Indahnya Masa Remaja


Keindahan Masa remaja memang tak tergantikan, sampai ada yang bilang “nikmatilah hidupmu, mumpung masih muda”. Kadang akupun jadi ingin mengulang keceriaan masa remaja itu. Bandel yang kadang lucu dan ngegemesin kalo diinget. Bandel khas remaja tentu, mungkin ada yang suka atau pernah tawuran antar pelajar, merokok di toilet sekolah, sampai ngintip (parah), bahkan hoby mboncengin siswi siswi secara berganti, saking seringnya sampai lupa siapa aja dulu yang pernah diboceng 😀 (lali jenenge, eling rasane :mrgreen: ) , kadang minggat dari sekolah atau bolos sekolah dan pergi refresing bareng teman satu geng, weh.. jadi inget ban bocor 2 kali saat minggat ke pegunungan Dieng Wonosobo.

Seperti para ABG pada gambar di atas, tanpa ragu sama sekali langsung ngendon di depan panggung musik rege dan joged bareng, anak-anak umuran SMU ini mungkin sedang liburan bareng, PDnya karena banyak temannya kali ya, kalo sendirian masa mau goyang gayeng koyo wong edyan 😀 . Yah raut bahagia tanpa beban hidup terpancar dari wajah-wajah muda, keceriaan masa muda terlalu sayang untuk dilewatkan.

Tapi sayang kadang keceriaan karena terbawa pergaulan teman-temannya malah kebablasan dan penyesalan hanyalah hal percuma di kemudian hari. Terus gimana memfilternya yah ? Sulit emang tapi harus bisa. Serba salah, gak bergaul ntar dibilang kolot, malah bisa berefek bandel telat nantinya, sudah tua malah bandel 😀 .  Menikmati usia remaja tidak harus berhura-hura kan, mengisinya dengan hal yang lebih manfaat agar bisa dibanggakan pada anak kelak kemudian hari saat kita sudah berkeluarga “begini lho dulu waktu bapak ibumu muda” .

Sekolahpun tidak harus terus mencekoki otak dengan pelajaran sesuai kurikulum yang berlaku, kegiatan ekstrakurikuler seperti pecinta alam atau pramuka merupakan kegiatan ekstra yang mengajarkan para remaja untuk bermasyarakat, bukan cuma les mafika (matematika, fisika, kimia) lepas pelajaran sekolah, sebenarnya bagus juga, tapi (imho) seorang siswa yang terus dicekoki dengan pelajaran demi meraih nilai dan rangking terbaik akan lebih sulit menghadapi masyarakat nantinya setelah lulus. Dan belum tentu siswa mampu mengaplikasikan ilmunya itu karena kelamaan bergelut dengan teori.

Beberapa kawanku yang bandel malah jadi orang yang lebih berada, baik secara strata ekonomi maupun pergaulan kemasyarakatan. Dia (temanku) waktu SMP pernah minggat dari sekolah buat ngamen, padahal sebenarnya duit gak perlu-perlu amat, bahkan saat STM (karena gak satu sekolah) sering kujumpai di terminal kaya preman berseragam. Beberapa tahun yang lalu setelah sekitar 6 tahun tidak bertemu, aku mendapat telpon bahwa dia sekarang memiliki pekerjaan dan pendapatan yang cukup menggiurkan.

PR beratnya, membiarkan pergaulan remaja kita agar mampu bermasyarakat tapi juga harus mampu menjaga diri dari efek pergaulan tersebut, karena melarangnya secara frontal akan berefek negatif pada kejiwaan seseorang dan bisa jadi balas dendam di kemudian hari alias bandel telat, waktunya ngurus anak malah keluyuran. IMHO. Yah itulah remaja, kenanglah agar kita bisa tersenyum dimana seharusnya kita marah. Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di sosial dan tag , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Indahnya Masa Remaja

  1. kalimalang rider berkata:

    lali jenenge, eling rasane…laik dis tenan 🙂

  2. gogo berkata:

    masa muda, masa penuh ‘kepolosan’.. masa remaja ane mlh abis buat ‘ngimpi;..

  3. ricthofen berkata:

    ane malah gabung ama club motor bukannya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler anak remaja

  4. boerhunt berkata:

    Jln hidup manusia memang susah diduga kang, yg sekolahnya biasa2 aja malah byk yg sukses (diukur secara materi)..sudah garis tangannya..

    nitip kang
    http://boerhunt.wordpress.com/2012/03/09/beberapa-hal-yang-mengganjal-tentang-langkah-3-menteri-menyangkut-mobil-murah/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s