Video Mapping di PRJ yang Mubadzir


Bagi anda yang nyambangi even Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran mungkin saat parkir kendaraan (khususnya sepeda motor) akan melihat ada pewarnaan khusus dinding depan Gedung PRJ menggunakan video.. Video yang menampilkan berbagai produk pendukung even PRJ ini terpampang begitu luas di dinding putih kelabu tersebut

image

Ada running teks MILD juga LEAGUE dan sebagainya. Apa sih VIDEO MAPPING.

Mari tanya wikipedia
Video mapping merupakan sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optis  pada obyek – obyek. Obyek – obyek tersebut secara visual akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan sangat fantastis. Perubahan visual tersebut terjadi dari sebuah proyeksi yang menampilkan grafis video digital kepada suatu obyek, benda, atau bidang. Video Mapping sebagai metode baru yang menarik adalah bagian dari evolusi seni visual. Sebagai manifestasi pencitraan seni visual dan teknologi. Para seniman dapat mewujudkan ide yang mereka desain kedalam materi 3D apapun di dalam bentukan arsitektur.Video Mapping menggabungkan pemetaan film dan video sebagai strategi pertunjukkan. Disatukan dengan perjalanan visual-narasi kita dapat mempromosikan kepekaan lokal & global dari identitas sebuah tempat, orang, dan sejarahnya.
Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di video mapping Wikipedia Indonesia
Sebelumnya saya awam akan mapping video, mulai mengenal saat ada mapping gedung Balai Kota DKI, selanjutnya mengenal di pekerjaan yaitu Mapping gedung di Fantastique Magic Fountain Show Ocean Ecopark Ancol yang show tiap hari jam 19.00 atau jam 7 malam. (mungkin lain kali diceritainnya)
Saat parkir motor di PRJ saya langsung tertegun melihat gedung yang begitu luas digarap mapping video, meski tidak kentara, karena perbedaan warna yang kurang mencook dari dinding aseli juga pencahayaan yang berlebihan semakin membuat mapping video ini mubadzir, langsung mataku mencari asal gambar mapping tersebut yang pasti berasal dari projektor dan saat kuhitung ada 14 unit projektor berkapasitas tinggi tersebar di area parkir motor… Jumlah yang tidak sedikit bagiku yang awam ini. Tapi sayang karena pencahayaan yang tidak proposional jadi mubadzir.. Lihatlah efek gedung hancur berikut

image

Kurang kentara dan jarang sekali pengunjung yang tertarik untuk memperhatikan, mungkin hanya mereka yang pernah dan masih berkecimpung di dunia efek video yang memperhatikan.
Andaikan pencahayaan sekitar gedung lebih redup mungkin akan lebih hidup seperti gambar editanku berikut

image

Tampak lebih hidup bukan? Sayang sekali, menyatukan 14 projektor untuk menampilkan gambar yang saling mendukung dan bersambung perlu kecermatan dan ketelitian dan pasti makan waktu dan biaya harus mubadzir karena memang tidak pada tempatnya, parkiran perlu penerangan layak agar lebih aman sedang layar atau dinding gedung dan sekitarnya sebagai screen video perlu pencahayaan minimal agar gambar lebih tajam..
Bagi para ahli silahkan share ilmunya tentang mapping video. Terimakasih. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Ngeblog dan tag , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Video Mapping di PRJ yang Mubadzir

  1. Maskur berkata:

    aku rung tau meng PRJ

  2. #99 bro. berkata:

    prj ki ngendi to..

  3. jaka berkata:

    Amazing sekali gan,, lanjutkan

  4. Gogo berkata:

    kasian teknisi yg masang..
    keren bgt pdhl.

    • arie berkata:

      iya brow itu slama 1 bln full kita pasang,kita team dri surabaya,memang sayang banget tp itu dah kputusan dri pihak PRJ jdi kita gak bs apa2 pdhal pas setting lampu kita coba matikan semua hasile bagus……..

  5. arie berkata:

    @Triyanto terima kasih atas ulasan commentnya saran jg kritiknya bagus banget,memang sangat mubadzir sekali sharusnya bisa bagus banget jd gak maksimal hasilnya……kita udah berusaha semaksimal mngkin settingnya tp ya mau gimana lgi……..

  6. bakersdlies.com berkata:

    Great info. Lucky me I recently found your site by accident (stumbleupon). I have book marked it for later!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s