Ci Haliwung, Riwayatmu Kini..


Meski gak bisa hadir pada undang Komunitas Peduli Ciliwung Condet karena Sunday ridding  mesti tugas tambah (7 hari kerja seminggu, aje gile) 😦 tak ada salahnya saya ikut ngomong tentang Ciliwung alias Ci Haliwung agar Ciliwung tak sekedar Gaung  (Ci : air/kali, Haliwung : kotor/keruh, sumber Wikipedia) kali yang terkenal karena kekeruhan dan sampahnya, saya sama sekali tidak tahu mana sih Ciliwung itu ? karena sesampai Jakrta, Ciliwung di manipulasi menjadi anak kali yang kecil dan bertebaran sebagai tandon air anti banjir.

gambar Mbah Jenggot Nadi,

Salah satunya ya kali di bantaran jalan Gunung Sahari, yang mentok di Jalan Martadinata, entah apa ada gorong-gorong di bawah jalan atau tidak yang menghubungkan kali tersebut ke alur air sepanjang Martadinata yang terhubung dengan laut utara Jakarta.

Beberapa kali anak Ci Haliwung ini meluap, baik karena air yang melimpah akibat hujan dan kiriman dari Bogor, atau juga karena jebolnya tanggul. Jika kepedulian terhadap Ciliwung makin menipis disinyalir Ciliwung bakal tinggal kenangan, tertimbun sampah, tertutup tembok mall dan apartemen pencakar lanngit yang berlomba menutup langit Jakarta.

Sebagai pendatang, kaum urban yang mendengar nama Ciliwung dari masih di kampung, miris juga ngelihat Ciliwung berwarna kelam dan cuma berisi Sapu-Sapu. Hitam dan keruh. Semoga semangat pemerhati Ciliwung makin merebak dan semangat itu menyebar diiringi aksi nyata untuk menyelamatkan Ciliwung, menyelamatkan Bumi kita. GO CLEAN… GO GREEN..

Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di pelayanan publik dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Ci Haliwung, Riwayatmu Kini..

  1. sabdho guparman berkata:

    miris memang mas tri. . .

    pembangunan di jakarta seolah tanpa kendali , yang dulunya rawa sekarang mall dan fasilitas mewah semua

    keep brotherhood,

    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s