Sambut Kegembiraan


Assalamu’alaikum…

Innalhamdalillah…
Persiapan Ramadan
1. Bertaubat kepada Allah swt. Membersihkan diri dan hati agar senantiasa tunduk patuh kepada Allah. Bertaubat dengan taubat yang sungguh-sungguh.

2. Saum Ramadan. Ayat Al Quran menyeru orang yang beriman untuk berpuasa. Setiap ada kata “amanu” maka setelahnya ada perintah atau juga larangan. Maka perhatikanlah bagi orang yang beriman. “setiap umatmu (Muhammad) akan mendapat pengampunan kecuali orang yang melakukan dosa secara terang terangan” . Peringatan bagi mereka yang terang terangan makan di tempat umum saat bulan Ramadan.

3. melaksanakan qiyamurramadan. Shalat malam atau tataweh. Dengan bersungguh sungguh melaksanakannya. Bahkan Tosul dan para sahabat yang sudah dijamin masuk syirga oleh Alloh senantiasa bersungguh sungguh beribadah kepada Allah. “barang siapa melaksanakan qiyamurramadan secara bersungguh sungguh hanya berharap ridlo Allah maka akan dihapus dosa dosa dari padanya”

4. Tilawatil Quran. Imam Malik dan imam Syafi’i senantiasa berinteraksi dengan Al Quran demikian juga para sahabat Rosul SAW. Ibnu Abas menyatakan bahwa Rosul SAW senantiasa tadarus bersama malaikat Jibril tiap malam bulan Ramadan.

5. Meningkatkan kedermawanan. Bershodaqoh. Meningkatkan kualitas shodaqoh.

6. Mengejar ibadah yang bernilai sunah. Membenahi pemahaman bahwa sunah hanya tambahan ibadah yang tidak penting. Jelas Rosul memberi contoh mengerjakannya maka menjadi utama sebagai umatnya untuk mengikutinya.

7. I’tikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Berdiam diri di mesjid mengkhususkan untuk beribadah kepada Allah swt. Lailatil Qadar. Malam yang lebih utama dari seribu bulan harus dicari. Bukan berdiam menunggu tapi beramal tuk menggapainya.

Semoga kita lulus melalui Ramadan ini dan dipertemukan dengan Ramadan yang akan datang. Amin.
(Petikan khutbah Jumat siang ini, masjid Baiturrahman Ancol , taman impian.)

Bersama ini saya atas nama penulis blog Mohon maaf lahir batin kepada segenap pembaca. Semoga kita diselamatkan dalam ramadan ini dan dipertemukan pada Ramadan tahun depan. Amin
Wassalam’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Ancol, Renungkanlah dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sambut Kegembiraan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s