Tiger Operasi Rawat Inap


 

Berawal dari suara kemletek -pada mesin si Tagor yang hampir satu minggu, karena waktu yang tidak memungkinkan alias belum libur maka si Tagor terpaksa tetap ngerit cari setoran buat dapur biar ngebul, meski bisa berakibat Tagor ngebul.

Analisa awalku penyebab bunyi kemletek mesin adalah rante kamprat atau keteng yang mulai melar, mungkin karena telat ganti oli menyebabkan panas dan keteng memuai. Bunyi ini akan hilang setelah Tagor diajak jalan sekitar 4-5km, analisa bagian keteng yang beradu blok mesin sudah terlumasi dan tertutup oli maesin, sedang pada awal menghidupkian motor oli belum naik dan menyebar di seluruh bagian dalam mesin.

Hal ini pernah saya alami pada motor sebelumnya yaitu Mega Pro, dan analisa bisa juga mengarah pada stut stasioner keteng atau tonjokan keteng yang pernya mulai lemah, juga bisa karena stasioner coak pada bagian stut ketengnya.

Dari analisa tersebut maka Tagor saya bawa ke Beres AHASS di JL. Kapuk Raya bertajuk Robinson Motor, ini adalah Beres Langganan, dulu saat klem garansi juga kemari.

Setelah mendaftar dan ngantri sekitar 1,5 jam, Tagor naik podium untuk di analisa, sat ngidupin motor mekanik langsung bilang, bahwa bunyi ini gejala keteng, berarti analisaku benar, tapi saat di bongkar tutup keteng ada hal lain yang sepertinya perlu penggantian, juga karena oblak yaitu bering atau klaher kruk as (penulisan ngasal 🙂 )
juga beberapa part lain.



mulai di bongkar

Saat si Mekanik membongkar baud blok head cylinder atas, ternyata satu baud patah karena karatan, … fuih.. nambah lagi nih kerjaan. Katanya sampai sore, maka aku tinggal pulang saja.

head cylinder berkerak

suang bakar menghitam dan berkerak juga

Sorenya sekitar jam 16.00 saya samperin ke beres lagi, ternyata mesin Tagor masihg ngamprak ga keurus, dan Mekanik yang tadi ngerjain sudah memakai jaket kaya mau pulang, saat saya tanya katanya mau ambil blok mesin atas yang lagi di bubut di tukang bubut untuk mencabut potongan baud yang patah dan tertinggal di libang baud, dia bilang mungkin besok baru selesai, smbil memelas minta maaf. Yaudah akhirnya saya tingal pulang sambil mikir besok kerja pakai motor siapa ya ? ..fuih.. begini kalo tinggal di pelosok gangan yang angkutan adanya tukang ojek, angkutan umum mesti sambung menyambung ngabisin waktu dan dana… fuih..!

Ini pelajaran berharga karena hal seoele, mengabaikan penggantian oli yang ga seberapa mengakibatkan ongkos yang cukup buat beli oli mesin 1 tahun lebih… fuih..fuih..

Semoga bermanfaat… Wassalam..

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Mongtorku, motomania dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

39 Balasan ke Tiger Operasi Rawat Inap

  1. arief berkata:

    Head silinder bisa berkerak akibat apa aja bos?
    Terima kasih atas penjelasannya.

  2. willykk berkata:

    ati2 brow..jangan tinggalin motor sembarangan.. ntar bisa di-pretelin/ dicanibal/dioplos lho.. 😳

  3. Maskur berkata:

    aku mbezuk ora kiye

  4. @Vixi : silahkan
    @Moy : cuma dah ganti per dan kampas kopeling racing
    @arif : kemungkinan pernah ada kebocoran oli, aku ga ahli di mesin Bro. Silahkan share di warung J4na yg ada di blogroll teman. Makasih
    @Wili : Insyaalloh enggak Gan, terpercaya nih bengkel. Mudah mudahan
    @Maskur : wak..wak..wak.. Boleh tapi ga bisa bawa anak kecil, wedi terinfeksi 😀

  5. blognyamitra berkata:

    Semoga lekas sembuh… wah ngantrinya ampe 1,5 jam…penjualan motor yang begitu pesat nggak diimbangi ama penambahan jumlah bengkel resmi. Kalo saya paling enak servis pagi hari di hari kerja, kalo hari Sabtu/Minggu ngantri euy…

  6. zaqlutv berkata:

    om mitra,
    saya malah lebih enak lagi.. kapan aja asal bukan minggu dan tanggal merah, ga perlu antri..
    maklum motor kaum minoritas.. 😳

  7. Bonsai Biker berkata:

    lekas sembuh om tagornya

  8. #99 bro berkata:

    tri besuke telat.. abis jumat..

    besuke gawake buah buahan po buah tenan..?

  9. @Adjo : langsung intip
    @Pak Mit : Ahass ini sepertinya rame dan juga jualan motor tadinya enggak, padahal hari rabu lho, tetep aja ngantri..
    @Zaqlutv : minorotas itu apa S kah…
    @Pak Bons : Amin, tapi sepertinya mesti nginep lafi neh..
    @Bapake Aura : yowis bawain, buah perkawinan aja .. *lho.. 😀

  10. elsabarto berkata:

    rante keteng setnya cepet melar & aus bisa juga akibat modifikasi kemaren mas, jadi beban kerja mesin cukup berat apalagi klo pake velg + ban gede

  11. dnugros berkata:

    benarkan dugaanku, disinyalir ni tagor akan dilego untuk digantikan P220 ato CBR 250… 😀

  12. zaqlutv berkata:

    @sing duwe warung
    bukan jepun bukan cina, pabrikan nomor 3 terbesar di asalnya, sempet kerjasama ama S juga sih.. :mrgreen:

  13. @Mas Elsa : sepertinya begitu mas…
    @Dwinug : hura lah… Nambaeh kokehan… 🙂 karepe si ganti ngono kuwi, lha jarene P220 regone mendekati 25 jt ra sido naksir dadine…
    @Zaqlutv : apa ya ? toyota Spin kali ya ? 😀

  14. cepet sembuh tigornya 🙂

  15. abu tanisha berkata:

    wah ga pernah dirumat ya? sayang bro….selain ngerumat penampilan mesin juga donk…

  16. minum obat / jamu yo pahit, tapi esok insyaallah segar bugar,

  17. @Sunday : Alhamdulillah dah sembuh Gan, barusan di ambil, tapi masih ada yh mengganjal neh…
    @Abu Tanisha : iya Bro, motor harian kadang kurang terawat, ibarat kendaraan perang kadang kena tembak dan granat 😀
    @Pak Bambang : bar keseruduk kebo dadi masuk UGD :mrgreen:

  18. #99 bro berkata:

    biasane pak bambang komene APIK APIK APIK…
    Lha iki kok ora..??? knapakah..?

  19. TDF berkata:

    Penerawangan mesinne mas tri akurat,terbukti benar :mrgreen:

  20. SL.com berkata:

    Bro.. mau ikut test-ride Bajaj Pulsar 220 DTS-i di Sentul? Info lengkap ada disini: http://stephenlangitan.com/2011/03/khusus-blogger-otomotif-test-ride-bajaj-pulsar-220-dts-i/

  21. Dismas berkata:

    yah, pengalaman berharga… oli harganya sekitar 35ribu, tapi kalo ga diganti, dampaknya ampe ratusan ribu, hehehe 😀

  22. gaplek mania berkata:

    jadi inget waktu rante keteng dah melar bunyi kletek2 mau diganti istriku bilang ntar dulu nunggu gajian.pas pulang kerja suaranya berubah lbh keras tek2nya.jln 100m.mesin mati aduh pasti klepnya bengkok nih.pikirku.
    akhirnya setelah diselah2 gak hidup didorong sampe bengkel terdekat kira2 800m.lumayan kemringet soalnya abis beli beras sekarung 18kg yg diiket dijok belakang.akhirnya didiagnosa klep bengkok,LAT rusak.abis nyaris sejutaan.gara2 nyuekin keteng yg cm 85rb.aku maklum sama istriku karena gak tau mesin dan dompet tifis.

  23. azizyhoree berkata:

    lho padahal mono njengking nya dah apik lho mas bor, Racy dipadu velg gaban palang3 bak Moge touring 🙂

    nitip:
    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/03/06/antara-kaskus-facebook-sebagai-media-hunting-gadget/

  24. willykk berkata:

    yup bentoel brow.. ati2 owe pernah poenya pengalaman boeroek ama bengkel AHASS..

    btw itu baut mesin TIger koq bisa karatan ? setau owe klo baut mesin honda pada tahan karat. kecuali sekrup karbu motor .. 🙂

  25. krmungkinan efek air laut waktu nerobos banjir saat kanal pluit jebol
    yah.. Nasib tinggal di utara..

  26. sailormoon ^_^ berkata:

    Wah thx mas..betull jadi harus service rutin nih ga boleh bolong2..ntr suatu waktu malah bisa ganti dan bayar service mahal krn ada part yang harus diganti gara2 keteledoran kita tidak rajin service.

  27. spotif berkata:

    bang kunci L nya ukuran berapa.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s