Di Samsat 3000 Rupiah itu Uang Kecil


Memasuki gedung Samsat Gunung Sahari untuk membayar pajak motor si Tiger 2000, memang tuh motor sudah dijual, tapi si owner yang masih merupakan rekan kerja kuberi keleluasaan untuk memakai namaku sekaligus buat bayar pajaknya,(meskipun berdampak progresif bagi si Jalitheng Pulsar ku)  dan sekalian aku yang jalan ke samsat(disangonin Gan). Setelah memasuki gedung dan mendaftar (tampak komputer nomor antrian yang tadinya touch screen sudah rusak, sehingga pakai mouse) serta pengepakan syarat di tempat fotokopi, akupun menaruh semua syarat diloket yang ditentukan, setelah menunggu sekitar 15 menit nomorku dipanggil dan berpindah ke loket pembayaran pajak, angka yang tercantum seharusnya aku mendapat kembalian Rp 3000 tapi tuh Ibu dengan kerudung menyerahkan tanda bayar sambil bilang, “segitu aja ya” cuek aja sambil ngemil sesuatu di mulutnya, tanpa memberi kembalianku yang 3 ribu perak, aku diem saja males ribut dikeramaian begitu, dibelakangku sudah ad yang ngantri, kasihan kalo nungguin aku ngeributin uang 3 ribu perak, lain kali kalo berulang pasti tak jak gelut. Untuk saat ini aku biarin aja dulu.

Selanjutnya bukti pembayaran berpindah ke loket tempat pengambilan STNK baru, yah ga sampai 1 jam selesai, yang jadi PR diotaku adalah, apakah uang 3 ribu itu dianggap uang kecil oleh pegawe Samsat ? sehingga tidak perlu dikembaliin ke ahli pajak. Jika aku jumlah dari wajib pajak yang melunasi pajaknya dalam sehari bisa berapa orang ya ?   Setelah dikalkulasi jika ada jumlah pasti kira-kira lebih dari gaji si Ibu berkerudung penerima uang pajak itu. Sungguh sayang tuh kerudung, jadi kotor karena su’udzon ku… Ada baiknya anda memabwa uang pecahan, sehingga anda bisa membayar pajak dengan uang pas dan tak perlu mengidap su’udzon ke pegawe brengsek di Samsat.

Saat pulang Kulihat ratusan motor di parkiran, dan parkir di sini 2000 perak per motor, lumayan juga neh hasilnya..

Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Pelayanan, pelayanan publik dan tag , , . Tandai permalink.

28 Balasan ke Di Samsat 3000 Rupiah itu Uang Kecil

  1. premi’un :mrgreen:
    yah masbro, ane jg ikut prihatin am jilbaber gaoel macem ibu itu. luarnya duank ditutup, tapi dalemnya tetep busuk..moga2 yang bersangkutan (dan sebangsanya :mrgreen: ) segera diberi hidayah oleh Allah swt, aamiin..
    😀

    salam kenal dari nubi 😀

  2. GrandV berkata:

    Mending diributin aja sekalian, demi kebaikan si ibu juga, agar dosanya nggak kebanyakan… 🙂

    Catat namanya, umumin di Blog

  3. vixy182 berkata:

    cari dana tambahan lagi rupanya…

  4. perry berkata:

    Beurusan dengan PNS memang akan selalu begitu, mo urus apapun mesti bertemu dengan orang yang berkerudung seperti ibu itu.
    Sambil Ngemil dah biasa itu, kadang ane heran emang gak ada supervisor yang mengawasin para pekerja dalam lingkungan PNS, klo di swasta bisa kena SP berkelakuan seperi itu.
    Itulah Endonesia tercinta.

  5. kymcoers berkata:

    sudah seharusnya samsat mengikuti DJP…. Wajib Pajak kudu BAYAR DI BANK!!!

  6. memet c43m berkata:

    Tudung office…

  7. bennythegreat berkata:

    sebutkan nama oknumnya kang…!!

  8. dnugros berkata:

    3000 perak kali 100 kendaraan perhari terus hasilnya dikalikan satu minggu terus lagi hasilnya dikalikan satu bulan dan lagi hasilnya dikalikan satu tahun, bisa jadi uang nya bisa buat umroh ato naek haji tho? lumayan lho.

  9. zaqlutv berkata:

    ngadepin petugas seperti itu cuma bisa nguap aja..
    hooooaaaaaaaaaammmmmmmmmmmmmmm…..

  10. Maskur berkata:

    dadi critane ora rila kiye

  11. bapakeValen berkata:

    liat di komputer online dulu, habisnya berapa, baru siapin uang pas…
    3000 lumayan lho buat nasi kucing 2 bungkus..

  12. gesang86 berkata:

    wach…pancene kok, oknum beginian ini…..jian bener-bener dach!!!

  13. Ea berkata:

    numpang komen ya,mohon maaf sebelumnya klo agak keras.. 😀
    Indonesia bisa begini karena kebanyakan orang2 seperti mas..
    Rasa tenggang rasa / tepo selironya terlalu tinggi,,
    cthnya ya diatas itu duit 3rb aja diributin, kacian yg laen antri diblkg dst2nya..
    Ditilang minta damai.. klo yang ini polishitnya yg rasa tepo selironya tinggi 😀
    tutup mata anggap pelanggaran kecil, yang penting uda kase pelajaran dan dapat duit..
    Dan segala macam bentuk korupsi aye rasa dimulai dari tepo seliro rakyat Indo yg tinggi.. semuanya bisa dimusyawarahkan (diatur 😀 )
    Coba mas blogger waktu itu melakukan tindakan ekstreem gebrak meja minta duit 3k dan teriakin waktunya ngemil ya !!
    Apa ibu berjilbabnya masih berani terima sudjon mas ?
    Ingat loh mas membuka / memberi jalan ke ibu itu untuk berbuat.. jadi mas blogger jg memiliki saham akan perbuatan tsb.. CMIIW

  14. nur fitriono berkata:

    yg jilbab bukan berarti org baik2.Pake uang goceng juga bisa dpt jilbab.Tapi jgn semua org jilbab dikata jelek ya.pokoknya dilihat dulu lah kelakuannya.”ANE SEBETULNYA JUGA PUNYA MASALAH DNG TETANGGA ANE YG BEJILBAB,YG SUKA NGOMONGIN ORG” sorry curhat dong mama.

  15. Mila berkata:

    3000 pake keliling jogja bisa lho 🙂

  16. Mas sareh berkata:

    Yagitulah mas di samsat saya jg begitu cuma kembaliannya 500 perak.. orangnya kalau melayani sambil ngobrol sama temennya seakan-akan tidak tahu… uang kembalian kurang.. yah doa kan aja mas ntar kalau uangnya dah kumpul bisa untuk inden mobil baru.. dipake baru sebulan terus nabrak… orang spt itu tdk pernah takut sama Allah.. hebatkan…

  17. bulux berkata:

    Hmm meminta kembalian mau 500 perak atau 3000 itu hak..
    Klo saya udah saya tagih! Kenapa? Itu hak saya dan kasih pelajaran supaya nanti dia tidak berani berbuat seperti itu lagi ke anda dan orang lain..
    Imho..

  18. Maya Holiday z berkata:

    Jadi, jilbab bukan hanya sekedar kerudung penutup kepala, melainkan seluruh pakaian yang menutupi seluruh badan.

  19. erwansutikno berkata:

    Kalo di tempat aku lain lagi ceritanya,
    di faktur pajak yang seharusnya kita bayar misal 112.000
    tapi yang di tagihkan menjadi 134.000.
    udah beberapa kali aku bayar pajak motor seperti itu,
    bayangin aja kalo sehari 100 orang yg bayar pajak motor.
    berapa duit yg mereka dapat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s