Berapa Malaikat Yang Kau Temui Hari ini


 

gbr dari sini

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Segala puji bagi Allah SWT yg tlah memberi sebaik-baik nikmat berupa Iman dan Islam.Yg menciptakan manusia dan tdk membutuhkan mereka, Yg menciptakan mereka agar mau tunduk dan mengagungkan-Nya, Yg segala manfaat dan madharat ada di tangan-Nya. Semoga pujian dan keselamatan terlimpah kpd Nabi Muhammad SAW, sang kekasih Ar-Rahman, pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Amma ba’du.

Ya berapa malaikat yang sudah kau temui hari ini? Atau hari kemarin?Di dalam perjalananmu menuju tempat kerja? Atau dalam perjalananmu menuju ke rumah kembali? Berapa? Bahkan itu di rumahmu sendiri. Berapa malaikat yang kau temui? Tidak ada  ?Tidak mungkin! Siapa bilang?

Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya. (Al An’am : 61)

Mari kita ingat-ingat lagi…Mungkin dia yang membuatmu marah-marah karena membuatmu terbangun di tengah malam buta. Membuatmu terjaga dengan tangisan. Dan kau hanya berkata dengan bersungut-sungut, “Anak siapa sih? Rese amat malem-malem nangis. Berisik!” Padahal mungkin ia membangunkanmu untuk sesuatu hal bermanfaat yang bisa kau lakukan di tengah malam itu. Mungkin dia yang membuatmu sewot, ketika kau bertabrakan badan di jalan sehingga membuatmu terjatuh. Dan kau menjadi sedikit sakit dan malu. Dan kau membentaknya dengan ucapan, “Pake mata dong kalo jalan!” Padahal mungkin ia mengajakmu untuk berlatih bersabar dan malahan justru jika ia tidak menabrakmu kau akan sedetik lebih cepat dan mungkin ceritanya akan berbeda. Tertabrak mobil barangkali. Mungkin dia yang membuatmu berpikir buruk, sebab setiap hari ia selalu menengadahkan tangan padamu dengan pakaian compang-camping dan baju dekilnya.Sehingga membuat ini terbersit di pikiranmu, “Males amat sih ini orang. Badan masih seger gitu loh?” Padahal mungkin ia mengajakmu untuk berpikir positif dan lebih bermurah rejeki, setidaknya bermurah senyum. Ya. Cobalah ingat-ingat lagi. Berapa kali dalam sehari kau membentak, menghardik, membenci, berprasangka, mencibir, memaki orang lain?Berapa kali? Sebab mungkin sebanyak itu pulalah kau berlaku tidak sepantasnya pada malaikat. Senyumlah setiap hari pada siapapun yang kau jumpai. Berpikirlah positif pada setiap orang yang kau temui. Perlakukanlah orang lain dengan cara yang sama seperti kau mengharapkan orang lain memperlakukanmu. Tuhan selalu “bekerja” dengan cara yang misterius. Maka, selalu lah peka dalam menyikapi semua ini.

Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah [*]. Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan [**] yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Ar Ra’d : 11) [*]. Bagi tiap-tiap manusia ada beberapa malaikat yang tetap menjaganya secara bergiliran dan ada pula beberapa malaikat yang mencatat amalan-amalannya. Dan yang dikehendaki dalam ayat ini ialah malaikat yang menjaga secara bergiliran itu, disebut malaikat Hafazhah.  [**]. Tuhan tidak akan merobah keadaan mereka, selama mereka tidak merobah sebab-sebab kemunduran mereka.

(dari MHC FB, Artikel singkat dari sahabat bloger Yudhi semoga menjadi amal yg bermanfaat amin. http://yudhim.blogspot.com/2009/01/berapa-malaikat-yang-kau-temui-hari-ini.html)

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Al-Quran, Alloh, Ngaji dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

23 Balasan ke Berapa Malaikat Yang Kau Temui Hari ini

  1. Maskur berkata:

    kalo marah dll sih enggak
    kalo berpikir buruk tentang pengemis yang ditemui setiap hari aku belum yakin dalam hati………

    apakah harus memberi atau tidak
    selalu perang dalam hati
    ………………….

    • Bonsai Biker berkata:

      aku sering gak memberi, biarin kata pelit atau bakhil atau apalah, mending aku ngasih bagi yang betul2 tahu kalau orang yang aku kasih itu sangat membutuhkan.
      bayangkan setelah ngasih, arang yang di kasih ternyata penghasilanya jauh lebih besar ketimbang aku.Rumah besar dikampung, sawah luas, kita, rumah bae ngontrak

  2. #99 bro berkata:

    kenalan mas … boleh gak..

  3. @Maskur : yah kadang emang begitu, aku ngrasain jg, tp kembalikan semua ke Alloh, beres
    @Bro : kenalin namaku Suroso

  4. one08 berkata:

    alhamdulillah….

  5. blognyamitra berkata:

    Hadir pak 🙂 agak telat, jalanan macet, jangan dihukum yak 😀

  6. @Pak Tua @One : si Kembar hadir di sini. Kesuwun
    @Pak Mit : telat lg, langsung ke dapur aja, cuci tuh piring sisa Ikan Dori

  7. Darmawan berkata:

    hayo berapa coba sehari kita ketemu dengan malikat, nice info kang

  8. @Pak Dar : nggeh Pak, cuma Copast buat ngingetin aku yg kadang lalai

  9. ysalma berkata:

    makasih udah diingatkan,, benar juga,,
    ternyata malaikat selalu ada disekitar kita tanpa kita sadari… lebih belajar berpikir positif lagi..

  10. agungsevi berkata:

    wah keren.. sekaligus ngeeri…
    hehe..

    http://agungsevi.wordpress.com/

  11. @thebu : yups
    @Mba Ysa : sama2, tdk bermaksud menggurui
    @Agung : hati2 dibelakangmu

  12. Kucrit berkata:

    hati yang tertutup kadang tak bisa melihat betapa banyak malaikat yang selalu mengiringi..
    Semoga kita termasuk manusia yang mempunyai hati yang terbuka, agar nampak jelas bahwa amal baik ada dimana-mana..

    Salam kenal pak..

  13. @Kucrit : Amin, makasih dah bkunjung

  14. aditninjamaniac berkata:

    betul mas bro..Allah itu selalu menjaga kita dari bahaya yg akan menimpa, melalui malaikat

    tadi sore pun aku ngalamin mas..aku lagi buru2 jadi si ijo harus aku kebut, di depan tiba2 ada orang nyebrang dengan bawa brg2+koper ditaruh di pundak sampai menutupi pandangan ke samping..alhamdulillah orang itu ga ketabrak sama aku..mungkin sebuah peringatan supaya aku pelan2 dan ga membahayakan orang lain..

    sekalian nitip yahttp://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/01/17/si-ijo-modifikasi-ringan-lagi/

  15. @ Adit : hati2 bro, siaga hati da mata selalu

  16. @Pak Bons : itu hak asasi, tp kita ga bisa menjastifikasi bahwa peminta2 itu spt yg digambaran Pak Muhsin, ada yg emang trpaksa meminta krn darurat, meski seharusnya kalo meminta2 ya sperlunya, bukan jd pencaharian… Nah disinilah yg jd dilematis krn banyak pengemis yg jd provesi,

    waktu dimergan pnah seorang ibu tua, tiap warung mau tutup dia menukar koin dan saya emang perlu untuk kembalian, disinyalir ibu ini adalah pengemis, saat di tanya pendapatan seharian, bisa lebih dr 50rebu…
    Entahlah, itu biarlah Alloh yg urus…

    Pemberian paling baik dimulai ke saudara dan seiman. Makasih

  17. Waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh..

    Terimakasih atas pencerahannya…

  18. @Mba R : sama2, smoga ini jd pengingat buatku . Amin

  19. Ping balik: Proses Keimanan Menurut Al-Qur’an (1) | Imtaq Online

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s