Fenomena Malam Tahun Baru




Pada malam tahun baru banyak masyarakat yang berbondong-bondong keluar rumah baik berjalan kaki maupun pakai kendaraan bermotor, mereka memadati jalan raya untuk merayakan tahun baru.. Pemandangan yang irini dan membingungkan buatku… apa yang mereka cari dari fenomena tahun baru dengan keluar rumah…? entahlah, itu urusan mereka..

Seperti yang terjadi tiap malam tahun baru di tempat hiburan semacam Ancol tempatku mencari penyambung hidup ini… Hiburan digelar untuk meramaikan malam pergantian tahun baru…

Sebagai seorang karyawan tentu menjadi kebahagiaan sendiri saat pengunjung melimpah yang datang kemari, tapi disisi lain, diri ini jadi heran, apalagi saat pertama bekerja di Ancol, saat dimana aku ingin pulang tapi melihat di luar gedung, jalanan Ancol ternyata penuh manusia bagaikan semut yang datang mengerumuni ikan teri tercecer… dalam hatiku bertanya “apa sebenarnya yang mereka cari, hiburan atau keramaian, atau sekedar kebiasaan..?” sekali lagi ini pertanyaan yang aku jawab sendiri, ..Entahlah itu urusan mereka…

Hanya yang menjadi pertanyaan bagiku, sedemikian evoria malam tahun baru dan seakan mereka lupa Siapa yang menciptakan malam dan siang, Siapa yang menjadikan pergiliran antar siang dan malam


tabaaraka alladzii in syaa-a ja’ala laka khayran min dzaalika jannaatin tajrii min tahtihaa al-anhaaru wayaj’al laka qushuuraan
Maha Suci (Allah) yang jika Dia menghendaki, niscaya dijadikan-Nya bagimu yang lebih baik dari yang demikian, (yaitu) surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, dan dijadikan-Nya (pula) untukmu istana-istana [*]. (Al-Furqon:10)

[*] Maksudnya: Kalau Allah menghendaki niscaya dijadikanNya untuk Muhammad SAW surga-surga dan istana-istana seperti yang bakal diperolehnya di akhirat. Tetapi Allah tidak menghendaki yang demikian agar manusia itu tunduk dan beriman kepada Allah bukanlah karena dipengaruhi oleh benda, melainkan berdasarkan kepada bukti-bukti dan dalil-dalil yang nyata

Dialah Alloh


alrrahmaanu
1. (Tuhan) Yang Maha Pemurah,

Begitu Pemurahnya, hingga Dia tak pernah meminta bayaran sepeserpun untuk semua nikmat yang dilimpahkan kepada manusia, tapi banyak manusia yang tidak sadar..


‘allama alqur-aana
2. Yang telah mengajarkan al Quraan.

khalaqa al-insaana
3. Dia menciptakan manusia.

Dan tidak diciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Alloh, sudahkah aku beribadah dengan benar dan ikhlas kepada Alloh ” Astaghfirullohal’adzim, ampuni hamba-Mu ini Ya Alloh yang sering kufur atas sgala nikmat yang Engkau berikan..”


‘allamahu albayaana
4. Mengajarnya pandai berbicara.

Coba renungkanlah…! semua perbendaharaan kata yang kita kenal, apakah semua kata-kata yang kita pakai sehari-hari orang tua yang mengajarkan, atau orang lain disekeliling kita, sekali lagi renungkanlah dari mana pengetahuan itu datang..?


alsysyamsu waalqamaru bihusbaanin
5. Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.

Renungkanlah..! Bagamana jika pergantian tahun baru berhenti di jam 00.00 ..dan siang tak kunjung datang ?


waalnnajmu waalsysyajaru yasjudaani
6. Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada Nya.

waalssamaa-a rafa’ahaa wawadha’a almiizaana
7. Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan).

allaa tathghaw fii almiizaani
8. Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu.

wa-aqiimuu alwazna bialqisthi walaa tukhsiruu almiizaana
9. Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.

waal-ardha wadha’ahaa lil-anaami
10. Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk(Nya).

fiihaa faakihatun waalnnakhlu dzaatu al-akmaami
11. Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.

waalhabbu dzuu al’ashfi waalrrayhaani
12. Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya.

fabi-ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaani
13. Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

khalaqa al-insaana min shalshaalin kaalfakhkhaari
14. Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar,

wakhalaqa aljaanna min maarijin min naarin
15. dan Dia menciptakan jin dari nyala api.

fabi-ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaani
16. Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

rabbu almasyriqayni warabbu almaghribayni
17. Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya [*]

[*]  Dua tempat terbit matahari dan dua tempat terbenamnya ialah tempat dan terbenam matahari di waktu musim panas dan di musim dingin.


fabi-ayyi aalaa-i rabbikumaa tukadzdzibaani
18. Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

 

 

RENUNGKANLAH……..!!!

 

Semoga bermanfaat…Wassalam..

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Al-Quran, Alloh, Ngaji, Renungkanlah dan tag , , . Tandai permalink.

41 Balasan ke Fenomena Malam Tahun Baru

  1. zaqlutv berkata:

    semakin tinggi usaha mendekatkan diri kepada Ilahi semakin merasa betapa rendahnya diri kita atas semua kekuasaan Ilahi..
    bila memang jam harus berehenti pada pukul 00:00, lalu kepada siapa kita minta tolong?
    hasbunallah wa ni’mal wakil ni’mal maula wa ni’man nashir

    tapi terkadang kita lupa.. entah lupa mungkin ga inget atau emang ga tau, bisa jadi ga mau tau..

  2. zaqlutv berkata:

    sama-sama Mas Bro..
    Allah Maha mengetahui apa yg ada di hati hamba-Nya dan tidak ada sedikitpun yg tersembunyi bagi-Nya.

  3. Bonsai Biker berkata:

    kui artine wong wis diwenehi Tiger ambek Guti Allah kok sek ngeyel ae njaluk CBR

  4. Maskur berkata:

    Nek aku jujur bae, biasane angger tahun baru malah sowan karo biyunge nang nggunung….. tulih seneng angger ditekani anake sing dirumat kita nang weteng nganti bisa ngodhe….apa maning nggawa putu-putune sing wis pinter……….

    liyane kuwe ya adhem, or akrungu suara trompet, mercon dll…..ngrungokne suara jangkrik, orong-orong, walang, manuk buek, kalong..dll
    malah dadi tenang nang ati

  5. #99 bro berkata:

    sukurin lo tri di omeli pak dosen..

  6. Maskur berkata:

    Lek aku jujur ae, biasane lek tahun baru malah sowan karo ibuku nang nggunung….. mesthi seneng lek ditekani anake sing dirumat kawit nang weteng nganti isa golek dhuwit….apa maneh nggawa putu-putune sing wis pinter……….
    liyane kuwi ya adhem, ora krungu suara trompet, mercon dll…..ngrungokke suara jangkrik, orong-orong, walang, manuk buek, kalong..dll
    malah dadi tenang nang ati

  7. bejo berkata:

    orong- orong wes langka nang ancol pak dhe

  8. one08 berkata:

    alhamdulillah… dapat pencerahan lagi! 😉
    saya mending di rumah kumpul sama anak isteri 😀

  9. Ping balik: Tahun Baru, Inilah Tempat Favoritku « Learning To Live

  10. hudaesce berkata:

    Mari kita jadikan detik2 menjelang Akhir tahun 2010 ini sebagai Momentum perubahan diri kita, yaitu menuju ke perenungan yang membawa kita berhijrah kepada kebaikan tentunya.

  11. Motken berkata:

    wah dapet siraman rohani motken di malam tahun baru ini 😀 makasih om

    Nitip Lapak: Selebrasi 50 Tahun Suzuki di Motegi

    http://motorkencang.wordpress.com/2010/12/31/peringatan-50-tahun-suzuki-racing-di-motegi-kembalinya-mitsuo-ito-dan-rk63/

  12. masyhury berkata:

    Penjelasan ayat-ayatnya lengkap mas, 😀
    Jadi inget pelajaran Quran Hadist waktu sekolah dulu, hehe,,

    salam kenal, 😆

  13. shumy27 berkata:

    sik-sik….wah berat nih…!!!
    T.O.P bos…!! Manungsa tempate salah dan lupa….tapi lupa terus,salah terus,pie iki..??

  14. shumy27 berkata:

    eh-eh…!kan ada Pakdhe,Pak Dosen….lha kalo kang Tri ini ditempeli julukan Pak Guru Agama priwe..?main mbok..?! 🙂

  15. aditninjamaniac berkata:

    aku jadi inget..sebenernya buat apa sih keluar rumah malem2 gitu..
    kalo ga salah ada hadits bunyinya gini
    “sesuatu yg dilakukan pada malam hari itu tidak jelas hukumnya, bahkan cenderung haram”

    sekalian nitip kios ya mas..liburan dulu ah 😀
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2010/12/31/happy-new-year-2011-brother/

  16. #99 bro berkata:

    lha aku ra pengen metu pengen turu e.. neng njobo berisike poll

    ya langsung kabur sekalian sambil ngeliat motor di tangerang… jebule uakeh tenan koyo beras neng karung bingung yen kon ngetung..qq

    po di literi ae yo..

  17. Motken berkata:

    untung malam tadi ga keluar, mending nonton james bons 😀

    Nitip Lapak om: Motor Balap Terkencang di Planet Bumi Suzuki GSX-R1000

    http://motorkencang.wordpress.com/2011/01/01/motor-road-race-terkencang-di-planet-bumi-suzuki-gsx-r1000/

  18. arif rakhman berkata:

    di antara mereka yang dianggap keluar merayakan tahun baru, ada yang sedang mencari nafkah pula

  19. FaiK= berkata:

    Makasih Kawan atas Ceramahnya……

  20. hitamputih berkata:

    tahun baru hanyalah angka saja,,,

  21. blognyamitra berkata:

    Tahun baruan nang omah, ngumpul karo tonggo kiwo tengen, bakar ayam, mantep hehehe…

  22. @Faik : hanya renungan, makasih dah mau ikut merenung disini
    @Hitamputih : Setuju
    @Pak Mit : aku mulih kerjo jam 1/2 7 , kabur sebelum kecemplung banjir menungso… terus nggletak

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s