Gadai Motor Lama, Kredit Baru


image

Sifat konsumtif memang manusiawi, saya sendiripun merasakan hal tersebut. Hanya saja sifat konsumtif tanpa kontrol yang baik akan berakibat buruk. Seperti kita tahu bermacam produk baru kebutuhan manusia tiap saat muncul dan dipasarkan di negeri ini, dari produk kebutuhan primer, sekunder sampai tersier.
Salah satu produk yang jadi kebutuhan pokok manusia saat ini khususnya di kota besar adalah transportasi, dan alternatif paling diminati adalah sepeda motor, terlepas dari kegagalan pemerintah menyediakan transportasi masal yang memadai, aman, nyaman dan terjangkau adalah sifat manusia sebagai pemakai yang karena sifat dasar konsumtif atau karena pengaruh pergaulan menjadikannya ingin selalu tampil dengan barang baru.

image

Yah sepeda motor selalu berlomba menggelontorkan produk baru untuk menggaet konsumen dan bukan saja konsumen baru konsumen lamapun ikut tergoda untuk mmiliki produk sepeda motor baru tersebut. Bahkan sebuah kejadian unik terlihat di lingkungan kerjaku, seorang  pegawai yang sudah memiliki sepeda motor dengan cara kredit menggadaikan motornya tersebut dan mengambil sepeda motor baru, padahal sepeda motor yang digadaikannya belum lunas angsuran, sedang sepeda motor yang baru diambilpun pembayarannya dengan sistim kredit. Ini berarti dia memiliki tanggung jawab dua angsuran sepeda motor, padahal yang dipakainya cuma satu.
Konsumtif, gaya hidup, dan pergaulan sangat berpengaruh pada sikap seseorang yang kurang mampu menekan/mengontrol keinginannya. Ada baiknya kita maping kebutuhan kita, mana baik buruk dan untung rugi dalam menentukan sikap dan pilihan. Mana yang penting dan mendesak dan mana yang bisa diabaikan, jangan sampai kebutuhan tersier dianggap primer.
Semoga kita terhindar dari sifat berlebih-lebihan. Amin. Wassalamu’alaikum.

33 respons untuk ‘Gadai Motor Lama, Kredit Baru

  1. yups bener banged mas bro,secara orang itu paling lama itu 2-3 tahun pasti udah agak bosen makai motor yang sama,dari pada motor yang lam tidak dipakai lagi,mending emang jual buat uang muka motor yang baru

    Suka

  2. Saya jg kyk gitu kq gan tp ga prlu ampe bela2in kredit mtor aplg ampe kredit 2x.

    Asal motor bisa jalan,ga mslh kalo bagus2 takut disikat ama maling.

    ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ◦°◦:D:D◦°◦

    Suka

  3. saya juga seneng motor cak,cuma dari dulu make satria hiu tetep g ganti,pdhal udah g diproduksi! bukan apa2,ngerasa lum ada yg ngalahin telak,dari segala aspeknya

    Suka

Tinggalkan komentar