Kerusakan Antara Gear Set dan Bearing Nap Gear dan Cara Bongkar Bearing yang Mbrodol


Gir set pulsarGanti gir set sepeda motor, rantai dan gir depan belakang, merupakan rutinitas yang harus dilakukan jika gir set memang waktunya ganti. Gejala umum yang timbul adalah

  • Rantai memanjang, setel atau setting ulang rantai dengan mengendorkan mur as roda belakang lalu mengencangkan 2 mur pada setelan di belakang arm kanan kiri.
  • Bunyi kasar yang tidak umum, bisa jadi karena sambungan antar mata rantai mulai aus, kurang pelumasan, lebih baik gunakan chain lube, atau beberapa rekan menyarankan oil merk singer, oli pelumas mesin jahit, karena harga chain lube makin mahal.
  • Bunyi terlalu kasar bisa jadi karena selongsong antar mata rantai ada yang rusak, pecah dan sebagainaya, kalo gir dirasa masih layak, cukup ganti rantainya saja.
Nachi 6202
Nachi 6202

Nah beberapa gejala di atas berlaku umum, tapi gejala yang mirip, seperti suara kasar, klotak-klotak, ternyata tidak selalu bermasalah pada gir set. Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu. Permasalahan ternyata, Nap Gear yang oblak. Kenapa nap gear oblak? Setelah bongkar dan cek, ternyata karena bearing Nap Gear sudah oblak, pelor (bola/ball bearing/gotri) ada yang pecah barangkali. Lagi0lagi ini minim dokumentasi, karena sudah hampir setahun, kasus pada 08 Mei 2014 (hampir setahun)

Bongkar dan ganti yang baru, pasang, beres. Permasalahannya, bagaimana membongkar bearing yang sudah ambrol boss tengahnya dan pelor berceceran? Kalo masih utuh, tinggal getok dengan tumpuan besi bulet.

Contoh ball bearing yang mbrodol, Dan harus akal-akalan buat mbongkarnya
Contoh ball bearing yang mbrodol, Dan harus akal-akalan buat mbongkarnya

Solusinya, pasang boss tengah dari bearing tersebut, tahan dengan jari tepat di tengah bearing yang masih nempel di bossing nap gear (kalo di velg juga berlaku sama) masukan 4 sampai 6 ball bearing seperti bearing utuh. Arahkan di sekeliling bossing bearing agar seimbang, secukupnya saja, karena kalo memasang semua ball bearing tidak akan bisa.

Ball bearing ini hanya sebagai pegangan boss bearing agar tidak jatuh, bahkan kuat. Selanjutnya arahkan besi bulat ke boss bearing sebagai tumpuan dan getok sebagaimana melepas bearing utuh. Saya tidak sempat memvideokan, bahkan memotret juga tidak. 😀 . Mudah-mudahan bahasa saya bisa dimengerti.(tri)

39 respons untuk ‘Kerusakan Antara Gear Set dan Bearing Nap Gear dan Cara Bongkar Bearing yang Mbrodol

  1. Bagian dekat gigi depan motor saya patah tepat.a lobang baut.a apkah bisa di las smentara bukan besi tapi aluminium..LOBANG BAUT BUAT GANTUNGAN TUTUP GIGI DEPAN

    Suka

  2. Bagian dekat gigi depan motor saya patah tepat.a lobang baut.a apkah bisa di las smentara bukan besi tapi aluminium..LOBANG BAUT BUAT GANTUNGAN TUTUP GIGI DEPAN motor satria fu

    Suka

  3. Permisi gan mw nanya permasalahan vixion ane, awal mula nya rantai ane terlalu kendur tpi ga sempet ngencangin alhasil ketika jalan rantai keluar dri gear belakang, lalu ane minta potong rantai ke bengkel abal”, setelah dipotong ko ban ny klo diputar seret susah gan. Nah beberapa hari kemudian munculah bunyi” krek tak tak tak, setelah diperiksa ternyata kelaharny pecah terus boss gearny ilang, kayanya hilang waktu ane potong rantai gan,

    Suka

  4. Nah alhasil saya pasang kelahar baru tpi tanpa boss gear gan(ga punya spare bengkelny) nah beberapa hari kemudian kembali lgi gan rantai keluar dri gear, lalu saya ganti dengan gear dan rantai baru, nah ga beberapa lama kelahar ny pecah lgi gan, lalu saya ganti dan alhamdulillah ada boss gearny, nah tpi yg saya bingung bunyi kletek tak tak kaya bunyi besi digesek masih ada, apa solusi ny kira” gan?
    Maaf kepanjangan

    Suka

    1. coba cek setting as roda di swing arm, apakah sudah sama kanan dan kirinya.
      Coba cek juga setelan rantai, kadang ada bengkel yang ga paham setelan rantai V-Ixion mas, takutnya salah setel.
      Cek juga bossing gear, takutnya ada yg gompal, sehingga ikut kegeser saat roda berputar
      Yang terakhir saya lebih curigapada bearing/klaher, ganti klaher/bearing dengan yang bagus, bisa jadi ball bearing (gotri) ada yang pecah, meskipun baru, coba merk Nachi atau SKF atau merk lain yg lebih bagus.
      Maaf jika kurang tepat

      Suka

    1. Kalo lahernya aja si murah, Nachi kisaran 50 – 75 rb, bongkar pasangnya yg agak mahal, mungkin 50 rban, ya anggaplah depan belakang , habis 350rb, dng harga klaher satuan 50rb. Persisnya kurang tahu, krn tiap bengkel beda harga, kalo dikerjai sendiri lebih murah dan jd tahu

      Suka

  5. Misi gan numpang nanya nih,rantai vixion saya bunyi kresek kresek gitu tapi sudah saya kasih chain lube dan sudah di stel rantai juga akan tetapi setiap jalan masih bunyi kresek kresek juga,minta penjelasannya yaa gan,trimaksih

    Suka

    1. Coba cuci pakai sabun, sikat bersih, lalu steam. Setelahnya keinginan dan kasih chain lube, kalo masih bunyi, kemungkinan memang tipe rantau yg bunyi, yaitu rantai tanpa seal o Ring karet, shg gesekan antar mata rantai kasar, berbeda dng rantai dengan seal o Ring tiap as mata rantai.

      Suka

  6. om mau tanya nih.. gir 4 saya loss gak bisa dimasukkan gir 4 mentok gir 3 aja.. kalter samping bunyi gemericik itu harus ganti apanya yaa ? *motor Astrea Grand

    Suka

  7. gan mau nanya, motor saya kalo lagi jalan suka terdengar bunyi kletek kletek, sepertinya sih berasal dari gear depan. itu penyebab nya apa ya ?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s