Mengatasi Lupa Kunci Pola Pada Xiaomi Redmi 4A


Lupa kunci pola xia0mi redmi 4a. Udah dicoba berulang tetap salah, sampai muncul notifikasi utk mencobanya lagi sekian menit lagi.

Harga Terkini Xiami redmi 4A masih kisaran 1,4 jt, sebelah kanan gambar xiaomi yg lupa konci pola

Kunci pola kadang diperkukan guna mengamankan gadget dari jangkauan orang yang kurang dikenal, menjaga rahasia yang tersimpan di handphone dan mungkin juga karena pelit.

Mengatasi ponsel yang lupa kunci pola, kiat paling jitu yang pernah saya alami adalah dengan wiping atau factory reset alias setel pabrikan. Saya pernah lakukan pada Blackberry Torch 9800 dan Samsung Wonder.
Factory reset atau kembali ke setingan pabrik pada ponsel secara umum cukup mudah, kalo kondisi handphone dalam posisi terbuka, tudak terkunci. Tinggal masuk ke menu setelan. Di situ ada menu setelan pabrik. Kalo dalam Android Xiaomi bisa lewat setelan pembaruan system.

Mi Pc suite ini ga ngedeteksi ponsel saya

Nah, bagaiman kalo kondisi ponsel dalam keadaan terkonci pola dan lupa? Pada umumnya, Pada kondisi ponsel off power dan bateray di atas 50%, pencet tombol power ON dan volum UP, bersamaan, sampai muncul logo ponsel, lalu lepas kedua tombol tersebut. Selanjutnya akan muncul menu wipe dan sebagainya, tinggal cari pilihan menu pakai tombol volume up/down dan pilih dengan tombol power.

pencet tombol power dan volume up, muncul menu orange dengan tulisan China

Tapi pada Xiaomi redmi 4A yang lupa konci pola pada kasus yang saya hadapi, menu yang muncul setelah tombol power dan vol up ditekan adalah berupa tulisan Cina dan tidak ada pilihan menu wipe. Seperti gambar di atas. Setelah saya iseng klik pada lingkaran merah, menu berubah bahsa inggris. Dan memang tidak ada pilihan wipe. Mungkin karena HP tersebut garansi toko bukan garansi resmi seperti TAM. Adanya download, recofery dan sebagainya. Saya coba recofery dan konek ke pc menggunakan Mi pc suite seperti gambar di bawah, tapi ponsel mi 4a saya tidak terdeteksi.

pakai mi pc suite global gagal konek

Setelah googling sana sini sampai mumet akhirnya ketemu postingan magelangflasher.com di Youtube, lengkap dengan link mi pc suite Cina. Capture gambar pada artikel ini juga merupakan dari postingan Magelangflasher. Sebenarnya saya mendokumentasikan ponsel saya pakai HP kawan, sayang, HP kawan saya tersebut diacak-acak anak dan memorynya hilang, sehingga untuk melengkapi, terpasa saya capture dari Youtube.

Lanjut, akhirnya saya mendownload Mi Pc Suite Cina dari link Magelangflasher. Dan mengikuti langkah mengatasi lupa konci pola pada xiaomi seperti yang saya pahami sebelumnya. Yaitu mulai dari

  1. Siapkan HP, PC/Laptop dan kabel data original
  2. Install Mi PC suite China

    Mulai dari menu recofery

  3. pencet tombol power dan volume up pada kondisi HP mati, muncul menu Orange berbahasa Cina, jika ingin merubah ke bahasa inggris, klik menu di bawah lingkaran merah.
  4. klik menu recofery seperti di lingkaran merah
  5. tunggu instruksi untuk konek kabel data ke pc
  6. konek dan tunggu sampai terdeteksi
  7. Setelah ponsel terdeteksi Mi Pc suite, muncul menu pilihan seperti gambar di atas
  8. klik menu kedua dari bawah, konfirmasi dengan klik tulisan warna merah, lihat ponsel mendeteksi, ini adalah proses reset
  9. terakhir klik menu paling bawah, tunggu ponsel reboot, agak lama
  10. selesai.

Demikian solusi memperbaiki ponsel Xiaomi redmi 4A yang lupa konci pola dan tidak memiliki menu wipe. Berikut link Youtube Magelang Flasher

First posted from #MiNotNot

 

 

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di gadget dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Mengatasi Lupa Kunci Pola Pada Xiaomi Redmi 4A

  1. ardiantoyugo berkata:

    wes pikun kok dipassword barang… wkwkwk… 😆

  2. Kasamago berkata:

    Nice share kang.. berguna bgt kie
    btw langka Mi Pc Suite versi Indo y..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s