Tiger Klasik, Bisa jadi Pesaing Estrella


Honda GL Japs Style

Honda GL Japs Style

Mencoba mengulas CB CB an bukan cabé-cabéan lho. Trend motor klasik atau retro memang everlasting, tidak ada matinya. Kejenuhan akan motor plastik membuat para owner motor batangan modern, merubah tampilan tunggangannya layaknya motor jadul. Baik sekedar modifikasi maupun custom (kastem) dengan berbagai aliran retro.

Honda Tiger sebagai cicitnya GL series juga banyak yang terkena wabah retro ini. Tampilan moderen disulap menjadi ala Honda CB 100. Gelatik, tenarnya.

Konsekwensi modifikasi/custom bike seperti potong rangka, redesign tangki (tangki jadi juga tersedia di pasaran) dan berbagai penyesuaian model yang diinginkan memerlukan ketelitian dan kesabaran.
Bagi yang berduit dan tidak mau repot bisa menebus motor klasik modern seperti Kawasaki Estrella. Retro dan siap gas.
Tapi bagi penggemar custom dan modifikasi, justeru rebuild tunggangan menjadi keasyikan tersendiri. Ada kebanggaan yang sulit digambarkan, yang tidak didapat dari memakai motor siap pakai.

Kawasaki Estrella, retro modern

Kawasaki Estrella, retro modern

Bagaimana jika pabrikan merefresh GL series dengan tampilan retro? Honda Tiger 200 CC tampil dengan wajah yang benar-benar old school,  harga sesuai yang saat ini. Daripada tidak laku, apa salahnya membuat mimpi retro mania yang pengin Kawasaki Estrlla tapi kemahalan. Tapi hal tersebut sekali lagi tidak menarik bagi penggemar custom atau modifikasi. Karena tidak ada seni dan keasyikan saat rebuild dan mengumpulkan pernik-pernik yang diperlukan dalam membangun sebuah custom bike.

Dalam modifikasi ala CB, biasanya tidak sekedar tampilan, tapi juga jeroan mesin. Istilahnya upgrade, biar masuk kategori CB gaul atau CB ndugal. Mulai dari sekedar porting polish, bore/stroke up, ganti knalpot racing, ganti karburator, CDI dan sebagainya.

Oil cooler Honda Tiger Kang Arie Sesat

Oil cooler Honda Tiger Kang Arie Sesat

Nah guna mendukung pelumasan mesin yang naik kubikasinya, seperti CB gaul, Tiger bore up dan beberapa sepeda motor yg masih mengandalkan pendinginan mesin model sirip, beberapa owner memasang pendingin oli atau oil cooler layaknya Satria FU, bahkan mengaplikasi oil cooler bebek monster besutan Suzuki tersebut. Untuk lebih jelasnya kegunaan oil cooler pada GL series silahkan masuk ke blog sesat Kang Arie di Pasang Oil Cooler Biar Cool atau pemasangan oil cooler oleh begawan Martini di Tips…do it yourself…membuat lubang nipel oil cooler honda cb atau gl series.(tri)

 

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di modifikasi, motorcycle dan tag , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Tiger Klasik, Bisa jadi Pesaing Estrella

  1. demang soegax berkata:

    waini hidup gl200 🙂

  2. I-Am berkata:

    keciillllllllllll
    serahkan ahlinya

  3. agoey berkata:

    thunder 125 juga perlu diklasikkan tuh..dri pada nunggu gudang karna gak laku..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s