MotoGP 2018, Semangat Baru dari Asia


Rider MotoGP 2018 asal Asia

Setelah sekian lama tidak bahas balap dunia, termasuk balap asia ARRC yang entah mengapa kurang menarik (waktu juga yang tidak mencukupi), saya coba menulis MotoGP 2018. Mengapa saya tertarik dengan motogp 2018? Karena ada rokie atau pebalap baru di kelas premiere atau kelas utama yang berasal dari Asia, bahkan Asean. Maklum, sebelumnya pebalap grand prix, kelas utama didominasi, bahkan hanya diisi oleh pebalap bule saja. Saya kurang keberpihakan, makanya cukup malas untuk menonton.

Takaaki Nakagami

Akhir 2017 atau pasca ajang balap serie 2017 selesai, LCR Honda menarik Takaki Nakagami #30 ke kelas utama, motoGP, dimana sebelumnya, pebalap Jepang tersebut merupakan pebalap kelas moto2 dari tim Idemitsu Honda Asia. Prestasi Takaaki Nakagami di kelas moto2 GP cukup baik, beberapa kali podium dan hampir selalu berada di group utama, bersama Morbidelli, Alex Marquez, Thomas Luthi, Oliveira, Passini, Bagnaia dan lainnya. Musim balap 2017 akan menjadi tahun terakhirnya di Moto2. Selama musim 2017, dia sudah tiga kali finish di podium. Nakagami tercatat menempati posisi ke-3 di Qatar, Amerika, dan Belanda. Kini Nakagami akan menjadi generasi terbaru pebalap Jepang di ajang MotoGP setelah Hiroshi Aoyama pensiun di akhir musim 2014.  Jadi tidak salah jika saya berharap Nakagami sebagai penerus Norifumi Abe. Nakagami menjadi wakil Jepang, setelah abstein dari era Hiroshi Aoyama yang pensiun di 2014.

Hafizh Syahrin

Selanjutnya di awal 2018, Teach 3 membuat kejutan dengan menggandeng pebalap asal negeri Jiran, Malaysia, Hafizh Syahrin #55 menjadi pendamping Johan Zarco menggantikan Jonas Folger yang mengundurkan diri karena cedera. Hafizh di 2017 merupakan pebalap moto2 dari tim Petronas Racline Malaysia. Jadi, Asia punya 2 wakil di kelas premier grand prix. Syahrin juga merupakan pebalap pertama asal Malaysia yang memiliki debut di kelas utama motoGP.

Beberapa kali saya menulis tentang aksi balap Syahrin (cek di prestasi Hafizh Syahrin di 2017). Bermula kemenangannya saat menjadi wildcard di moto2 CEV Albacete Spanyol 2017. Syahrin melakukan sujud syukur di lintasan setelah finish pertama. Saat di podium, Syahrin ternyata enggan melakukan aksi selebrasi semprot sampanye, memilih kabur menghindar dari semprotan. (Syahrin kabur dari podium Moto2 CEV). Bahkan di podium 1 tidak disediakan botol sampanye.

Sementara aksi balap Syahrin di Moto2 GP juga cukup berprestasi, tercatat 2 kali podium di Missano dan Twin Ring Motegi dan selalu saat lintasan basah atau hujan. Memang Syahrin lebih hebat dalam mengendalikan sepeda motor dibanding pebalap lain justeru di lintasan basah atau cuaca hujan. Dari hal tersebut pula, namanya yang Hafizh diplesetkan menjadi fish atau ikan yang dalam bahasa Spanyol menjadi Pescao. Jadilah Elpescao menjadi julukan kebesarannya.

MotoGP Qatar 2018

Ini adalah serie pertama di 2018. Pada latihan bebas pertama atau free practice 1, Hafizh Syahrin #55 meraih posisi 15 sedangkan Takaaki Nakagami menduduki posisi 19. Memang bukan sebuah hal yang istimewa. Tapi dari total 5 rokie yang turun di latihan bebas hari ini, kedua wakil asia unggul. Karena Morbidelli yang merupakan juara dunia kelas moto2 tahun 2017, hanya meraih posisi 21, di belakang rekan satu timnya sesama rokie, Thomas Luthi yang merupakan runner up moto2 2017. Keduanya bernaung pada tim Marc VDS. Sementara Xavier Simeon menempati urutan 23. Jadi, prestasi kedua wakil Asia cukup membagakan bagi saya. Mudah-mudah saat race pada Ahad nanti bisa meraih posisi terbaik.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Moto GP dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s