Memperbaiki Kelistrikan Pulsar, antara Ketelatenan dan Keberuntungan


image

Titik-titik socket yang dicurigai dalam pengecekan trouble kelistrikan pulsar

Memperbaiki sendiri kerusakan sepeda motor Bajaj Pulsar memang agak ribet. Adanya BCU selalu menjadi kambing hitam, padahal belum tentu kerusakana pada BCU. Tapi jika sudah dilakukan perbaikan dengan mengecek, ‘mengurutkan’ kabel instalasi atau wiring kelistrikan tidak ketemu, mekanik akan menduga (tidak mejudge) “bisa jadi BCU bermasalah, atau CDI atau kiprok dan seterusnya.
Jika postingan yang lalu menemukan biang permasalahan si mesin tidak mau distarter karena tidak muncul api di busi maupun outlet koil, yaitu dengan cara mencabut CDI dari socketnya, yang berarti mereset otak kelistrikan, lalu pasang kembali dan starter mesin Jalitheng Pulsar 220 bisa hidup.
Postingan yang lalu masih menyisakan PR tentang accu atau aki pulsar yang gagal pengisian, walaupun sudah diganti dengan accu yang sehat (aki sebelum jalan di cas, yang terakhir saya pakai aki suzuki Hayate), tiap diajak jalan, berhenti, accu tidak kuat starter mesin kembali. Terpaksa pakai ilmu moto GP alias didorong dulu untuk menghidupkan si Jalitheng.

image

Bongkar blok kiri mengecek kabel spull

Selain kecurigaan kiprok yang bermasalah, Saya juga mencurigai kabel arus dari spull dengan membongkar blok kiri si Pulsar. Tapi hasil nihil.

Pada suatu waktu, tiba-tiba mesin Jalitheng Pulsar 220 mati mendadak saat riding. Lampu Speedometer dan semua indikator lamp juga mati total (jika hanya lampu speedo meter yang mati sementara indikator seperti netral, lampu jauh, switch side stand dan sign hidup, berarti fuse kaca di bawah jok depan kendor atau putus). Hal ini berarti sumber listrik hilang, cek fuse/sekering samping accu, dari fisik keliatan tidak masalah. FYI, fuse utama ini aselinya berupa fuse colok seperti fuse mobil, saya ganti fuse kaca karena socket fuse colok ngefong.

image

Fuse jelek

Ternyata kelemahan fuse kaca ini adalah lepas cop kutubnya. Dan inilah yang saya alami, jadi cop kutub sekering kaca ini lepas tapi masih nempel pada kacanya, sehingga jika dilihat kasat mata nampak sekering tidak bermasalah. Iseng saya tarik dan ternyata cop kutub sekering ini lepas total, akhirnya socket sekering saya jumper. Benar saja, layar speedometer nyala lebih terang dari sebelumnya. Dan perjalanan sebentar saja, accu sudah mampu untuk starter mesin pulsar. Alias selama ini, pengisian accu gagal karena sekering yang tidak menghantar arus dengan baik karena ngefong. Kadang nempel dan jika kena goncangan dia kendor.

image

Pasang fuse colok/mobil di pulsar

Akhirnya saya membeli fuse colok beserta rumahnya atau socketnya dan dipasang seperti originalnya. Harganya cukup terjangkau, socket dibanderol 13 ribu dan fuse 15 amphere 3500 isi 2 buah.Accu saya ganti baru siang tadi, dengan tukar tambah aki bekas yang sudah divonis rusak. Aki GS Astra 9 Amphere 12 Volt, seharga 230ribu dipotong aki bekas saya seharga 20ribu, jadi cukup bayar 210 ribu, Jalithen Pulsar 220 saya sudah greng kembali.
PR selanjutnya memasang lampu utama dan lampu senja, serta memperbaiki speedometer. Jarum RPM copot karena accident beberapa bulan yang lalu. Speedo meter juga tidak jalan.(tri)

—————————————-
Posted from Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Ngeblog dan tag , , . Tandai permalink.

37 Balasan ke Memperbaiki Kelistrikan Pulsar, antara Ketelatenan dan Keberuntungan

  1. yatno berkata:

    Bro,,,, untuk Onderdil Fulsar Mojokerto di mana

  2. alvin berkata:

    pulsar ug4 ane layar speed mati semua & ga bisa starter, tapi cek aki di aa aki voltase masih bagus banget katanya,,itu problem di sekring yg sebelah mana ya gan kira2?

  3. yusup berkata:

    Gan..adakah hubungannya speedometer dicopot dgn aki tekor?
    Maksudnya kalo speedometernya dilepas, apakah mengakibatkan aki tekor? Trims

  4. Indra berkata:

    Gan caranya ngecek sekering gimana? Saya salah masang kutub aki terus takutnya kiprok atau cdi nya rusak..

  5. zaidan berkata:

    om.. kalo pulsar 180 ug3 apa ada sekring yang di bawah jok juga?
    terima kasih sebelomnya
    perasaan tiap buka jok ga liat ada sekring lagi selain di deket accu
    apa khusus p220 aja?

  6. Yusuf berkata:

    Mas Tri kalo lampu saya mati. Hidup terus kira kira apanya ya?

    • Pulsar, kalo bohlam lampu utama putus/mati, setahu saya akan otomatis nyala lampu jauh, walaupun sakelar lampu posisi lampu utama
      Kalo, mati-hidup, mungkin socket kendor, kotor, korosi. Coba cek socketnya. Jangan lupa cek kabel, takutnya ada yg lecet dan nempel bodi saat jalan karena goyang/geser

  7. Argriet berkata:

    Gan lampu saya semua mati (kecuali sein) tapi kalo tombol dim dipencet semuanya yala lg…kalo di lepas mati lg…ni k8ra2 apanya gan ?

  8. ikbal berkata:

    nanya.. mas lampu sen pulsar UG4 saya kalau dinyalakan sen nyala semua, dah dibawa kebengkel, tapi gak ketemu, kira kra apanya yah..

  9. uje berkata:

    Om kalo, udah nge reset cdi tpi tetep gx idup gna yah??, gx ada strum keluar dri cdi kira kira apa yang rusaknya ya?,

  10. agus berkata:

    mas klo lampu lampu,klakson,lampu sen gak nyala penyebabnya knp ya mas?

  11. abah berkata:

    Asslmkm bos. mau tanya fulsar saya 135 cc. mengalami koslet di bagian dekat stater. .tapi mesin hidup normal stater bagus. cuma lampu klakson Mati& spedometer mati.Kira” apanya?? yng rusak

  12. mas tri…. slam kenal sya dari pekan baru kelahiran cilacap..pencinta bajaj pulser 200 …pingin ser ser tentang pulser masbro….

  13. galih berkata:

    Gan, mau tanya pulsar 180ug4 saya akhir2 ini jarum takometernya(rpm) bergerak tak beraturan maksudnya kadang saat mesin nyala idle jarum takometernya naik turun sampai ke redline sendiri, terkadang juga hanya bisa akurat sampai rpm 5ribuan tapi jika digas sedikit saja langsung naik turun lagi sampai redline. Kira kira apanya ya Gan? Trimss..

    • Kalo mesin normal, kemungkinan ada sekering yg putus atau kendor, cek juga socket-socketnya barangkali ngefong atau korosi.
      Saya pernah mengalami hal serupa, tapi sudah lama banget, agak lupa

  14. Galih berkata:

    Gan, mau tanya lagi…. Pulsar 180ug4 saya mengalami mati lampu senja, lampu speedometer dan lampu belakang kecuali sein dan lampu utama, anehnya walaupun switch lampu udah dihidupkan tetep saja hanya lampu utama dan lampu sein yang hidup, lainnya mati. Tp kalo kontak pertama kali dihidupkan lampu speedometernya hidup sebentar terus mati lagi. Saya sudah cek sekring dan socket kabel sudah saya bersihkan tetep masih seperti itu juga. Kira kira apanya ya Gan??
    Terimakasih buat sebelumnya Gan.., “salampulsarmania”

  15. anugerah berkata:

    Assalamu’allaikum..mohon pecerahannya agan2…ane punya bajaj 200cc,block mengalami ledakan,akhirnya ane ganti dengan block dengan CC yang lebih gede 220cc, mslhnya smpai saat ini bajaj ane nongkrong udh 5thn,..udh coba ganti2 mekanik, malah udh di ganti sistem pengkabelan motornya..mohon bantuannya dunk untuk posting gambar skema pelistrikkan body bajajnya

  16. anugerah berkata:

    Assalamu’allaikum..mohon pecerahannya agan2…ane punya bajaj 200cc,block mengalami ledakan,akhirnya ane ganti dengan block dengan CC yang lebih gede 220cc, mslhnya smpai saat ini bajaj ane nongkrong udh 5thn,..udh coba ganti2 mekanik, malah udh di ganti sistem pengkabelan motornya..mohon bantuannya dunk untuk posting gambar skema pelistrikkan body bajajnya

  17. tomi berkata:

    misi om..pulsar 135 ane…bila lampu depan/senja di hidupkan …tiba tiba motor mesin langsung mati…kira kira kenapa yah….minta pencerahan nya om

    • Kemungkinan ada yg kendor di accu, atau sekering putus bisa jadi, ini pernah saya alami. Hidupin sign, mesin mati, nglakson mesin mati juga, apalagi ngidupin lampu utama.

      Ternyata, sekering putus tp agak ngefong, alias agak nyambung dikit. Jadi saat diberi beban mesin drop

  18. aom berkata:

    Omm motor ane pulsar 200cc mau tanya pertamanya motor korslet sein klakson nyala stater nyala trus. Sekarang malah pengapian sebelah kanan mati apanya mass . mohon bantuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s