Belajar Mengenal Air Conditioner (AC)


Mungkin terlalu telat membahas Air Conditioning atau AC saat ini, tapi karena hal ini termasuk hal yang saya geluti (kondektur eh kenek service AC), tidak ada salahnya saya sedikit sok tahu tentang penyejuk udara ini. Air Conditioner disingkat AC, Adalah alat untuk mengendalikan suhu ruangan atau udara suatu tempat, jadi tidak harus sejuk, bisa juga penghangat udara. Tapi sat ini kalo bicara AC, pasti yang dimaksud adalah pendingin suhu ruangan.
image

Agar bahasa saya tidak ngawur, saya copas saja dari Wikipedia Indonesia berikut:
——————————————–
Penyejuk udara , pendingin ruangan , pengkondisi udara, penyaman udara , erkon, atau AC (bahasa inggris): air conditioner ) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).
Umumnya menggunakan siklus refrigerasi tapi kadang-kadang menggunakan penguapan , biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor.

Konsep pendingin udara diketahui telah diterapkan di Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan. Pendingin modern muncul dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad 19, dan pendingin udara skala besar listrik pertama ditemukan dan digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier .

Perkembangan AC
Romawi kuno
Pada masa itu air disalurkan melalui terowongan air dan diedarkan di dinding rumah-rumah tertentu untuk mendinginkan rumah mereka.

Persia abad pertengahan
Teknik yang dipakai di persia pada masa itu serupa dengan teknik Romawi kuno, mereka melibatkan penggunaaan dari tangki air dan menara angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas.

Abad 19 – Sekarang
Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan elektronik mulai membuat AC dengan teknologi yang dapat membunuh virus dan bakteri juga menghemat biaya listrik .

Plasmacluster dan Inverter
Merupakan teknologi yang saat ini digunakan oleh produsen AC. Plasmacluster dirancang dapat membunuh virus dan bakteri di dalam ruangan, sementara inverter dikatakan dapat menghemat energi lebih dari 10%.
———————————–
Nah saat ini mesin AC umumnya memakai sistem siklus refrigerasi. Siklus, zat apa yang di siklus atau diputar? Tentu pembaca tau freon . Apa freon itu? Tinggal klik Google search juga ketemu, tapi sambil ditulis sekalian belajar tak ada salahnya kan? Oks lain kai dilanjut.(tri)

——————
posted from wonder

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di acessories rumah tangga dan tag , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Belajar Mengenal Air Conditioner (AC)

  1. macantua.com berkata:

    Nyimak

    Range Rover Hancur Ulah Aremania – http://wp.me/p2XD22-2CA

  2. dimensiontripper berkata:

    pengalaman mampir ke Semarang pake mobil tanpa ac terus nginep dikamar tanpa ac = air 1galon habis diminum sendiri

  3. Ping balik: Mengenal Freon Pada Pendingin/Penyejuk Udara | Triyanto Banyumasan Blog's

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s