Aplikasi Android, Update Yang Mengecewakan (OLX, WordPress dan PicsArt)


OLX. Salah satu situs jual beli terkemuka Tanah Air, yang memang cukup banyak penggunanya. Aplikasi Android pun diluncurkan guna memanjakan para member, ataupun sekedar customer dadakan yang mencari barang bekas berkualitas. 

Aplikasi olx Android kini lebih mudah dipergunakan

Sayang, Beberapa waktu lalu, sebelum akhirnya ada perbaikan pada pembaruan aplikasi terbaru, mungkin 2 x update sebelumnya, aplikasi OLX yang tersedia di Playstore bagi pengguna ponsel berbasis Android, dianggap kurang user friendly oleh sebagian besar pelanggan. 

Pencarian posisi wilayah barang yang dicari, dirubah menggunakan map dan jarak, lingkup, dalam kilometer. Sebelumnya, wilayah barang, bisa dicari berdasar nama wilayah itu sendiri. 

Sebagian pengguna mengakalinya dengan men’downgrade’ aplikasi, kembali ke aplikasi lawas yang dirasa lebih mudah digunakan. Kendalanya, tiap login, akan muncul notifikasi, aplikasi tidak bisa digunakan, harus update. Caranya, ikuti langkah update, masuk Playstore, jangan dilanjutkan ‘pembaruan’. Tapi, klik back pada menu ponsel, klik batal, kembali ke aplikasi.

Aplikasi OLX android terbaru sudah lebih baik, menggabungkan versi lama berdasar nama wilayah dan map, seperti gambar di atas.

WordPress dan PicsArt yang kurang nyaman

WORDPRESS. Kalo pembaruan atau update aplikasi OLX dianggap kurang nyaman digunakan, lain lagi dengan aplikasi wordpress on Android. Sebagai salah satu penyedia layanan narablog bagi penulis pewarta warga, wordpress cukup diminati, termasuk saya. 

Awalanya, update aplikasi WordPress on Android hanya menghilangkan fitur ‘pagebrake’ dan ‘signature’, masih saya maklumi, meski saya juga kurang paham, mengapa kedua fitur itu dihilangkan. Pagebrake adalah fitur pemangkas tulisan, agar tampilan postingan, tidak muncul keseluruhan di beranda blog. Sedang, fitur signagture sekedar penanda yang otomatis akan muncul di bawah tulisan, jika dikaktifkan. Misal, “Posted from WordPress for Android”, dan bisa diganti, misal saya ganti “posted from Mi Prime Cungkuwo”. 

Kedua Fiture yang hilang tersebut, bisa saja diakali seperti pada kasus apliaksi OLX, yaitu dengan men’downgrade’ aplikasi, tapi tidak saya lakukan, signature bisa ditulis manual, sedang pagebrake bisa diabaikan, atau dengan manual melalui browser, seperti chrome, yah jadi 2 kali kerja, tidak efektif. 

Yang lebih mengecewakan lagi, upload image atau foto jadi berat. Serta sepertinya, WordPress android tidak bisa digunakan dalam kondisi data off, atau offline. Kejadian ini saya alami beberapa kali, juga beberapa rekan yang saya tanya, mengalami hal sama. Mengetik wordpress android dalam kondisi offline data, maka akan hilang saat data online. Padahal, biasanya (sebelum update terkini), ketikan akan menjadi draft lokal. Sehingga kita bisa mengetik kapanpun akan otomatis tersimpan menjadi draft yang tersimpan hanya digadget atau ponsel tersebut. Mengatasinya, jika mau berhenti mengetik, copy dan paste hasil ketikan ke memo atau aplikasi office.

PicsArt Photo Studio. Aplikasi editing foto gratis ini sudah cukup lama saya pergunakan. Mulai dari era Samsung Wonder. Selain gratis, aplikasi ini tidak perlu jaringan data untuk dipergunakan. Selesai edit, simpan di galery. 

Sayang update terakhir, mungkin sudah 3 x update atau pembaruan, aplikasi ini semakin menyebalkan. Kerap error dan forceclose, hasil editing tidak bisa langsung disimpan di galery, tapi harus save and share di linimasa PicsArt, layaknya Instagram, barulah, hasil editing tersimpan di galery, yang otomatis masuk folder PicsArt. Lebih mengecewakan lagi, ternyata, hasil simpan tidak langsung muncul di galery, cukup lama, entah ponsel Mi 2 Prime saya yang lemot atau memang aplikasi ini yang mengalami kemunduran, Karen hal tersebut tidak saya alami saat sebelum update terkini.

Untuk mengatasi susahnya simpan dan muncul di galery, maka hasil editing saya capture (screenshoot), tanpa menyimpan hasil editing. Memang, image screenshoot menghasilkan low pixel, tapi karena editing image, biasanya saya gunakan untuk blog, tidak mengapa menggunakan low pixel. 

Oh iya, ketiga aplikasi di atas, saya belum melakukan update dengan versi terbaru. Apakah ada aplikasi Android lain yang mengalami penurunan performa? 
——————-

Posted from Mi Prime Cungkuwo

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di gadget dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Aplikasi Android, Update Yang Mengecewakan (OLX, WordPress dan PicsArt)

  1. Mas Muslim berkata:

    Kog sepemikiran kang,paling sebel WordPress dan PicsArt,tiba tiba user interface berubah,makanya aku download yang versi dulu lebih enak,contoh WordPress versi 6 keatas tidak bisa ngetik offline dan tidak ada readmore,makanya pake yang versi 5 saja..hehe

  2. samzurry berkata:

    Sing nang hp aplikasine apdet trus
    Tp sing nang tab, sing sering dipake, aplikasine lawas kabeh
    Fb, bbm, wp,watsap,opmin,intgram

    Aplikasi anyar malah seringe lewih ribet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s