@jokowi_do2 Foday Guangdong Cina Jiplak Esemka ?


Sebuah komentar muncul di postinganku tentang Plagiat atau CUma Perakitan ? Mobil Esemka bikin galau 

Proyek mobil esemka dimulai thn 2007.design dari SMKN Singosari Malang tahun 2008 dan prototipe selesai 2009, trus Foday ajak kerjasama SMKN Singosari Malang (orang cina foday datang langsung ke sekolah SMK di singosari malang utk pelajari prototipenya) tahun 2010… dan beberapa bulan kemudian tiba2 foday keluarkan seri yang mirip 99% karya anak SMK.

Membuatku bertanya-tanya benarkah demikian ? Kucoba korek-korek data original belum dapet, tapi gambar yang diberikan Mas Mukh. Arkham (dalam postinganku yang lalu) sudah cukup memberikan bukti, bahwa anak SMK kita sudah mampu memproduksi mobil dengan alat seadanya, mungkin alat seadanya inilah yang menjadikan mesin ESEMKA belum lulus uji emisi, maklum alat yang ada belum secanggih pabrik APM ternama macam Jepang dan lainnya.

engine esemka, data Bro M. Arkham

Memang di Cina tidak ada batasan explorasi produk, sehingga setiap produk yang masuk bisa dibelah dan dijiplak semaunya. Nah dari hal itu bisa saja memang si Foday mencontek 99% karya anak SMK kita, lihat saja gambar di atas, tampang sebuah SUV yang mantap dan elegan. Meskipun ketidaklulusan uji emisi Mobil ESEMKA tetep bikin galau dan berprasangka. Entahlah kelanjutannya nanti. Semoga keberpihakan pemerintah terhadap produk lokal tak sekedarnya, tapi membantu kesuksesannya juga, sehingga ada yang bisa dibanggakan dari negeri tercinta ini. SMK bisaaa. Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di car, mobil dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke @jokowi_do2 Foday Guangdong Cina Jiplak Esemka ?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s