Pasang Bohlam LED di Vario125 dan Perbaikan Jaringan Kelistrikan


Honda Vario 125 lansiran 2013, si Pasir Putih, seperti yang saya ceritakan sebelumnya, sepeda motor Second tentu perlu pengecekan dan perawatan. Meski, Vario saya bekas orang dekat. Tapi jarang dipergunakan jarak jauh, apalagi keluar malam. 

Bohlam led buat vario 125 wtf berumur pendek

Pertama, cek lampu utama, ternya dua bohlamnya sudah mati, gosong. Saya penasaran dengan Bohlam model LED, kebetulan kawan saya sudah ada yang mengaplikasi, katanya sinarnya cukup terang. Tapi dia memakai yang satu titik jarak dekat dan 1 titik untuk jarak jauh, sedang saya dapatnya, bohlam LED dengan mata LED 6 titik (masing-masing 3 titik untuk jarak dekat dan jauh), dengan harga 50ribu per buah, sedang kawan saya beli dengan harga 80 ribu per buah.

Penggantian sakelar lampu jauh-dekat

Saat saya pasang dan test, ternyata nyalanya kebalik, sakelar jauh untuk nyala dekat dan saklear dekat untuk nyala jauh. Oh iya, sakelar lampu jauh dekat juga saya ganti, karena sudah rusak, kemungkinan meleleh. Harga sakelar lampu Honda Vario 125, original Astra saya dapat seharga 30 ribu. Nyala jauh, pada bohlam LED ini ternyata tidak mematikan nyala dekat. Jadi saat led lampu jauh ON, LED untuk lampu dekat juga menyala. Bohlam LED, 1 buah berumur pendek, akhirnya saya beralih ke bohlam original Honda Vario, seharga 30ribu per buah.

Saya juga mengganti lampu senja (DRL depan) dengan LED colok warna biru, harganya 10 ribu sepasang (isi 2). 

Lampu belakang buat rumah tikus

Lampu belakang juga saya cek, ternyata bekas rumah tikus, kabel pada putus. Bohlam DRL belang juga saya ganti LED colok, juga lampu rem. Dengan harapan lebih awet, maklum, generasi Vario, mulai dari Vario 125 fi, lampu belakang mudah mati, bahkan Vario 150 terbaru juga kerap saya temui dengan lampu belakang yang mati, baik DRL maupun stoplampnya. 

Oh iya, jangan sesekali mengganti bohlam lampu utama dengan bohlam berdaya tinggi, dengan maksud mendapatkan sinar yang lebih terang, bohlam yang saya maksud adalah, bohlam pijar jenis halogen, dengan kaca bohlam warna biru. Memang hasil sinar jauh lebih terang, tapi panas yang dihasilkan juga di atas rata-rata. Sehingga mengakibatkan fitting lampu meleleh dan rusak.

Masih ada beberapa perbaikan lain pada Pasir Putih Vario 125fi 2013. Lain kali dikisahkan.
—————-

Posted from Mi Prime Cungkuwo

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Pasang Bohlam LED di Vario125 dan Perbaikan Jaringan Kelistrikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s