Praduga


“Jam segini belum dateng, nggak masuk ni bocah kayaknya” kata kawanku di pagi awal jam kerja. “Nabrak bajey kali” seloroh yang lain. “Kemarin gw liat kerikan dia, sakit masuk angin kali” tambah kawan pertama.
Praduga atau prasangka kadang identik dengan hal negatif. Tindakan seseorang juga kadang menimbulkan praduga. Si fulan yang sering berulah buruk akan dianggap tingkah baiknya sebagai hal buruk yang ditutupi. Sebaiknya tabayyun, benar tidaknya suatu hal yang samar.

image
Aisya

Dari gambar di atas bisa muncul praduga, lagi ngapain nih bocah? Mau menangkap atau mau nyebur ke air?

image
Si kembar berdansa

Gambar selanjutnya juga menimbulkan prasangka. Apakah keduanya sedang menari di air? Tidak, kedua anak saya ini sedang bercanda. Si cowo berusaha menjatuhkan kembarannya yang cewe ke dalam air, tapi selalu gagal justeru dia sendiri yang kerap jatuh karena kehilangan keseimbangan.

image
Ayat larangan berprasngka buruk

Sayang di negeri ini praduga kadang salah kaprah, misal berita penembakan mati 6 terduga teroris yang cukup menghebohkan baru-baru ini, banyak yang menyayangkan tindakan Drnsus88 tersebut. Alasan penembakan karena mereka melawan, tapi anehnya kenapa bisa semuanya dibunuh, apa tidak ada jalan lain. Andai ada yang tertangkap hidup kan bisa dikorek keterangan dan kebenaran jaringan teroris tersebut.
Banyak juga yang membandingkan dengan terduga korupsi, mengapa mereka tidak diperlakukan sama, dutembak mati. Toh sama-sama terduga. Bahkan terduga maling ayam ada yang digebukin massa sampai sekarat. Tanpa perlu membuang waktu dan biaya pengadilan. Apakah terduga teroris ditembak mati untuk menghindari biaya pengadilan dan penjara? Entahlah. Semoga penyelenggara negara ini lebih rajin tabayyun cepat dan tepat.
Praduga apa yang saat ini ada di pikiran pembaca?(tri)

————————————–
Posted from WordPress for Android P6200 retak

12 respons untuk ‘Praduga

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s