Sulap Bukan Sihir


“Bukan sulap bukan sihirr…! Simsalabim… Abrakadabra…!”
Itulah kata-kata tukang sulap saat saya masih SD, trik-trik sulap sederhana diperagakan oleh sang mentalis. Dulu saya tidak kenal dan bahkan tidak pernah dengar kata “mentalist”, tahunya hanya “tukang sulap”. Kata mentalist melekat pada tukang sulap baru saya pahami era milenium. Walau trik sederhana semisal makan jarum dan jarumnya dikeluarkan kembali dengan diuntai benang dari dalam mulut, karena saya tidak tahu triknya dan masih duduk di bangku sekolah dasar, nalar saya tidak mampu mencerna secara logika. Saya anggap itu luar biasa. Sakti ni orang, pikir saya.

image

Twitt @ndorokakung

Era milenium, dengan makin berkembangnya dunia hiburan, entertainerpun makin berkembang dalam meramu tontonan, termasuk trik sulap.Ya.. trik, karena sulap takan bisa dilakukan tanpa trik. Sehingga kesuksesan sulap oleh seorang mentalist kadang perlu bantuan orang lain, bahkan beberapa orang. Jika satu unsur dari trik tidak berjalan sesuai rencana, maka bukan decak kagum pemirsa, tapi cercaan yang di dapat.

The Next Mentalist, sebuah acara adu kemampuan trik sulap yang tayang di salah satu stasiun televisi nasional, adalah contoh ramuan tontonan yang sepertinya cukup menyerap pemirsa. Kok sepertinya kang ? Ya, karena saya juga belum pernah nonton, kecuali lewat link youtub di atas. Itupun tanpa sengaja, saat sedang selancar melototin kicauan para pengkicau di twitter, nemu gambar menarik di twittnya @ndorokakung,  ternyata twitt gambar tersebut ada keterangan “lanjutan twitt sebelumnya”, makin penasaran saya, ada link situs di situ, saat saya klik loncat ke kaskus. Wow… Last posted tapi yang komentar sudah banyak sekali.
Terdapat link video youtube di atas, saat di klik ternyata menampilkan “kegagalan” (bisa di sebut begitu) trik sulap mentalist kondang Dedi Coruzier, saat ingin menampilkan trik menembus baja. Ketidak fahaman atau salah hitung waktu, asisten membuka tirai belum waktunya, ketahuan triknya deh, tangan dan kepala Dedi nongol dari pinggir plat baja. Silahkan tonton dan cerna sendiri.
Bagi saya itu hal wajar, namanya juga trik sulap, palsu dan gelap. Gagal ya suatu resiko, toh saya masih mau nonton film action, macam Spiderman, padahal jelas bohongnya, bahkan dalam film kadang ditampilkan behind the scene yang menampilkan proses pembuatan film tersebut. Bedanya, kalo sulap sebisa mungkin trik tidak ketahuan penonton, sedang film, trik justeru dipamerkan sebagai ajang promosi.
Karena sulap bukan sihir, wajar jika sesekali mengalami kegagalan. Bahkan sihir yang melibatkan mahluk halus macam jin saja bisa gagal, seperti kisah Nabi Musa as dan tukang sihir Fir’aun dalam Alquran surat Yunus, thoha, asyu’ara dan surat lainnya

image

Surat Yunus:79-83

image

Surat Thoha

Dikisahkan bahwa tukang sihir fir’aun merubah tali menjadi ular-ular kecil, dan Allah swt menjadikan tongkat Nabi Musa as ular besar yang memakan ular-ular palsu tersebut. Sihir jin digagalkan oleh kuasa Allah swt. Allohuakbar
Apakah pembaca bisa trik sulap? (tri)

————————————–
Posted from WordPress for Android P6200 retak

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Al-Quran dan tag , , , . Tandai permalink.

15 Balasan ke Sulap Bukan Sihir

  1. mas huda berkata:

    Ha ha ha 😀 .., tapi tetep pede ya

  2. Maskur berkata:

    kena batunya
    eh bajanya

  3. ipanase berkata:

    segera save youtubenya,, biasanya bakal di gugat :v

  4. omocho.com berkata:

    bantu bantu ya..

    prok prok prok di sulap jadi apa hayo..

  5. Darmawan berkata:

    mampir komeng aahh 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s