Bajaj ‘Jalitheng’ Pulsar 220 Hibernasi


Sudah 2 Minggu, Pulsarstrada 220 teronggok di tanpa daya di teras rumah. Hibernasi, tidur, bukan mati. 

Mojok, minggir dulu

Hal ini berawal habisnya kampas rem depan yang tidak terdeteksi, hingga menggerogoti piringan atau disk rem depan, alhasil piringan menjadi tipis dan mudah mleot. Saya lupa mengganti diskpad atau kampas rem depan yang menjadi andalan pengereman Jalitheng.

Shick depan kanan dan shock belakang kiri, seal jebol. Piringan rem depan tipis dan kaliper rem belakang rusak

Memang, sudah 2 bulan lebih, Jalitheng hanya memiliki pengereman depan saja, rem belakang rusak, piston kaliper macet, tidak mau balik dan menjepit piringan rem. Sudah berulangkali diupayakan perbaikan, tapi belum berhasil, sehingga rem belakang saya nonaktifkan sekalian.

Ini adalah kaliper rem belakang setelah piston dikeluarkan menggunakan tiupan angin kompresor

Karena pengereman hanya mengandalkan depan, sehingga boros kampas rem. Biasanya saya rajin mengecek dan mengganti dengan yang baru. Nah terakhir kali penggantian, saya pikir belum genap 2 Minggu, jadi saya masih cukup yaqin dengan kampas rem tersebut, ternyata dugaan saya keliru, muncul bunyi mencurigakan akibat piringan tergerus besi. Ternyata piringan sudah aus dan berubah mirip plat tipis, ngeri kalo masih dipakai.

Pinjem motor ibunya anak-anak

Saya coba cari piringan pengganti, velg modifikasi OLD V-IXION, piringan lebar diameter 30 cm, ternyata cukup sulit didapat, perbaikan rem belakang juga belum berhasil, akhirnya saya putuskan nyemplak Hayate untuk sementara sampai Jalitheng punya rem kembali.

Kerusakan lain dari Jalitheng Pulsar 220 saya adalah, jebolnya seal shock belakang yang kiri, dan seal shock depan yang kanan. Lengkap sudah. Okelah, biarlah bobo cantik dulu si Pulsar, sampai batas waktu yang tidak saya tentukan. 😂
—————–

Posted anda published from mi Prime Cungkuwo

7 respons untuk ‘Bajaj ‘Jalitheng’ Pulsar 220 Hibernasi

  1. ganti pake rem tromol ae bos, biar dikira pulsar 180 ug4 modif 220.
    kirain rem belakang cakram lebih pakem dan awet?
    dan shock depan bocor(kalo dah diganti sealnya pakein cover penutup shock biar gak kena debu/lebih awet).

    Suka

Tinggalkan komentar