Panjat Pinang


image

Perayaan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia identik dengan upacara bendera dan aneka perlombaan, seperti panjat pinang, sepeda hias, dandan ala tokoh pahlawan dan lainya.

image

Dari aneka lomba tersebut, panjat pinang merupakan lomba paling tenar. Seolah menjadi ikon HUT RI. Lomba sekaligus tontonan jenaka bagi orang yang tidak turut serta. Lomba ini diikuti oleh peserta bergrup, kerjasama yang apik menjadi kunci kemenangan.
image

Tidak perduli kepala diinjak oleh kawan satu grup, asal tujuan tercapai. Pohon pinang yang licin jarang bisa dipanjat sekali rampung. Berulang, sampai pelicin berkurang dan memungkinkan untuk didaki hingga ke puncak, tempat bergelantungan hadiah yang melambai-lambai memanggil untuk dijemput turun.

image

Lomba ini juga dibatasi waktu, jadi grup pemanjat pertama biasanya kebagian bersih-bersih pohon pinang dari pelicin. Grup berikutnya belum tentu sanggup mencapai pincak, biasanya masih cukup licin. Inilah uniknya permainan ini. Meski sudah membersihkan pelicin, tapi karena dibatasi waktu, bisa jadi grup lainlah yang mencapai puncak dan meraih hadiah.
image

Sebuah gambaran hidup yang nyata, kerjasama tim seyogyanya dilakukan harmonis demi hasil terbaik bagi kemaslahatan bersama. Apapun yang diraih, itulah hasil kerja keras yang dilakukan. Hal lain, hasil suatu usaha tidak selalu sebanding dengan kerja keras dan perjuangan. Terkadang justeru orang lain yang mendapat keuntungan dari pekerjaan kita. Contoh sederhana, seorang produsen belum tentu lebih untung dari penjualnya. Misal produksi baju, agen dan penjual eceran hanya membeli setengah dari total produksi. Setengah produksi lagi benar-benar tidak terjual. Merugilah produsen baju ini. Sedangkan agen dan penjual eceran sanggup menjual hampir keseluruhan dagangannya. Untung sudah diraup meski masih sisa. Mungkin mode baju yang sedang dicari konsumen sudah berubah.
image

Demikian juga dalam pekerjaan sehari-hari, jangan terlalu menggantungkan harapan pada kerja keras kita. Karena kekecewaan akan mengiringi jika hasil meleset dari perkiraan. Lakukan kerja keras, selebihnya tawakal kepada Allah swt. Dan jangan iri apalagi dendam jika ternyata orang lain yang justeru mendapatkan hasil lebih baik, meski kinerjanya di bawah kita. Anggap saja kita adalah tim panjat pinang pertama, harus rela membersihkan pelicin yang melekat di pohon tanpa berhasil menggapai hadiah. Apakah pembaca pernah memanjat pohon pinang?(tri)

**************
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita, sosial dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Panjat Pinang

  1. Bjl berkata:

    ngeri jeh.. onok ayat e barang…

    *salim ustat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s