Mengenal Freon Pada Pendingin/Penyejuk Udara


Freon R11 dan freon R134Melanjutkan Belajar AC, sekarang tentang zat yang diputar atau siklus dalam mesin penyejuk udara. Masih dari Wikipedia Freon adalah salah satu dari beberapa senyawa alifatik sederhana yang digunakan dalam perdagangan dan industri. Freon mengandung senyawa hidrogen, klorin, atau bromin. Nama Freon adalah sebuah merek dagang yang terdaftar oleh E.I du Pont de Nemours & Company.

Freon tidak memiliki warna, tidak berbau, tidak mudah terbakar, gas atau cairan yang tidak mudah hancur yang diperkenalkan pada lemari es atau kulkas pada tahun 1930. Freon juga bisa digunakan sebagai propelan untuk aerosol. Freon memiliki titik didih, tegangan, dan viskositas yang rendah sehingga sangat berguna sebagai bahan pendingin. Termasuk kedalam Freon adalah chlorodifluoromethane (Freon 12), trichlorofluoromethane (Freon 11), chlorodifluoromethane (Freon 22), dichlorotetrafluoroethane (Freon 114), dan trichlorotrifluoroethane (Freon 113)

ice cube tua, pakai R22

ice cube tua, pakai R22

Pada akhir tahun 1800 hingga 1929, Lemari es atau kulkas menggunakan gas beracun seperti amonia (NH3), metil klorida (CH3CI), dan sulfur dioksida (SO2) sebagai bahan pendingin. Beberapa kecelakaan terjadi pada tahun 1920 karena kebocoran metil klorida. Hal ini yang melatarbelakangi tiga perusahaan Amerika yaitu Frigidaire, General Motors dan DuPont untuk mencari metode lain yang lebih aman agar bisa digunakan sebagai bahan pendingin pada lemari es.

Pada tahun 1928, Thomas Midgley, Jr dibantu oleh Charles Franklin Kettering menciptakan sebuah senyawa yang disebut freon. Freon mewakili beberapa chlorofluorocarbons (CFC) berbeda yang digunakan dalam perdagangan dan industri. CFC adalah sekelompok senyawa organik alifatik yang mengandung unsur-unsur karbon dan fluorin.

Lantas mengapa ada larangan penggunaan Freon? Bahkan Indonesia sebenarnya memiliki target di akhir 2013 bebas dari Freon R22. Karena zat yang terkandung mempengaruhi lapisan ozon di atmosfer bumi. Gobal warming mengancam. Maka munculah teknologi converter dan plasmacluster. Meski demikian, sebagian besar mesin pendingin di negeri ini, seperti kulkas dan AC masih menganut freon R22. Ditargetkan tahun 2020, R22 benar-benar dilarang. Apakah mungkin?(tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di acessories rumah tangga dan tag , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Mengenal Freon Pada Pendingin/Penyejuk Udara

  1. macantua.com berkata:

    Nyimak.mbah

    Balada sonic 150 r :
    Motor Sih Keren, Helmnya Engga Banget Deh :p – http://wp.me/p2XD22-2CG

  2. agoey berkata:

    Kalau produsen ac atau kulkas tidak makai lagi dan predaran freon dilarang ya bisa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s