Trotoar Milik Siapa


image

hati-hati neng..!!

Trotoar sebagai bagian dari jalan umum adalah fasilitas bagi pejalan kaki, tapi dengan semakin membludaknya pengguna kendaraan bermotor juga berdirinya berbagai gedung, perkantoran dan area usaha di pinggir jalan, fungsi dan kepemilikan trotoar banyak diakuisisi oleh pemilik bisnis atau gedung pinggir jalan umum tersebut.

image

kios kecil dan parkir showroom motor di trotoar

Tak perlu sulit untuk menemui hal-hal tersebut, tiap kali kita melintas di jalan raya, khususnya jalanan Ibukota maka akan kita jumpai alih fungsi trotoar. Dari tempat parkir kendaraan oleh parkir liar, showroom mobil/motor, parkir resto, jalur busway, dan banyak lagi alih fungsi trotoar lainnya.

image

doc: Edo Rusyato's trafik

image

leader, yang lain menyusul

Pemda DKI bukan tidak tahu tapi pembenahan di sektor ini memang sedikit yang peduli, dari pengguna trotoar itu sendiri juga pengguna kendaraan yang suka menyerobot naik ke trotoar. Penyuara hak akan trotoar di timeline seperti @trotoarian @trotoarguard @jalankaki atau yang lain tidak henti bersuara berharap ada perbaikan.
Obrolan bareng Mas Glen admin @jalankaki saat acara kombi di Kuningan juga menyoroti trotoar, agar suatu saat ditetapkan bagi pemilik/pengelola gedung untuk bertanggung jawab dengan trotoar di sekitar gedung tersebut. Sehingga trotoar lebih indah dan nyaman bagi pengguna jalan serta semakin mempercantik gedung yang ada di sekitarnya.

image

memakai trotoar dan badan jalan untuk parkir

Memang saya jarang menggunakan trotoar, tapi miris juga ketika melihat pejalan kaki mesti berebut dengan kendaraan bermotor, padahal jalur keduanya seharusnya beda dan tidak perlu saling berbagi bahkan berebut.
Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Jalan jakarta dan tag , , , , . Tandai permalink.

9 Balasan ke Trotoar Milik Siapa

  1. bapakeVALKYLA berkata:

    realita di ibukota…

  2. extraordinaryperson berkata:
  3. billbull berkata:

    wah… salah satu fotonya di jalan raya Kapuk dekat Kompleks Grisenda yah. kalau iya, berarti tetanggaan kita bro…

  4. gold account berkata:

    Macet dan kesemrawutan lalu lintas adalah masalah utama dari transportasi dimana volume kendaraan tidak sebanding dengan jalan sebagai prasarana transportasi darat. Dan macet mempunyai banyak dampak ke sektor yang lain. Macet tidak hanya disebabkan oleh perbandingan jumlah kendaraan dan jalan yang tidak sebanding, tetapi juga aktivitas yang mengganggu penggunaan jalan bisa menjadi pemicu kemacetan. Seperti pedagang kaki lima yang menggunakan trotoar, parkir kendaraan yang menggunakan bahu jalan, pasar yang meluber sampai ke jalan dan sebagainya dan juga masalah-masalah lain yang bisa memicu kemacetan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s