Membayar Denda Tilang Tanpa Sidang di BRI


Bagaimana menebus SIM atau STNK jika kena tilang? Bagaimana membayar denda tilang tanpa sidang? Bagaimana membayar denda tilang di Bank BRI?

Bahkan tangkapan kamera google map membuktikan bahwa lampu lalu lintas ini tidak dipatuhi pengguna kendaraan

Tilang tanpa sidang? Ya, saya baru sekali mengalaminya. Berawal dari melamun berakibat kendaraan, sepeda motor saya auto pilot, hingga tidak sadar menerobos lampu merah. Dan prittt! Saya dihadang pak polantas seperti yang saya kisahkan pada tulisan sebelumnya di ditilang karena melamun. Nah silahkan baca kisah ditilang karena melamun tersebut sebagai mukadimah tulisan ini. Biar nyambung.

Surat tilang warna biru untuk dilampirkan di setoran BRI

Jadi setelah ditilang karena melanggar lampu merah, saya diminta membayar denda tilang langsung ke BRI, bisa juga transfer, dan bukti setor atau transfer nantinya sebagai bukti buat nebus barang jaminan tilang, baik SIM atau STNK yang ditahan di Polresta Bekasi. Ya, kejadiannya di Bekasi Kota. Tepatnya sebelah timur terminal Bekasi. Jalan Cut Mutia Raya. Seperti gambar di atas.
Selang 2 hari, tepatnya Senin , pulang ronda (tugas malam di tempat kerja), saya mampir Polresta Bekasi. Karena saya yaqin di Polres juga ada loket Bank BRI. Setelah parkir kendaraan di parkir khusus (tentang parkir sepeda motor di Polresta saya kasih tips parkir gratis lain kali), saya langsung masuk gerbang Polresta, saya ditegur untuk membuka jaket saat bertanya posisi penebusan jaminan tilang di pos piket jaga, pintu masuk. 

Saat masuk, saya langsung menuju loket BRI, ternyata, loket BRI hanya melayani pembayaran untuk pembuatan SIM. Sedangkan setoran denda tilang harus ke BRI cabang kota Bekasi yang beralamat di Jl. Ir. Juanda No. 93, Bekasi Jaya, Bekasi Timur, Kota Bks, Jawa Barat 17111. 

Bank BRI kota Bekasi

Alamat tersebut sebenarnya tidak jauh dari kantor Polresta, tapi bolak-baliknya yang bikin jengah. Tapi apa boleh buat, demi tanggung jawab atas pelanggaran yang saya lakukan.
Langsung saya menuju parkiran, mudah-mudahan nanti masih depat ruang parkir gratis lagi. 

Form setor nitip denda tilang

Sampai Kantor BRI, antrian pembayaran cukup panjang, padahal ada beberapa loket. ‘Pesakitan’ macam saya, yang mau bayar denda tilang ternyata cukup banyak, bukti bahwa taat lalu lintas jika ada pengawas yaitu polantas.

Arah panah adalah masuk dan keluar kendaraan, titik merah adalah lokasi parkir sepeda motor

Setelah bayar dapat bukti transfer, langsung saya menuju parkiran, di Bank BRI ini, bayar parkir 2 ribu perak. Yang aneh, penjaga parkirnya tidak memakai seragam layaknya pada BANK yang memiliki parkir resmi. Padahal ruang parkir juga berada dalam satu lingkup gedung dengan pintu pagar yang sama. Penjaga parkir di BRI kota Bekasi ini, lebih mirip penjaga parkir liar, layaknya parkir di pasar tradisional atau pinggir jalan yang dikelola ‘ormas-ormas itu’. 

Bahkan pak polisi ikut antri menunggu pintu buka


Keluar parkir Azan Duhur berkumandang, kalo langsung balik ke Polresta, saya yaqin masuk jam istirahat, yang berarti pelayanan juga ditunda. Saya memilih menuju masjid di seberang kantor BRI ini, guna menunaikan panggilan Ilahi. Gedung  d baru masjid ini masih tahap pembangunan. Tapi masjid lama masih berdiri dan cukup luas. Setelah selesai shalat, saya lanjut menuju Polresta untuk menebus SIM yang ditahan.

Masjid ini tidak terdeteksi di google map, sehingga tidak ada foto dalaemannya, padahal cukup besar


Saya sempat mampir makan siaomai di sekitar parkir yang dikelola ‘ormas’, sembari menunggu jam istirahat usai. Oh iya, saya masih dapat ruang di area parkir gratis.
Setelahnya, kembali masuk ke kantor Polresta dan ternyata pelayanan penebusan jaminan tilang, masih menunggu jam istirahat usai. Setelah buka kami (ada beberapa ‘pesakitan’) mengumpulkan bukti transfer bayar denda tilang dari BRI. Menunggu lagi. Selang beberapa menit, kami dipanggil bergantian dan menerima jaminan kembali. Selesai.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Membayar Denda Tilang Tanpa Sidang di BRI

  1. rahmatkw berkata:

    Itu ke polresnya sebelum tanggal sidang atau setelah lewat tanggal sidang mas,terus berapa mas transfer ke bri dan di polres dikembalikan brapa uang dendanya

  2. makibau berkata:

    kalo melanggar lampu merah sambil melamun kena berapa om?

  3. Chintia berkata:

    kalau transfer bisa tidak mas?
    trus d surat tilang kan ada tanggal pengambilan y,pengambilan y harus sesuai tanggal tersebut atau gmna mas?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s