Saat Amira Menangis


“Bacain ayat kursi dong yah” bisik isteriku saat si orok Amira menangis seolah tak mau henti. Saya tidak serta merta mengiyakan bisikan isteri. Ada ganjalan dalam hati yang sulit diungkapkan. Entah mengapa jelang tengah malam si orok rewel, menangis histeris dalam tempo yang lama. Seolah kesakitan yang teramat sangat.
Bedong dibuka biasanya diam, ini masih menangis. Diberdiriin di atas perut saya biasanya langsung tertawa tapi kali ini gagal, diayun tetap menangis, bahkan air susu ibu pun ditolaknya. Akhirnya saya ayun,  bopong dengan kedua tangan saya, masih histeris.

image

Ayat Qursi

Bukan saya tidak hafal ayat qursi, tapi benarkah ayat qursi (Surat Al Baqarah ayat 255) atau bacaan Al Quran lainnya mampu menghentikan tangis bayi? Dan benarkah niat saya jika membaca ayat Al Quran karena tangis bayi?  Sedangkan sepengetahuan saya membaca Al Quran adalah perbuatan ibadah, dan semua ibadah jika bukan diniatkan karena Allah adalah batal. Antara kalut mendengar tangisan si orok dan kecamuk niat dalam hati membuat saya makin berpikir keras. Apa yang harus kulakukan agar si orok bisa berhenti menangis dan tidur ?

image

AL ikhlas

image

Al Falaq : waktu subuh

image

An Nas : manusia

Akhirnya sambil diayun di tangan, saya bisikan do’a sebelum tidur di telinga si orok yaitu bacaan surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas, masing-masing 3 kali (jika buat diri sendir, setelah selesai tiupkan ke telapak tangan dan usapkan ke sekujur tubuh, dari muka hingga kaki). Alhamdulillah, perlahan tapi pasti Amiraku sayang mulai tenang, matanya mulai terpejam, nafasnya sesekali masih tersengal sisa tangis. Dengan tetap dalam ayunan tangan, Amira pulas, dengan penuh kehati-hatian saya letakan di pembaringan, sempet terbangun tapi sesaat kemudian kembali pulas.
Pertanyaannya, apakah si orok menangis karena gangguan makhluk ghoib atau marah kecapaian melek? Apakah si orok tidur karena bacaan saya atau kelelahan menangis?  Hanya Allah swt yang tahu, semuanya saya kembalikan pada-Nya. Semoga Allah swt, Zat yang membolak balikan hati, meluruskan niat hamba-Nya. Amin
Sudahkah pembaca membaca kitab suci anda hari ini? (tri)

————————————–
Posted from WordPress for Android P6200 retak

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Al-Quran dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Saat Amira Menangis

  1. Maskur berkata:

    nek cara mboke kepriwe?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s