Lampu warna Warm White, Lighting Sederhana dalam Dekorasi


image

Sejenak beralih ke dunia lain 😀 , dunia lighting, hal yang saya sukai bahkan kadang saya kagumi. Lighting atau pencahayaan dalam suatu acara atau event semakin mainstream, wajib ada meski sederhana. Contohnya dalam dekorasi pelaminan atau weding party. Hanya saja, kerap masih saya jumpai pelaminan sekedar terang, padahal dekorasi sudah bagus tapi karena pencahayaan yang seadanya malah berakibat warna pelaminan menjadi mati atau pucat, tidak sumringah seperti suasana orang-orangnya.
image

Memang perlu modal cukup besar guna menunjang lighting yang mumpuni, tapi jangan salah, kunci utama agar dekorasi nampak hidup, alami dan tidak pucat adalah wana lampu, pencahayaan yang warm white atau putih kekuningan seperti warna lampu pijar pada umunya. Masih gampang kan untuk mendapatkan lampu pijar. Jika lampu pijar sudah sulit di dapat karena sekarang eranya LED bulb (serupa pijar), maka belilah LED dengan warna warm white jika peruntukannya menunjang lighting dekorasi.

Tapi agar sorot lampu mudah diarahkan pada obyek yang diinginkan, buatlah reflektor bagi si bulb LED tersebut, bisa menggunakan aluminium foil yang dibentuk sedemikian rupa, atau kertas krep (mengkilap). Yang pasti dekorasi perlu kreatifitas dan imajinasi, agar tidak terkesan seadanya.
image

Contoh gambar di atas. Pelaminan dari sterofoam. Jika disorot dengan warna lampu gedung yang ada, atau hanya mengandalkan pencahayaan gedung/hall maka akan nampak bahwa ukiran tersebut adalah sterofoam. Tapi jika di sorot dengan warna warm white, berupa lampu spot par 38 (ada yang pijar dan ada yang berisi PLCE Tornado), nampak sterofoam tersamar dan seperti ukiran kayu.

Sekian dulu mengawali pembahasan tentang lighting sederhana versi saya, lain kali dilanjutkan.(tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di lighting dan tag , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Lampu warna Warm White, Lighting Sederhana dalam Dekorasi

  1. danisubject berkata:

    kalo orang yang disorot lampu ini malah medeni . kalo itu disubtitusi cool white gimana ya jadinya ?

    https://subjectdani.wordpress.com/2015/04/10/ganti-oli-motor-pake-enduro-racing-4t-diy-dan-review-oli-ahm-setelah-2ribu-km-an/

  2. ardiantoyugo berkata:

    kui stirofom e pie le gawe yo…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s