Perbaiki Switch Handle Kopeling pakai Baigon Semprot


Bermula ngambeknya si Jalitheng Bajaj Pulsar 220 saya, yang sulit distarter saat panas. Kejadian saat berangkat kerja, kebiasaan saya kalo ketemu perlintasan dan lampu lalu lintas menyala merah, maka saya berhenti dan mematikan kendaraan. Seharusnya meski gigi masuk, tarik handle kopeling, starter langsung greng, nah belakangan mesti di netralin baru bisa. Ini adalah gejala karena sudah lama switch handle kopeling tidak dibersihin, biasanya saya semprot cleaner dari luar sudah cukup.

 

semprot disela-selanya dengan pembersih seperti WD dan semacamnya

semprot disela-selanya dengan pembersih seperti WD dan semacamnya

Parah lagi kejadian terakhir, saat mesin dimatikan di perempatan lampu merah, ternyata untuk menghidupkan lagi harus nunggu beberapa menit, sekira 2-5 menit, baru bisa distarter. Mirip gejala body comb yang aus. Tapi saya masih yakin bahwa ini karena switch handle kopeling yang kotor.

Malam-malam handle dan switch kopeling saya bongkar, nunggu anak pada tidur biar tidak digangguin, maklum, kalo sudah bongkar motor dan ketahuan sama ketiga anak saya, maunya semua ingin jadi tekhnisi, Berbagai kunci dipegang, getok sna getok sini 😀 . Dan memang lagi beruntung, meski nyari solar yang tidak ketemu, akal akalan dijalankan.

kalio rajin mbersihin, cukup semprot dari luar

kalio rajin mbersihin, cukup semprot dari luar

Seperti gambar di atas, kalo cleaner macam WD, ada moncong yang bisa disambung selang mini, dan disemprotkan ke sela-selanya. Cukup seminggu sekali, tidak perlu bongkar. Karena saya sudah lama tidak bebersih, ya harus bongkar.

Bongkar, dan perhatikan lidah switch, mudah mental, apalagi malam hari

Bongkar, dan perhatikan lidah switch, mudah mental, apalagi malam hari

lidah switch, yang geser di dalam switch sempet mental dan kebingungan nyarinya, karena gelap, meski sudah pakai senter. alhamdulillah ketemu. Esoknya langsung saya test jalan seperti kejadian lalu, matiin di perempatan lampu merah yang sama, tanpa dinetralin langsung starter dan jreng. Alhamdulillah.

Gambar saya ambil dari blognya Ardiantoyugo (klik untuk kasus yang sama) karena saya malas foto-foto, cuma saya edit saja.9tri)

 

 

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Perbaiki Switch Handle Kopeling pakai Baigon Semprot

  1. ardiantoyugo berkata:

    Awas sek nyemprot melu klenger… :mrgreen:

  2. mas huda berkata:

    Alhamdulillah lancar lagi ya

  3. Helmi berkata:

    Mas tri, mau tanya. jika ketika kunci kontak di on kn, trus kelistrikan tetap mati (seperti spedo, lampu netral, klakson, sein dll). kemudian ketika tuas koplik ditarik kelistrikan menyala, dan jika dilepas, kelistrikan kembali mati. indikasinya apa jika seperti itu mas?. Kemudian saya coba starter (ketika kopling ditarik) yang bunyi hanya bendiknya “kreek…Kreeek”, dan dinamo starter tidak nyala/hidup/muter. Kemudian saya coba dengan jalan di jumper langsung di bendiknya, dinamo starter muter, hanya seperti berat sekali dan tidak bisa menyalakankan mesin motor. T.T, newbie mohon pencerahan dari suhunya ni, hehe..saya pakai pulsar 220f. trims mas.

    • -Cek Aki, kepala aki, pastikan bagus
      -Cek juga Socket-socket konektor, termasuk socket sekering dan sekering ya

      Kalo semua bagus dan masih muncul kendala yg sama, bisa jadi dinamo starter bermasalah mungkin areng atau carbon brush nya habis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s