Ada Apa Dengan Tangki Bocor ?


Cerita lama yang ternyata masih berlanjut sampai sekarang dan cukup menarik perhatian, yah… tangki motor sport produk global di Indonesia cukup tenar dengan penyakit satu ini, meski sampai saat ini masih cenderung mengarah ke produk Astra Honda Motor seperti Mega Pro dan Tiger 2000. Mengapa tangki motor Honda ini cenderung mudah karat dan bocor ? Sebagai mantan pemilik motor Honda dan Yamaha saya jadi tergelitik untuk menuliskannya.

Pertama yang ingin saya sampaikan adalah bahwa tangki motor apaun bisa berkarat dan bocor baik produk Honda maupun Yamaha, baik moped/bebek maupun sport/batangan. Saya melihatnya sendiri. Pertama dulu saya memiliki RX King keluaran tahun 1997, dan tangki yang diisi premium itu aman dari karat tak pernah bocor, hingga dijual. Tapi kawan saya memiliki RX King keluaran 2004 dan baru setahun karat dan bocor, kenapa ? baik lanjut dulu ke motorku Selanjutnya yaitu Mega Pro keluaran tahun 2002, si Silver yang bandel, di isinya juga premium, tangki tetep aman tidak karat apalagi bocor hingga dijual. Selanjutnya ganti Tiger Revo 2007, dari baru nih motor diisi pertamax plus, hingga harga bbm membubung dan akhirnya dicampur dengan premium, pernah kelelep sampai tangki saat Tanggul Pluit jebol, dan pemakaian setelah 3 tahun lebih, tangki tetap aman, tak ada karat maupun bocor hingga di jual.

Nah dari ketiga motorku tersebut tidak ada satupun yang karat dan bocor tapi mengapa bebrapa kawanku pemakai GL100, Tiger Revo juga Scorpio Z tangkinya bisa berkarat dan bocor ? Ya 2 orang temanku sesama pengguna Tiger Revo mengalami tangki bocor, juga 2 kawanku yang lain dimana yang satu pemakai Scorpio  lawas generasi 2002, dan satunya Scorpio Z 2005 ditahun ketiganya tangkinya bocor dan harus ganti tangki baru. Bagaimana dengan produk suzuki ? untuk produk anyar macam Thunder saya gak nemuin, tapi produk lawas yaitu GP 100 dan 125 saya pernah lihat tangkinya yang bocor, bahkan moped (saya lupa merknya) juga pernah saya lihat yang tangkinya bocor.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa semua tangki motor bisa berkarat dan bocor. Ada beberapa sebab yang mengakibatkan tangki bocor ini :

  1. Tutup tangki yang kurang baik, sehingga saat motor dicuci atau kehujanan, air merembes dan mengendap di bagian terdalam tangki yang jika kelamaan tidak dikuras, menimbulkan karat dan akhirnya bocor
  2. Kualitas BBM (terutama premium) yang jelek, dimana kadang BBM itu kotor atau tercampur air, kotoran ini akan mengendap …dan idem
  3. Seringnya tangki kosong atau jarang diisi penuh
  4. Kurangnya ketelitian Quantity Control pabrikan, sehingga ada barang yang mestinya tidak layak bisa lulus QC (human error). karena beda orang bisa beda penglihatan dan penilaian
  5. Jorok merawat motor, sehingga tidak teliti saat ada tanda karat

Nah dari hal diatas, maka dapat dihindari musibah tangki bocor dengan melakukan kiat-kiat sebagai berikut :

  1. Memeriksa seal karet pada tutup tangki, pastikan menutup dengan sempurna, agar air (baik saat mencuci maupun air hujan) tidak merembes ke dalam tangki.
  2. Belilah BBM di tempat yang terpercaya, hindari bensin eceran (kecuali terpaksa) dan Pom Bensin yang deket dengan sumber air (pinggir pantai atau kali) karena air bisa merembes ke bunker tempat penyimpenan BBM.
  3. Kuraslah tangki motor secara berkala, misal per 3 bulan, gunakanlah BBM non timbal saat pencucian dalam mpengurasan.
  4. Pemakaian Pertamax dan sejenisnya (bbm non timbal) lebih baik
  5. Jika motor didiamkan dalam waktu yang lama (misal mau ditinggal mudik), kosongkan tangki sekosong mungkin atau isi full (tapi jika isi full berbahaya, takut terjadi kebakaran)
  6. Kritik ATPM itu perlu agar QCnya (juga semua komponen terkait) memperbaiki kinerjanya.
  7. Rawatlah motor anda sebaik mungkin, karena barang itu dibeli dengan hasil keringat yang tidak murah (kecuali yang tinggal nyadong ke ortunya, kurang merasa memiliki tapi tidak semua lho)

Itulah sedikit kesimpulanku dan tips menghindari tangki bocor. Silahkan yang mau menambahkan. Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motomania dan tag , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Ada Apa Dengan Tangki Bocor ?

  1. #99 bro berkata:

    sip…

    TB = tengki bocor
    TB = TRIYANTO BANYUMASAN

  2. yahonsuwakanja berkata:

    kiat-kiat yg memanjakan konsumen ya…
    xixixixixi…

    ngabrettttt

  3. andhi_125 berkata:

    kalo meggy saia, kayaknya nomor 1 penyebab utama…lha, terlihat tuh ada flek-flek karat pada mulut tangki,berarti ada aliran air dari tutup-nya..
    ntar deh,saia publish poto-nya…

  4. tongsam berkata:

    lebih netral…. 😀

  5. kent berkata:

    trus untuk service tangki bocor tigy revo di depok dmana bos..??
    .saya mau ganti plat kolong tangki motor saya dan kira2 biaya nya brapa ya..???
    ….. mohon info nya ya om om…… trims….!!!

    info kan ke…. kent.ziro@yahoo.co.id

    • selama ini saya jarang menemukan tangki servisan yang awet, artinya akan kembali bocor dlm waktu yg tidak lama. info perbaikan tangki yg recomended saya tidak punya bos. barangkali pembaca ada yg punya info mohon pencerahannya. kali ada info nanti saya kabarkan. terimakasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s