Pengangguran & Pengusaha


image

Pengangguran adalah sebutan bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali, kadang juga disematkan bagi yang tidak memiliki pekerjaan tetap.
Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) angka pengangguran hingga saat ini sebesar 7,39 juta orang dari total angkatan bekerja 118,19 juta orang. Sedangkan orang yang bekerja mencapai 110,80 juta orang.

Kepala BPS Suryamin menjelaskan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Agustus 2013 mencapai 6,25 persen. Angka tersebut mengalami peningkatan dibanding TPT Februari 2013 sebesar 5,92 persen dan dibandingkan TPT Agustus 2012 meningkat 6,14 persen. (tribunnews.com)

image

Pengusaha, sebutan ini identik dengan wiraswasta berskala menengah ke atas, padahal pedagang kaki lima juga termasuk pengusaha, tapi mereka lebih sering disebut ‘pedagang’ semata.
Kemarin lusa saya dan 2 orang kawan senior (purnabakti dan kontraktor taman) ngobrol dengan seorang pemilik restoran sederhana. Menu yang ditawarkan kepada pelanggan merupakan murni ide dia sendiri. Dari resep racikan bumbu dan kreatifitas pencampuran aneka makanan. 
Ia tidak langsung besar, bapak ini pernah jadi tukang pungut bola golf. Sekarang ia termasuk ikut program pengentasan pengangguran tanpa perlu berkoar.
Tapi apa dia bilang,” pemerintah itu bohong kalo angka pengangguran tuh banyak, sekian dan sekian, bohong itu!”
“Maksudnya?” tanya saya.
Dia jawab, “Saya tuh kerepotan cari pekerja di kampung untuk membantu di restoran ini, susah banget” terangnya. Hal tersebut diiyakan keadaan selanjutnya, dimana isterinya ikut mengantar makanan kepada pelanggan.
Teman makan saat itu, yang merupakan purnabakti dan membuka usaha air minum isi ulang juga mengalami hal sama, dia kerepotan mencari karyawan untuk mengantar air minum ke langganannya yang saat ini mencapai 300 orang. Beberapa kali berganti orang, dan sekarang bapak ini mengantar sendiri karena karyawannya keluar mencari peluang kerja baru.
Lantas mengapa angka pengangguran pada Agustus 2013 menurut data Badan Pusat Statistik mencapai 7,39juta orang? Apakah pengangguran ini adalah termasuk pedagang kaki lima, seperti abang penjual gorengan keliling?
Tentu hal salah jika pengusaha skala mini itu disebut pengangguran. Mereka lebih merdeka dari saya yang katanya karyawan tetap. Mereka adalah cikal bakal pengentas pengangguran di Indonesia. Kelak saat dagangannya mulai laris, dia akan mengajak saudara atau temannya untuk membantu berdagang. Bahkan mungkin akan dimerdekakan dengan berjualan sendiri dan seterusnya. istilah bani Jawi ‘Getok tular’. Apakah pembaca pernah jadi pengangguran atau bahkan seorang pengusaha?(tri)

**************
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita, sosial dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Pengangguran & Pengusaha

  1. agoey berkata:

    Kata pengusaha cari karyawan susah… Tapi kata pencari kerja..nyari kerjaan susah… Lha piye kui..?

  2. fajardinihari88 berkata:

    kerja apa saja atau usaha apa saja sama-sama baik, lakukan sebisa mungkin, yang penting berkah

  3. arkham berkata:

    wah bener mas, baru kepikiran. Mungkin standardnya sudah berubah ya.

  4. adityaprad berkata:

    Kadang pengusaha nyari yg pndidikan tinggi lik pdahal di desa2 mayoritas smp bhkan sd
    *nyata nang desaku

  5. Bjl berkata:

    wah jancuk jamin tumben cerdas ki
    aku ae gak ruh jawabane

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s