Mengatasi Mesin Pulsar Mbrebet, Servis Karburator (DIY)


Mesin Pulsar tersendat atau mbrebet saat jalan, padahal saat netral, digas sampai rpm tinggi tidak ada gejala mbrebet. Inilah yang saya alami beberapa waktu lalu.

Siapkan kopi bagi mirdut biar ga ganggu 😀

Awalanya, mesin Pulsar saya mbrebet saat jalan pada 6500 rpm, dibawah rpm tersebut normal. Saya curiga ada yang tidak beres dengan pengkabutan bahan bakar, kemungkinan Karburator kotor. Saya malas bongkar karburator, jadi hanya saya semprot carb Cleaner dari lubang intake udara sambil mesin hidup dan gas. Pada kondisi netral, digas rpm tinggi, mesin normal. Saya pikir kotoran sudah rontok. Ternyata saat jalan, baru 4500 rpm, mesin sudah mblebek ga karuan.
Cara bongkar karburator Pulsar secara mudah

Akhirnya saya bongkar karburator si Jalitheng Pulsarstrada 220 saya. Bagi yang awam, akan kesulitan bongkar karbu Pulsar. Sebenarnya cukup mudah. Pertama tutup kran bensin, lepas selang bensin dan kabel yang berhubungan dengan karburator. Selanjutnya kendorkan clamp intake dan ouletnya. Buka baut box filter udara. Mundurkan atau geser box filter udara sambil melepas karbu dari karet intake udara (menyatu dengan box filter). Pada kondisi ini ruang karbu cukup longgar untuk melepas leher outlet. Copot deh. Jika ingin membersihkan box filter, ya sekalian saja dibongkar. Kalo saya cukup mencuci busa filter udara memakai bensin.

Cara bongkar dan cleaning karbu pulsar

Proses selanjutnya bongkar karburator, mulai dari baut bak bensin, pilot jet, main jet, baut setelan udara, baut pembuangan bensin, karet vacum. Lalu bersihkan menggunakan carb Cleaner atau pakai bensin.
Jika sudah yakin bersih semua, kembalikan ke posisi semula. Pasang dan siap test ride. Jika jarak pendek, efexnya kurang terasa, masih ada sedikit brebet. Tapi setelah jalan cukup jauh, kinerja karburator mulai normal dan mesin kembali berdering maksimal. Jalitheng Pulsarstrada kembali prima dan mampu menembus 9000rpm saat Sparing dengan CBR250 Jomblo.(Tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Mengatasi Mesin Pulsar Mbrebet, Servis Karburator (DIY)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s