Pintu ‘Njeblag’ KA Gaya Baru Malam Selatan


Gaya Baru Malam SelatanPerjalanan sendiri, menggunakan bus, saya kerap lakukan menumpang bus kelas ekonomi. Tapi naik kereta Api jarak jauh, mungkin baru ini saya lakukan, bersama keluarga pula. Tepatnya sepulang mudik awal Ramadan ini. Gaya Baru Malam Selatan, Kereta Api jarak jauh kelas ekonomi ini cukup mangkus mengakomodir mobilitas warga Surabaya – Jakarta. Dalam sekali jalan, kereta ini ditarik menggunakan lokomotif CC 201 atau CC 203 dan membawa delapan K3AC (gerbong ekonomi AC), satu KMP3 (kereta makan dan pembangkit kelas tiga), dan satu gerbong barang. Lengkapnya klik Kereta api Gaya Baru Malam Selatan – Wikipedia bahasa

Cukup kontras dengan kereta mudik, dimana saya menumpang KA Sawunggalih Utama dari Pasar Senen. Kelas bisnis. Dari kursi yang senderannya bisa digeser sesuai arah kita menghadap. Seat 2-2, sedang kelas ekonomi seat 2-3 dengan sandaran kursi paten saling berhadapan. AC yang kurang dingin kemungkinan karena jumlah penumpang di Gaya Baru Malam lebih banyak, hampir penuh. Dari fisik AC, juga nampak lebih kecil dan kusam dibanding yang terpasang di Sawunggalih.

Pintu kereta ngubuka, meski selot pengunci sudah terpasang

Pintu kereta terbuka saat laju, meski selot pengunci sudah terpasang

Apa hubungannya kereta ekonomi AC ini dengan pintu njeblagh? Njeblagh adalah penyebutan dalam logat/dialek Banyumas pada sesuatu barang pipih yang terbuka dengan terpaksa atau tidak sengaja. Salah satunya pintu kereta Gaya Baru Malam selatan  seperti gambar di atas.

Saya temui saat menggendong si bontot yang rewel dan minta jalan mulu. Melintas ujung gerbong, jelang bordes terdengar suara berisik yang cukup keras, ternyata pintu kereta membuka sendiri meski kunci selot sudah dinaikin. Padahal kereta sedang laju normal, apakah ada perbaikan di atas gerbong dan ada petugas yang keluar gerbong? Berpikir sejenak. Saya liat slot pengunci masih dalam kondisi keluar (mengunci). Kemungkinan karena getaran gerbong mengakibatkan selot kendor dan longgar. Saya tutup dan pastikan slot  mengunci, nampak ujung slot terlalu pendek untuk manahan pintu pelat yang cukup berat itu.

Semoga segera diperbaiki, bahaya jika ada penumpang yang mau ke toilet, terpeleset dan mental keluar gerbong padahal kereta sedang laju.(tri)

 

 

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di transportasi publik dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Pintu ‘Njeblag’ KA Gaya Baru Malam Selatan

  1. kalimalang rider berkata:

    kereta nostalgia selain progo, duit gari 20ewu tp iso tekan lempuyangan, kangen salam tempel karo pak kondektur :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s