Masuk Komunitas Demi Spare Part ?


Kelangkaan atau  Sparepart susah pada motor keluaran Bajaj Auto Indonesia atau BAI sepertinya berdampak mengharuskan konsumen Pulsar untuk bergabung dalam komunitas Pulsarian agar bisa share dan saling berbagi pengetahuan dalam menanggulangi kelangkaan spare part diantara sesama pengguna Pulsar (baca : Pertanyaan Seputar Bajaj Pulsar 220 cc), Hal ini juga yang membuatku berpikir berulang kali dan akhirnya sepertinya BATAL meminang Pulsar 220, padahal dah kesengsem, saat KOMBI 1 sempat nanya ke Bro Dono akan Durability P220 kalo dipakai untuk riding harian, apakah sparepart aman ? Tapi saya ga sempet nanya panjang lebar, habis lagi sibuk dengan PRIDESnya.

Masuk sebuah komunitas bagiku bukan hal main-main, saat dulu memakai Mega Propun pernah ditawari untuk masuk HMPC (Honda Mega Pro Comunity/club), sekarang memakai Tigerpun sempet ingin masuk club atau semacamnya, tapi belajar pengalaman dari temen di JTTR (Jakarta Thunder Tiger Rider) dimana kesolidan komunitas yang mengharuskan anggotanya berkumpul tiap sekian waktu sekali dan mesti mematuhi peraturan lalu lintas segala macam, jika melanggar maka nama komunitas akan tercoreng dimata komunitas lain. Juga mesti menyempatkan waktu untuk bisa touring bareng sekomunitas atau gabung dengan komunitas lain.

Yups, beberapa hal tersebut bagiku terasa berat, terutama touring, waktuku sebagai kuli agak susah diatur maupun diprediksi, kadang jamnya pulang ternyata ada gawean, dan taat peraturan lalu lintas juga berat, karena tidak hanya menyangkut kita pribadi, tapi nama besar komunitas, apalagi PULSARIAN, adalah komunitas yang solid dan ternama (bagiku)

gbr dari Mas Benithegreath

Pertama mengenal Pilsarian adalah POWER (Pulsar Owner) di dealer Bajaj Daan Mogot 2007 silam saat memilih antara Tirev dan P180 yang akhirnya keluarga tidak menyetujui kalo saya mengambil Pulsar karena brand baru, belum teruji kwalitasnya saat itu. Power, saya lupa nama rangernya, tapi bro ini bercerita bahwa baru saja mengawal beduk sampoerna hijau sumatera jawa, WAW… kok buka n club besar macam Tiger ? tanyaku saat itu, katanya club Tiger agak arogan sehingga Sampoerna Hijau tidak lagi memakainya… entahlah ini yang saya denger saat itu, apakah benar demikian ? saya juga ga tahu, karena belum pernah masuk komunitas motor.Lho kok jadi meleber kemana-mana nih.. 👿

Oks, sebenarnya saya naksir Pulsar dari generasi 2007 silam dan terakhir ya sama si P220, pra dan pasca launcing sebenarnya dah keredam, tapi baca perjalanan Rial Hamzah   memggunakan Pulsar220, racun itu menyerang lagi, dan mentok di spare part, karena motor bagiku buat harian kerja, mencari nafkah demi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan..hallah.. kamsude memakai Tiger aja sering ndhloshor dan sampai korengan, bahkan beberapa kali mesti nunggu spare part 14 hari kerja, bagaimana kalo memakai Pulsar, akhirnya ya mikir lagi… tapi sampai saat ini tetep VOTE 4 P220, apalagi sempat merasakan kedahsyatan powernya di Sentul saat launcing….. mak whuzzzz pokoken Gan.

(Dengan ini Gambar Orang Tanpa Izin, Saya Hapus)

Jadi haruskah masuk komunitas demi kemudahan dan pengetahuan spare part dan pengganti atau persamaan spare part ? Mikir dulu akh.. soale jyan sekali lagi tanggung jawab masuk sebuah komunitas, apapun komunitas itu ya mesti mampu ngimbangin dengan tanggung jawab sebagai KULI, kepala keluarga juga sebagai rakyat…

AYO Bajaj Auto Sales gimana nih Spare PART Pulsar

Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motomania, Motor Baru dan tag , , . Tandai permalink.

50 Balasan ke Masuk Komunitas Demi Spare Part ?

  1. pakdeguh berkata:

    kalo pake part kanibalan dari motor lain kan biso bang!

  2. vanz21fashion berkata:

    ga pengen nunggu new tiger juragan? taun depan katanya meluncur…

  3. #99 bro berkata:

    Gak komen aku..

  4. aulia berkata:

    Hiks.. nasib qt sama om T.T ttp vote P220, q dah sampe nyampe nyambangi dealer sgala buat nanyain itu.. tp jwban blom memuaskan, kayake wait&see dulu, klo opsi lain ya NMP=sambil miceki mataku dewe demi fakta SASIS KECOAK/cocroach downtube bwahahahahahaha

  5. bjl berkata:

    Ada juga lho.. Yang sudah masuk komunitas merk tertentu, tapi sparepartnya teteeep aja susah…

    *lirik Nofun..

  6. yayats38 berkata:

    semoga ke depannya bisa lebih mudah dapatkan biar saya tertarik sama motor ini … soalnya penampilannya keren 🙂
    Tks

  7. bejo berkata:

    keto e sampean cocok pak tri >>>ndang di pinaglah.

  8. extraordinaryperson berkata:
  9. kalau aku jadi sampeyan, mending motor friendly bengkel aja, service dan sparepart mudah, misal semahal apapun rante tiger tetep banyak yang jual daripada murah tapi barang ga ada. bukan fbh cuma inget cerita simbah, dulu beras murah tapi barang ga ada, sekarang beras mahal tapi barang melimpah

  10. kangmase berkata:

    sama, salah satu alasan belum manteb ambil P220 ya kayak sampeyan itu. Plek!

    http://kangmase.wordpress.com/2011/05/22/suzuki-kalah-melawan-kawasaki/

  11. kang_ulid berkata:

    sebenernya ga’ harus masuk komunitas di dunia nyata bro… ane pake xcd (yg udah di discontinue) ga masuk club tp sparepart fine2 aja… kiatnya adalah sssst… saya masuk komunitas di dunia maya… n yg paling penting kita harus brani kanibal bro…

  12. AditVixyRider berkata:

    wah..sama kita mas tri..aku juga ga jadi ambil p220 dulu waktu ganti si ijo yg crash again..akhirnya ambil v-ixion aja deh dengan segala planning yg entah kapan tercapai.. :mrgreen:

  13. Mora H. Ritonga berkata:

    kalau untuk kelangkaan sparepart itu bisa diakalin masuk komunitas dunia maya,
    ada milistnya di bajaj_pulsar_indonesia@yahoogroups.com
    ada forumnya di prides-online.com
    ada forum kaskus juga di serba-serbi bajaj pulsar all variant
    dijamin 99% gak bakal kesusaha dapetin spare-part…
    klo misal lagi kurang, TERIAK aja, pasti dapat nanti (ada yang ngasih tau), hehe….

    nitip jemuran: http://morahertanto.wordpress.com/2011/03/09/jika-saya-punya-pulsar-220/

  14. rialhamzah berkata:

    Loh kenapa kkomunitas harus dijadikan beban??? Iya kalo komunitas
    Darat mungkin ada yang namanya pelantikan lah, kobdar wajib lah
    Dan lain2nya. Tp ada komunitas maya yang bs diakses bahkan dari rumah
    Dan ga mwajibkan kopdar kok.. Prides, pulsar kaskus,,,
    Kl ad komunitas cm bikin ribet sendiri mah, sorry to say aja. Hwhwe
    Mending privater… Dulu aku jg sempet ragu mau ambil pulsar,,
    Tp ya kalo aku skrg ga puas, ga mungkin ku jual motorku n ganti pulsar lagi
    Mongtornya jarang rusak… Masih inget ganti kanfas kopling p200
    Di km 46000. Hampir mau komplen ke bajaj ko kopling ku g aus2 hihihi

  15. rialhamzah berkata:

    Nah mongtorku juga buat keliling harian, wong sehari jalannya lumayan
    Banyak. 100 km an lah,,, skrg km ud 5000.. Dr bln april kmaren,
    Makanya ku pilih ni bajaj karena kuat n sparepart murah,,
    Wkt pake sayap terbang 200 cc ampuuuun,, skrg keteng, besok kkkkopling
    Besok tensioner, besokknya jebol, besok tanki bocor.. Huaah capek aku..
    Malah sparepart muahal tenan,, ckckc

  16. agoey berkata:

    mudahan aftersalesnya lancar, sehingga tidak terjadi kelangkaan spareparts…

    http://agoey.wordpress.com/2011/05/23/juni-suzuki-putuskan-masa-depannya-di-motogp/

  17. fajardinihari88 berkata:

    Sama mas, permasalahannya sama….
    wuahhhh……ayoo lah…gantiiii :p

  18. sabdho guparman berkata:

    BAI belum gabung AISI memang itu jadi menimbulkan kesulitan bagi kita-kita untuk memperkirakan sepak terjang BAI kedepannya , apakah akan bikin pabrik,pengembangan 3s nya .

    kalau misalnya ada data penjualannya kan kita bisa tahu jumlah unit yang terjual dan kita bisa menghitung ooo wajar bai bikin pabrik dan ngembangin 3 s nya lha wong unitnya aja yang kejual sudah sekian juta unit . . . ( analisa ngawur . . . :mrgreen: )

    jemuran mas
    https://sabdho.wordpress.com/2011/05/23/bike-of-the-year-performa-byson-selayaknya-di-tambahin-meski-dikit/

    keep brotherhood,

    salam,

  19. kang_ulid berkata:

    udah beli p220 aja…

  20. satria_bajahitam berkata:

    Harga sparepart murah + langka kalo motor awet buat apa yah ? Nah kalo sparepart melimpah + mahal tapi motor minta jajan trus gimana tuh ?

  21. zaqlutv berkata:

    komunitas ama klub kalo ngga salah beda deh..
    klub memang ada aturan tertentu yg harus dipatuhi, sedang komunitas lebih cenderung ke peseduluran..
    komunitas roda dua di dunia maya kan banyak tuh, ikut itu aja, yach terkadang memang ada kopdar, tapi boleh ikut boleh ngga..

  22. blognyamitra berkata:

    Ikut komunitas kudu ngorbanin waktu, sekarang udah susah nyari waktu luang…

  23. gunawanspurs berkata:

    Kang, dari pengalaman sy bawa P200, mulai dari KM 3000 s/d saat ini KM 33.000, parts yg ganti baru gear set di KM 29.000, itupun gara2 kesalahan pemakaian saat ganti ban yg terlalu kencang setel rantainya shg rantai jd dorceng dibawa Bandung-Jakarta.

    Pulsar series itu yg rada rawan hanya di sisi kelistrikan kang, krn sangat ruwet mengingat fitur2 sensor & digital yg segambreng. Otomatis soket2 dan kabel2 jg jadi banyak & berseliweran, ditambah kabel ukurannya kecil2, krn hanya dirancang utk pemakaian standar.

    Kalo usernya senang modif kelistrikan tp gak ngerti sikon motornya, dijamin pakai Pulsar akan sangat sering bermasalah, apalagi utk tipe yg sdh ga ada starter manual engkolnya, weleh2, nggilani ndorong motor 150 Kg.

    Klo dari sisi mesin, asal standar dgn pemakaian wajar & perawatan teratur, ok2 aja kok. Sasis, di luar kekuatan rangka belakang yg kurang bagus dibebani breket 4 titik krn mmg ga dirancang utk hal tsb, sy bisa bilang sasis Pulsar terbaik di kelasnya, sangat stabil & bagus dlm meredam getaran, namun tetap gesit handlingnya.

    Spareparts, nah ini dia, sebaiknya kalo pakai Pulsar itu kita MENGANTISIPASI permasalahan kang, jd kita beli parts yg fast moving selagi ada utk cadangan, kalo perlu parts yg vital tp kecil2 spt bodycom starter, beli ajah terlebih dulu walaupun belum perlu, krn dari pengalaman suatu saat PASTI perlu, dan takutnya di saat perlu stok malah kosong.

    Logika saya, Bajaj Auto Limited adalah produsen otomotif terkemuka di India, skala usahanya gak kalah besar dgn AHM, bisa jd malah lebih besar group usahanya. Motor2 produknya jg dijual secara global, dan BAL sendiri punya AMBISI GLOBAL, dgn akuisisi KTM + kerja sama yg makin erat dgn Kawasaki. Kayaknya ga mungkin deh pasar otomotif R2 yg demikian manis & potensial spt Indonesia akan diabaikan oleh mereka.

  24. touringrider berkata:

    memang, saya pribadi pun lebih suka solo riding daripada touring dengan Klub, tapi nek sing nawarin temen2 Koboys yo ayokkk aja dah :mrgreen:

    harus berkumpul sabtu malam, bergadang, rolling thunder sampai pagi, ah… iso2 dipecat bojoku.

  25. Ping balik: Kritik dan Saran, Langsung Saja Bro..!! « Triyanto Banyumasan Blogs

  26. willy berkata:

    Om Mau tanya donk, untuk Gear Set Pulsar 220, ada varian lain gak Soalnya Ane cari sparepartnya agak susah nih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s