Cara Perbaikan Comb Steer (setang) Vario Oblak


Memperbaiki Comb steer Honda Vario yang oblak.

Telanjangi baju depan biar keliahatan

Memakai kendaraan setiap hari, kadang saya tidak merasakan perubahan pada kondisi kendaraan tersebut. Maklum, perubahan tersebut berlangsung pelan secara berkesinambungan, sedikit demi sedikit sehingga kurang terasa efeknya. Termasuk yang saya alami dengan setang sepeda motor matik (skutik) Honda Vario 125 lansiran 2013.

Shock depan terasa sangat keras, jedak-jeduk bikin sakit pinggang. Bahkan saya sempat menduga hal tersebut karena as shock depan kanan yang agak lecet, sehingga peredaman tidak sempurna. Tapi saya perhatikan, oli shock tidak rembes, jika ditest peredaman dengan menghentakan setang, shock tidak mentok.Akhirnya saya menyimpulkan bahwa setang Vario oglak, jedak-jeduk karena comb steer yang sudah tidak presisi, perlu diganti atau minimal disetel ulang, dikencangkan.

Pasang Roler 8 & 10 gram di Vario 125, Serta Vanbelt

Akhirnya saya meminta mekanik untuk membongkar dan memperbaikinya, karena saya sendiri kurang paham. Maklum, posisi comb steer Vario tidak nampak seperti comb steer Pulsar atau Tiger yang terlihat dan mudah penyetelan.

getok kanan atau kiri? Sesuaikan kekencangan yang pas

Ternyata untuk menyetel comb steer Honda Vario, harus membongkar semua body bagian depan hingga, sayap dan dek. Setelah itu baru setel kekencangan combb steer. Tentu cek, apakah bola gotri dan mangkokannya masih layak untuk sekedar penyetelan. Kalo sudah tidak layak, maka harus ganti.

Alhamdulillah, Vario saya masih bisa disetel. Untuk menyetel comb steer vario, sama dengan comb sterr sepeda motor pada umumnya. Cukup mudah tapi perlu ketrampilan. Jika Comb steer terlalu kencang berakibat setang susah belok. Bila comb steer terlalu kendor berakibat setang terlalu mudah belok dan cenderung oblak, seperti shock bocor kehabisan oli.

Oh iya, saya juga sekalian mengecek kelayakan vanbelt karena kadang ada bebunyian di area cvt. Bongkar bak CVT, ternyata pemakaian selama 3 bulan, dengan jarak tempuh sekira 180km sehari, vanbelt mulai retak. Karena saya belum menyiapkan part pengganti, jadi hanya saya bersihkan saja. Semoga masih awet.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Cara Perbaikan Comb Steer (setang) Vario Oblak

  1. Kasamago berkata:

    180km sehari? ngrememeh awake..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s