Memberi lebih Baik


Artikel lanjutan postingan yang lalu dari pesan di Face Book …oleh Zoel Fikr

 

gbr ilustrasi dr sini 

 

Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.” Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. (Al-Baqarah:215)

Asbabun Nuzul : Diketengahkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Juraij, katanya, “Orang-orang mukmin menanyakan kepada Rasulullah saw. di mana mereka menaruh harta benda mereka, maka turunlah, ‘Mereka bertanya padamu tentang apa yang mereka nafkahkan.’ Jawablah, ‘Apa saja harta yang kamu nafkahkan…'” (Q.S. Al-Baqarah 215) Diketengahkan pula oleh Ibnu Mundzir dari Abu Hayyan bahwa Amr bin Jamuh menanyakan kepada Nabi saw., “Apakah yang akan kami nafkahkan dari harta benda kami, dan ke mana kami berikan?” Maka turunlah ayat ini.

RENUNGAN MHC:
Dari Ibnu Umar r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Seorang muslim itu adalah saudara muslim lainnya, dia tidak boleh menzaliminya dan menghinakannya. Barang siapa yg membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan memenuhi keperluannya. Barang siapa yg melapangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah akan melapangkan satu kesusahan di antara kesusahan2 hari kiamat nanti. Dan barang siapa yg menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat (Hr. Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Setiap ruas tulang manusia wajib bersedekah setiap hari, di mana matahari terbit. Selanjutnya beliau bersabda: Berlaku adil antara 2 org adalah sedekah, membantu seseorang (yg kesulitan menaikkan barang) pd hewan tunggangannya, lalu ia membantu menaikkannya ke atas punggung hewan tunggangannya atau mengangkatkan barang-barangnya adalah sedekah. Rasulullah SAW juga bersabda: PERKATAAN YG BAIK adalah SEDEKAH, setiap langkah yg dikerahkan menuju shalat adalah sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah (Hr. Muslim)

Dari Mughirah r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Suatu kaum dari umatku akan senantiasa saling membantu membela manusia hingga datang hari kiamat sedang mereka tetap saling membantu (Hr. Muslim)

……….Bersambung..

Semoga bermanfaat…Amin… Wassalam…

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Al-Quran, Alloh, Ngaji dan tag , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Memberi lebih Baik

  1. shumy27 berkata:

    kata bapak tèbè…..

    Suka

  2. ridertua berkata:

    sip bro yang lebih memberi ke yang kekurangan… apalagi saudara…

    Suka

  3. zaqlutv berkata:

    T.D.A.

    jadi inget sinetron Islam KTP, si tebe kalo dikasi duit ama bang ali tangannya tebe di atas tapi tangannya bang ali yang ngasi malah dibawah, sebab si tebe megang prinsip tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah :mrgreen:

    Suka

  4. Darmawan berkata:

    siiip, btw piye kang matic nya wis dapet yah?

    Suka

  5. one08 berkata:

    alhamdulillah… 😉

    Suka

  6. @roso : pengejar pertamax detected
    @slmt : yuk TB
    @Pak Tua : oks Cak
    @zak : ak..ak… Akal2an emang
    @ Pak Dar : danane rung cukup Pak, ngenteni sekene Maskur… *meksa pdhal ra di dol
    @One : syukron

    Suka

  7. achoey el haris berkata:

    moga kita termasuk orang2 yg mudah memberi
    ikhlas memberi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s