Fenomena Mistis Masyarakat indonesia


Tentu Bro n Sist semua masih inget tentang berita di televisi dan artikel yang memuat tentang Hantu Merah, salah satunya postingan Bro Ridertua yang berjudul Penampakan Hantu merah.. habis nonton merinding, sempat tembus 10 besar Best of The Day di WordPress. com

Terus ada apa dengan berita mistis tersebut, kan udah biasa.  Justeru hal yang biasa itu yang membuatku tertarik untuk mendiskusikanya dengan bro n sist semua.

Sebenarnya ide postingan ini bukan karena penampakan hantu merah yang jelas sudah di bantah oleh ahli telematika bahwa itu adalah rekayasa belaka, tetapi satu hal yang menyelak karena lingkungan yang campur-campur antara keyakinan tradisional dan Islam yang Haq, apa maksudnya..? Mari pelan-pelan kita ulas.

Dari zaman dahulu kala masyarakat jawa sudah mengenal ilmu kanuragan, tentu masyarakat umum jawa kenal dengan kisah Ki Joko Tingkiratau Pitung n Ji’I,  yang sakti mandra guna, meskipun tidak masuk akal, kok tidak masuk akal ? yah karena ada pencampuran keyakinan, antara jawa kuno atau kejawen dengan Islam, kalo Joko Tingkir yang mengaku Islam mempunyai kesaktian yang mandraguna, kenapa Rosul SAW tidak, bahkan dilempar batu aja Rosul berdarah, dan sempat kena teluh atau guna-guna..? Apakah Islam Ki Joko Tingkir lebih baik dari Nabi Muhammad SAW ?  Sehingga Alloh memberikan Ilmu sakti mandra guna? Atau ada yang lain dari hal tersebut ? baik kita lanjutkan…

Dulu waktu masih di kampung, ilmu kesaktian bisa didapat dari pesantren tradisional, mungkin pembaca ada yang tahu, atau bahkan ngalamin. Bahkan daerah kulon atau Banten hal seperti itu biasa.  Mungkin di sandiwara radio pernah dengar ajian Serat Jiwa, Lampah Lumpuh, dan banyak lagi lainnya?…

Sekarang apa pendapat anda, jika di zaman modern ini melihat orang merobohkan pohon kelapa dari jarak 10 meter dengan satu kibasan tangan…? Jika Anda mau hal itu bisa dipelajari…

Dan apa pendapat anda bila seseorang  mampu menghancurkan batu karang di pantai selatan yang besar dan keras, hanya dengan mengacungkan sebilah keris… ? Benarkah itu murni kesaktian keris tersebut ?

Yah, nama ilmu atau kesktian keris hanyalah tempelan saja, maksudnya hal itu hanyalah nama  yang menggambarkan kekuatan yang dihasilkan atau yang terkandung. Kalo di sekitar Pesantren Jawa Tengah (Cilacap, Banyumas dan Kebumen) ilmu yang mempelajari kesaktian fisik disebut ilmu Jadogan/Jadokan… Dimana ilmu ini biasanya merapal potongan ayat dari Al Quran dengan diawali berbagai amalan seperti puasa biasa, mutih, pati geni dan sebagainya. Juga mewirid bacaan/dzikir khusus setelah sholat…

Mengapa saya ceritakan hal di atas, itu sebagai gambaran, bahwa amalan kesaktian kadang dibungkus dengan agama, padahal tidak ada syariahnya alias Rosul dan Sahabat tidak mengajarkan… Nah dari sinilah awal yang ingin saya bahas…

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (Adz Dzaariyaat:56)

Jin, Iblis atau sering disebut Syaitan (ada yang menyebut syetan itu salah satu sifat dari mahluq , setuju) ada yang hidup dari Zaman Nabi Adam AS, dan tak mati sampai sekarang… wuihh… tua banget tho, dan bandingkan dengan kemampuan manusia sekarang yang ada matinya, bagaimana kemampuan Iblis yang dari dulu tak pernah mati dengan tujuan menyesatkan manusia…

Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al-Qur’an), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.(Az Zukhruf:36)

Tidak Mau Mati karena ingin menyesatkan manusia agar menemaninya di neraka nanti, dan Alloh mengiyakan… Silahkan baca surat Shaad dari ayat 71 atau Al Hijr dari ayat 28, Percakapan Alloh dan Iblis, yang diakhiri kemurkaan Alloh.. (Berikut beberapa ayat Al-Hijr)

33. Berkata Iblis: “Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk

34. Allah berfirman: “Keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk,

35. dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat.”

36. Berkata iblis: “Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan [*],[*]. Maksudnya Iblis memohon agar dia tidak diazab dari sekarang melainkan diberikan kebebasan hidup sampai hari berbangkit.

37. Allah berfirman: “(Kalau begitu) maka sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh,

38. sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan [*],[*]. Ya’ni waktu tiupan pertama tanda permulaan hari kiamat.

39. Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma’siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,

40. kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis [*] di antara mereka”. [*]. Yang dimaksud dengan “mukhlis” ialah orang-orang yang telah diberi taufiq untuk mentaati segala petunjuk dan perintah Allah s.w.t.

 

Dari petikan ayat di atas jelaslah bahwa Alloh mengizinkan Iblis Laknatulloh ‘alaihi untuk menjerumuskan manusia agar menjadi teman mereka di dalam neraka nanti, Begitu beraninya Iblis kepada Alloh dan enggan bertaubat.. itu karena iblis sama seperti manusia, yaitu sama-sama tidak tahu siksa apa dan seperti apa neraka Alloh nanti…

 

Terus apa hubungannya dengan segala fenomena di bumi ini yang berbau mistis ? Kita cermati, bahwa Iblis akan menjerumuskan manusia, dan itu dilakukan dengan sangat cerdik, halus dan sulit terdeteksi, dari segala sisi, dengan berbagai cara dan tentu dengan teknologi iblis yang jelas sudah tidak memikirkan perawatan mesin injeksi, tapi bagaimana agar manusia bisa diinjeksi oleh pengaruh Iblis, lewat urat nadi yang kita tidak merasakannya…

Laahaulawalaquwwataillabillah….

Terus seperti apa kira-kira cara iblis menginjeksi manusia…?

Dari apa yang saya lihat dan dengar, sepertinya manusia mudah dipengaruhi lewat kepercayaan primitif tradisional yang masih familiar dengan masyarakat awam Indonesia.  Dimana walaupun beragama Islam tapi secara tidak sadar masih menganut paham Polytheisme yang mana paham ini adalah paham keturunan dari nenek moyang masyarakat Indonesia yang juga dipengaruhi budaya Hindu Kuno, seperti kepercayaan kekuatan yang dimiliki batu-batu, pohon besar, gunung-gunung dan lain sebagainya..

Masih banyak yang perlu dibahas, mungkin akan terlalu panjang dijabarkan dalam satu artikel, jadi pembahasan dan gambaran selanjutnya Insyaalloh akan kita bahas pada artikel berikutnya….

 

Dan apabila manusia itu ditimpa kemudharatan, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali kepada-Nya; kemudian apabila Tuhan memberikan ni’mat-Nya kepadanya lupalah dia akan kemudharatan yang pernah dia berdo’a (kepada Allah) untuk (menghilangkannya) sebelum itu, dan dia mengada-adakan sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah: “Bersenang-senanglah dengan kekafiranmu itu sementara waktu; sesungguhnya kamu termasuk penghuni neraka”.(Az-Zumar:8)

Semoga bermanfaat ….. Wassalam…

 

gbr1 dr  sini

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Al-Quran, Alloh, Ngaji dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Fenomena Mistis Masyarakat indonesia

  1. ridertua berkata:

    sip tetep takut aku 🙂

  2. ridertua berkata:

    yah boleh percaya ghoib… karena ghoib juga ciptaanNYA.. tapi bukan menyembah yang ghoib…

  3. #99 bro berkata:

    boleh percaya omongane mbah SURO po ra…???

    kaburrrrrr…..

  4. Maskur berkata:

    dan kadang mantra-mantra ilmu itu dilafalkan dengan ayat Quran..kesannya budaya islam

  5. @Pak Tua : percaya dng yg Ghoib betul, tp kadang jd alesan oleh bberapa orang untuk melegitimasi kepercayaan yg brlebihan
    @Roso : percoyo sampean musyrik 🙂
    @maskur : betul, aku pnah ngalamin je. Astaghfirulloh

  6. vixionr15 berkata:

    Btw, ini ada proses pencampuran kebudayaan yang dilakukan oleh para wali penyebar islam. Karena kalau islam disebarkan tidak dengan cara akulturasi….dijamin bakalan ditolak mentah mentah.

    I’m sure kalo kanjeng nabi Muhamad SAW masih hidup pada zaman ini….beliau pasti tersenyum melihat islam bisa diterima dengan baik di pulau jawa atau umumnya Indonesia karena Islam di negeri kita ini begitu unik.

    HanyatanggapandarianakSMAyangawam 😀

    BTW ramein blog saya dong xixixi :mrgreen:

  7. aditninjamaniac berkata:

    emang banyak orang sering menyangkut-pautkan sesuatu yg baru mereka lihat dgn hal “mistis” , contohnya seperti crop circle di Sleman kemarin. Meskipun itu buatan manusia, andai bukan pun aku percaya aja pasti ada yg melakukan. dan tiada lain adalah Allah..Kunfayakun..tidak ada yg mustahil bagi-Nya..Subhanallah..

  8. blognyamitra berkata:

    Betul apa yang dikatakan pakdhe Maskur…

  9. A Seen berkata:

    Dari riwayat shahih
    suatu saat Thariq Bin Ziat panglima perang Islam berperang melawan musuh, namun ia lupa membawa ajimatnya, sedangkan ajimatnya adalah sehelai rambut Rasulullah SAW. lalu dia balik ambil jimat dan perang menang lagi. Hal itu didiamkan oleh Rasulullah berarti boleh untuk nambah semangat.

    Di kesempatan lain Rasulullah di teluh. satu riwayat mengataan Beliau sakit 40 hari sementara riwayat lain mengatakan 1thn. Dalam riwayat tersebut Rasul sakit hingga tak bisa kemana2, setelah berdoa datang Jibril memberi tahu bahwa ia disantet seseorang, maka turunlah urat An-Nas dan Al-Falaq berjumlah 11 ayat (6dan5) setiap dibaca satu ikatan santnet runtuh hingga 11 ayat Rasul sembuh.

    Nah dari 2 ulasan tsb nampak Rasulullah mencontohkan bahwa sesuatu mesti pada tempatnya, artinya Rasullah kadang seperti manusia biasa yang bisa dipukul disantt atau dilukai, namun dalam kesempatan lain beliau adalah manusia pilihan yang bisa memberi sawab pada orang lain tergantung di posisi mana beliau ketika itu memberi contoh.

    Perbedaan Jaka Tingkir dengan Rasulullah adalah Jaka Tingkir hanya seorang Pendekar beragama Islam yang boleh jadi cara menempatkan sesuatunya lebih kurang jeli dibanding Rasulullah, sehingga terkesan ia tak pernah kalah, selalu sakti mandraguna. Sedangkan Rasulullah sanggup menerima hinaan aniayaan dari orang kafir karena Beliau menunjukkan bahwa beliau juga manusia, walau dalam kesempatan lain beliau sanggup membuat orang kafir yang sakti lemah lunglai tanpa matek aju-aji.
    semoga bisa dimengerti

  10. @vixi : betul, tp kemungkinan misi dakwah para wali belum selesai, spt Rosul saat menyampaikan Islam tdk serta merta mengharamkan khamr tp bertahap
    @Adit : betul, bgtulah Indonesia
    @PaKMit : ojs
    @Pak Mukhsin : trmakasih pnjabarannya, aku makin mrasa cetek jadinya, tp maaf aku blum baca tentang azimat rambut tsb, aku coba cari reverensinya. Jazakalloh khoiron

    • A Seen berkata:

      sekedar sharing aja kok as bro

      • A Seen berkata:

        dan bukan berarti aku suka jimat
        bagi saya jimat monggo saja cuman hati-hati selain bisa menjebak kita kepada kemusyrikan, juga bisa mengurangi nilai kepasrahan kita pada Allah, kalau ini murni prndapat pribadi dengan refrensi para tetua.
        jimat hanya sekedar permen untuk menarik perhatian bagi anak TK, uang Jajan bagi anak SD, jimat hanya alat bukanlah tujuan. ini yang membuat ornag kadang salah menilai mana alat atau keperlua dan mana tujuan.
        setelah besar anak TK kan sadar kenapa diberi permen, hanya supaya ia mau sekolah, juga anak SD. Juga para pendekar akan sadar kenapa banyak ilmu kesaktian, itu semua sebagai wahana untuk dakwah saja, dengan catatan klau ia mau terus belajar dia akan faham arti sebuah penyerahan diri pada Allah kalau tak terus belajar, sebuah kemusyrikan memang menunggu di depan mata.
        Lanjut terus gan, artikelnya manteb, diskusi itu wajar jika beda pendapat, sing penting tujuannya sama, mencari ridlonya gusti Allah.

  11. dnugros berkata:

    manusia tu takut sama Tuhan bukan sama hanTu

  12. imroee berkata:

    teman sedikit2 lihat hantu tapi saya sama sekali tidak.

  13. @Dwi : setuju
    @imroe : ada ulama yg bilang, seseorang yg mampu melihat mahluk halus, berarti dalam dirinya jg ada, dlm artian ada makhluk lain yg memberitahunya… *wallohua’lam

  14. Ping balik: Fenomena Mistis Masyarakat indonesia (Analog Gangguan Iblis) « Menulis Untuk Belajar, Diskusi, Mengingatkanku dan yang mau di ingatkan

  15. Iyan chasel berkata:

    Bknkah Rasul di lindungi oleh ALLAH SWT dan bliau sllu dziqir kpd-Nya…jd bgaimana mngkin beliau bs kena teluh?!…bgitu kata orang2 yg tdk prcya klw Rasul prnh kena teluh…tolong di jelaskan

    • Semua yang terjadi dan menimpa diri Rosulluloh adalah wasilah contoh bagi umatnya, jadi penjelasannya kurang lebih jika manusia tertimpa seperti yg menimpa Rosul maka lakukan seperti apa yang dilakukan Rosul. Wallohua’lam

  16. bakersdelight berkata:

    I was excited to find this website. I want to to thank you for your time for this wonderful read!! I definitely appreciated every little bit of it and i also have you book marked to see new information in your website.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s