line Facebook.

Uniknya, status-status tersebut meminta folowernya untuk mengikuti panduan video, bila ingin mengalami hal yang sama (binatang muncul di layar HP). Mulai dari share status TS, coment dengan caption, tagar nama binatang yang muncul, misal #ular, maka akan otomatis ular muncul di layar hp, merayap seperti beneran.

Saya sudah curiga, bahwa hal tersebut hox belaka. Cuma buat guyonan. Atau sekedar mencari rating, jumlah like, jumlah share, agar akun TS semakin terkenal dan memiliki banyak pengikut. Selebihnya bisa digunakan buat apa saja. Jualan misalnya

Nah, silahkan pilih hewan yang anda suka di playstor


Setelah saya selidiki, kemunculan binatang-binatang tersebut merupakan aplikasi yang bisa diunduh di playstore. Jadi kemungkinan, status viral tersebut untuk memancing rasa penasaran pegiat Facebook, yang ditujukan agar mendownload aplikasi yang dimaksud. Semakin banyak yang mendownload, berarti semakin besar pendapatan si pembuat aplikasi.

Sekarang, di era sosial media semakin massif digunakan sebagai aktualisasi diri, juga tidak lepas dari para pengguna yang hanya mencari keuntungan pribadi semata. Mulai dari politik, dagang, ketenaran, pengakuan sampai penipuan berujung harta.

memakai foto profil Umi Pipik, isteri Alm Ust Uje

Bahkan time line dari akun-akun berfoto profil gadis berkerudung cantik, yang kerap membuat status hal yang sensitif, baik mengenai agama maupun kemanusian, lalu dikasih embel-embel untuk klik like, amin dan share, sebagian besar merupakan fake account, alias akun palsu yang hanya mencari folower, pengikut, agar akun tersebut semakin tenar dan memiliki banyak folower. Selanjutnya bisa ditebak. Setelah mencukupi target yang diinginkan, akun bisa dipakai buat promosi dagangan, propaganda politik dan kebutuhan individu lainnya. Akun tersebut tinggal mengganti nama akun, ganti foto profil, hapus status lama. Jadilah dia sebagai akun yang dikehendaki untuk kepentingan tertentu. Poles dikit akun siap beroperasi. Bahkan bisa dijual dengan nilai jutaan rupiah.

lihatlah jumlah share/berbagi dan komentar yang begitu banyak

Mudahnya pengguan Facebook percaya akun palsu tersebut, melike share dan seterusnya, karena

  1. Akun menggunakan foto profil perempuan berkerudung yang terkesan agamis.
  2. foto profil cantik, mudah menarik bagi laki-laki sebagai lawan jenis. Menarik bagi perempuan, karena termotifasi menjadi perempuan cantik yang terkesan relijius.
  3. Status sensitif baik agamis amaupun kemanusiaan, yang mudah menyentuh nurani manusia sebagai mahluk sosial
  4. Sebagian pengguna facebook adalah sekedar pengguna, yang tidak lebih pintar dari ponsel pintar yang digunakannya, alias masih lugu
  5. Pengguan facebook masih beranggapan, bahwa sesuatu yang baik tentu untuk tujuan baik, apalagi jika diembel-embel surga dan neraka
  6. Akun palsu ini memiliki banyak akun lain yang saling menguatkan, dan umumnya, semuanya memakai foto profil wanita berkerudung cantik

Semua kebohongan di sosisal media memiliki tujuan yang hanya menguntungkan satau pihak. Dan sayangnya, banyak manusia yang masih mudah diperdaya dengan berita hoax, bohong, remeh. Mereka suka rela menjadi penyebar berita yang tidak jelas asal usulnya. Saat ini, sampai susah membedakan, mana berita benar dan mana yang bohong atau hoax. Termasuk yang sedang anda baca ini. Bisa jadi sekedar celoteh tanpa makna.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita, sosial dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Binatang Muncul dari Layar HP

  1. Berita Artis berkata:

    Hahahahaha, ini sedang ngehits banget ya sekarang. Kalau tidak salah, ini hanya akal2 beberapa IM dari Vietnam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s