Blog Otomotif Membludak


image

Sebagian blog sudah lumutan 😀

Berita otomotif di blogsphere nampaknya seimbang dengan berita politik di layar kaca sekarang ini. Setiap menit selalu ada bahan berita yang bisa di posting. Jumlah pewarta wargapun semakin banyak, bisa dibilang membludak. Sulit menghitung.

Misal di RSS indomotoblog.net yang berisi hampir seluruh blog otomotif seindonesia, saya coba hitung bebepa kali ternyata cukup kerepotan, maklum saya buka pakai ponsel kecil, mungkin sekira 140 blog lebih.
Ini baru di satu agregrator. Masih banyak blog otomotif yang mungkin belum masuk di RSS tersebut. Misal yang tergabung di Koboys, Jatimotoblog dan agregator lain.
Di agregrator otobloggerindonesia ada 20 blog (termasuk yayuksentul), jika ditambahkan sudah menyentuh angka 160 narablog. Belum media online profesional seperti detikoto, otomotifnet dan sebagainya.
Berita otomotif memang cukup populer di kalangan peselancar dunia maya. Bahkan di top post Blog Of The Day wordpress, berita otomotif sering merajai 10 besar.
Hal tersebut menandakan bahwa pertumbuhan otomotif semakin meningkat.
————
Nah, pada tiga bulan 2014, laba bersih Astra sebesar Rp 4,7 triliun, sedangkan laba bersih dari divisi otomotif sekitar Rp 2 triliun. Artinya, sumbangan otomotif kepada total laba bersih Astra pada akhir Maret 2014 sekitar 46,5%. ….. pohon bisnis Grup Astra terdiri atas enam lini bisnis inti, yaitu Divisi Otomotif, Jasa Keuangan, serta Alat Berat dan Pertambangan. Selain itu, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, serta Teknologi Informasi. Untuk otomotif, dua penyumbang terbesar adalah kelompok sepeda motor, yakni lewat PT Astra Honda Motor dan kelompok mobil di antaranya Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor. (edorusyanto)
———-
Dari kutipan di atas jelas bahwa otomotif menjadi penyumbang laba terbesar grup Astra International. Dari tulisan Eyang Edo tersebut juga menggambarkan bahwa konsumen otomotif, baik mobil maupun sepeda motor semakin bertambah. Jadi wajar jika berita otomotif menjadi primadona di blogsphere.
Beberapa blog otomotif (khususnya wordpress) juga mulai banyak yang beralih ke domain dot com (.com). Pendapatan dari iklan ads on berdasar hits blog cukup menarik. Hal ini sepertinya ikut mempengaruhi blogger otomotif berlomba membuat berita yang menarik tentang otomotif.
Akses data internet dan smartphone semakin terjangkau; ikut andil ramainya dunia blogsphere. Tidak perlu lagi mengetik artikel menggunakan PC atau laptop/notebook, cukup tablet bahkan gadget mini dengan satu tangan pun sanggup melayani penuangan ide berita ke sebuah artikel. Tidak perlu ruang khusus, sambil berdiri di angkutan umum bahkan sambil jongkok di WC umum pun bisa mengetik dan memposting artikel.
Beberapa hari terakhir, sebagian besar artikel saya ketik di angkutan umum. Bahkan artikel 1+1=0 saya ketik sambil berdiri di KRL Commuterline dari Jatinegara hingga Kranji (saya naik dari stasiun Manggarai-Bekasi), lantas saya posting saat saya sudah turun kereta dan berganti naik angkot pulang menuju rumah di Bekasi.
Oh iya tulisan 1+1=0 itu bukan tentang otomotif. Saya memang agak jarang menulis khusus otomotif. Tidak intens seperti awal ngeblog di wordpress. Hal sama dialami kawan obiwan, passion otomotif mulai luntur. Bahkan mereka sangat jarang menulis di wordpress. Sehingga muncul istilah ‘blog lumutan’. Nampaknya semakin banyaknya pewarta warga bernafaskan otomotif menjadi kejenuhan tersendiri. Tidak lagi menarik. Ide menulis tidak jauh beda. Sebagian kawan obiwan lebih aktif di twitter dan Instagram.
Sekarang cukup menikmati tulisan dari kawan-kawan blogger, beraneka macam. Semakin banyak. Misal tentang moge, jika dulu bisa dikatakan hanya Bro Satar aka Mbah Dukun yang mengulas, sekarang ada Monkeymotoblog, Om Kobay dan masih banyak lagi. Oh iya artikel ini saya ketik menggunakan ponsel samsung wonder sambil tiduran. Apakah pembaca seorang pewarta warga?(tri)

**************
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Ngeblog dan tag , , , , , . Tandai permalink.

24 Balasan ke Blog Otomotif Membludak

  1. adhyg13 berkata:

    saya blogger yang tak pernah benar2 menjadi blogger pun mulai jenuh 😀

  2. nbsusanto berkata:

    akhir akhir iki meh nulis r2 kok males soale bahasan e kuwi kuwi ae ndakne podo ro liyane.. makane suwe ra nulis r2.. :mrgreen:

  3. fajardinihari88 berkata:

    lumutan yo… bersih-bersih…pindah jalur hahahahaha

  4. Plat-R berkata:

    menulis (itu) minat atau bakat?
    *jere wak kaji “menulis itu kata kerja”
    jadi ya gitu deh.. xixixi

  5. Banyak memang,… tapi miris kalo postingan akhir akhir ini,… banyak yg sama artikel dari satu sumber pabrikan, kemudian berita rilis seolah menjadi menu utama,… hanya segelintir bloger yang punya karakter kuat itu menurut pandangan ane kang,… tp itulah fenomena yg terjadi, tidak perlu di cegah apalagi diobati… cukup disindir…. yukkk mareeee… bikin blog yg punya karakter,… jangan cuma ngikut-ngikut yang sudah ada…. ehhh… kaburrrrrr ahhh….

  6. shumy27 berkata:

    akuuuu….*malah lali 🙂

  7. Bjl berkata:

    passwordku lali jek..

  8. Ping balik: CBR Diskon Rp13 Juta, Kejet-Kejet | Triyanto Banyumasan Blogs

  9. Jhon Gotti berkata:

    Hahaha .. lucu lucu koment nya
    anyway untuk referensi seputar mobil terbaru silahakan cek disini gan
    http://mobilterbaru.info

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s