Dimas Ekky VS Hafizh Syahrin di Moto2 Sepang 2017


Pebalap asuhan Astra Honda Racing Team (AHRT), Dimas Ekky Pratama, Pebalap Indonesia ini resmi ditunjuk Gresini Racing sebagai pengganti Jorge Navarro, yang harus absen karena ligamen robek pada jari keempat tangan kirinya.

Dimas Ekky Federal oil Gresini Moto2 tim (source: motorsport.com)

Kendati hanya berstatus pebalap pengganti, tampilnya Dimas tetap merupakan momen bersejarah bagi Indonesia. Setelah nama M. Fadli, Doni Tata dan Rafid Topan, kini ada satu lagi pembalap Tanah Air di balap motor Grand Prix.

Bagaimana kans Dimas Ekky di ajang grand Prix kelas Moto2 Sepang Malaysia 2017 ini? Dari judul saya coba bandingkan dengan sesama pebalap Asia Tenggara, yaitu pebalap tuan rumah, Hafizh Syahrin #55 (Saya abaikan Khairul Idam Pawi, karena prestasinya jauh di bawah HS|55). 

Mengapa saya membandingkan  Dimas Ekky Pratama dengan Hafizh Syahrin? Berikut analisa saya.

  1. Syahrin pernah satu ajang balapan dengan Dimas. Yaitu saat ajang CEV Moto2 atau Moto2 Eropa. Tepatnya pada serie pertama di Albacete Spanyol. Saat itu Syahrin ikut sebagai pebalap Wilcard dan meraih podium pertama padahal dari starting grid 6, sementara Dimas Ekky yang memulai dari starting grid 2, finish pada urutan 6. (CEV Moto2 Albacete 2017, Dimas Ekky finis urutan 6, Syahrin podium pertama)
  2. Syahrin yang mampu meraih podium 1 di ajang CEV Moto2 Albacete, ternyata kerepotan di ajang Moto2 grand Prix, meski sempat meraih 2 kali podium 3, dan keduanya saat track basah, bahkan cuaca hujan. Jika cuaca cerah, Syahrin kerap keteteran, bahkan untuk meraih 10 besar sekalipun.
  3. Prestasi terbaik Dimas Ekky di ajang Moto2 CEV adalah podium 3 yaitu saa seri Catalunya (CEV Moto2 Catalunya , Dimas Ekky podium 3))
  4. Hasil latihan bebas sesi pertama atau free pratice 1 di Sepang, pagi ini, Dimas Ekky meraih posisi 29 alias juru kunci, sedang Syahrin ada di urutan 12 dan Khairul Idam Pawi urutan 27, sedang pebalap Jepang, rekan 1 tim Idam Pawi, Takaaki Nakagami berada di urutan 4.
  5. Moto2 grand Prix adalah ajang pebalap berbakat bisa dibilang berbeda atmosfer dengan balapan lokal semacam ARRC dan Moto2 Eropa. Bahkan Rafid Topan yang pernah turun di ajang grandprix, tidak mampu memberikan hasil terbaik saat turun sebagai Wilcard di ARRC Sentul. (Rafid Topan bukan lawan Gerry Salim)

Dari point-point di atas, saya tidak berharap banyak dengan hasil yang mungkin diraih Dimas Ekky di Moto2 Sepang 2017 ini. Sama seperti yang diungkapkan Dimas 

“Saya juga tidak ingin terlalu berekspektasi tinggi, karena ini kejuaraan Grand Prix. Tapi saya punya feeling bagus untuk akhir pekan ini.”

Meski demikian saya tetap berharap agar Dimas Ekky mampu meraih hasil maksimal, sehingga namanya makin dikenal, dan dilirik tim balap internasional. Semoga mampu memberikan kejutan kayaknya Galang Hendra di ajang Supersport 300 yang podium pertama meski hanya sebagai pebalap Wilcard. Aamiin

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Balap Asia, motorcycle dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Dimas Ekky VS Hafizh Syahrin di Moto2 Sepang 2017

  1. Ping balik: Dimas Ekky Start dari Grid 28, Moto2 GP Sepang 2017 | Triyanto Banyumasan Blog's

  2. Ping balik: Dimas Ekky, Remy Gardner dan Generasi Bullier | Triyanto Banyumasan Blog's

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s